Home Breaking News Zymal Umer Jutawan Muda Menginspirasi Dunia

Zymal Umer Jutawan Muda Menginspirasi Dunia

203
Zymal Umer sang jutawan muda.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Zymal Umer usia 10 tahun, seorang pengusaha belia yang telah menginspirasi masyarakat dunia. Mau tahu apa usahanya? Dia setiap hari begelut dengan sampah, kotoran dan limbah rumah tangga dan plastik bekas di negaranya Punjab, Pakistan.

“Jika orang hanya berpikir sejenak sebelum membuang sampah mereka- maka mungkin mereka tidak akan melakukannya karena membahayakan lingkungan kita.” ujar Zymal Umer, mendesah saat ia melihat pembuangan sampah berserakan di pinggiran kota Sargodha di Punjab, Pakistan.

Tapi mungkinkah gadis yang dijuluki sebagai “wirausahawan sosial termuda” oleh banyak orang punya solusinya?

Untuk saat ini, ada tumpukan kantong plastik berwarna-warni, logam dan sampah umum sejauh mata memandang. Bahkan serbuk asap memenuhi udara dengan bau busuk dan beracun karena banyak sampah yang terbakar.

Apa yang ada di depan Zymal, tulis bbc, hanyalah puncak gunung es yang merupakan masalah Pakistan dengan limbah. Menurut departemen perlindungan lingkungan negara itu, 20m ton limbah padat dihasilkan setahun dan jumlahnya tumbuh 2,4% per tahun.

“Ini adalah situasi yang dapat Anda temukan di seluruh Pakistan – tas ini tidak dapat terurai secara hayati dan orang-orang dengan ceroboh membuangnya. Mereka tidak benar-benar memikirkan daur ulang,” kata Zymal.

Pengelolaan limbah padat yang tepat belum pernah dilakukan di negara ini; hanya setengah dari sampah yang dihasilkan dikumpulkan oleh pemerintah dan kurangnya lokasi TPA yang memadai.

Dumping dan pembakaran tetap merupakan metode pembuangan yang paling umum dan sebagian besar limbah yang tidak tertagih menimbulkan risiko serius terhadap kesehatan masyarakat.

Tas cantik :
Zeebag adalah merek dagang dikembangkan Zymal dari sampah- sampah buangan warga setiap hari, dia jadikan dollar AS. Dia juga mencoba mengurangi polusi dan meningkatkan kesadaran masyarakat di negaranya tentang arti sebuah lingkungan yang bersih.

Aawalnya, anak sekolah itu mengubah koran tua menjadi tas hadiah yang indah dan kemudian dijual kepada keluarga dan teman-teman dan sebagian besar keuntungan didistribusikan ke berbagai badan amal setempat untuk menolong sesamanya.

Dalam waktu tiga tahun saja dia telah menjual tas karyanya seharga $ 4 dampai 5.000. Kalau $5000 dirupiahkan itu setara Rp65 juta bila kurs Rp13.000 per dolar AS.

Lantas dari mana Zymal belajar bikin tas? “Saya belajar membuat tas dengan menonton YouTube. Sulit untuk menyeimbangkan tugas sekolah saya dengan menjalankan Zeebag, jadi saya membuatnya di akhir pekan atau selama liburan bersama sepupu saya,” ujarnya membuka rahasianya.

Lalu? “Ayah dan kakek saya membayar bahan baku yang saya kumpulkan, dan jika mereka tidak membantu saya, akan sangat sulit untuk mempertahankan proyek saya,” katanya.

Uang amal Zymal masuk ke rumah keluarga SOS, yang membantu anak yatim dan anak-anak terlantar di seluruh Pakistan?

“Yaa melalui penghasilan saya, saya bisa membayar pendingin air, mesin cuci, baterai dan jenis barang yang mereka butuhkan untuk kehidupan sehari-hari,” Zymal menjelaskan.

Perasaan Anda dek? “Untuk melihat kebahagiaan di wajah mereka memberi saya banyak kepuasan dan motivasi untuk melanjutkan. Perusahaannya yang inovatif dan amal telah menarik sedikit perhatiannya, produk dan karya- karya saya masuk liputan TV dan surat kabar yang melabeli Zymal sebagai pengusaha sosial termuda Pakistan”.

Pemenang penghargaan :
Zeebags juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di Pakistan, Arab Saudi dan bahkan sampai dari Amerika Serikat.

“Saya sangat bersemangat untuk mendapatkan pengakuan internasional atas pekerjaan saya dan bangga mendapatkan paparan positif untuk negara dan orang tua saya.” jelasnya bahagia.

Menjual secara online telah membuka peluang bisnisnya berkembang ke seluruh dunia. Karena dengan online ini orang akan mudah terjangkau.

“Di Pakistan, diperkirakan anak perempuan tidak dapat bekerja secara mandiri tapi saya tidak menghadapi kesulitan dan tujuan saya adalah melanjutkan pekerjaan saya. Saya ingin menjadi wanita bisnis di masa depan dan memperluas Zeebag melalui situs web saya. Juga ingin membantu pengusaha yang lain, ya aa menampilkan produknya di situs web saya supaya mereka ikut berkembang,” imbuhnya.

Perempuan jutawan muda ini telah menginspirasi banyak orang di negaranya. Dia menjadi buah bibir karena kemauan dan ketekunanya meski sejatinya anak seusianya masih suka bermain bersama teman. Namun kata dia selalu berujar time is money.

Nah.. bagimana dengan anak- anak Indonesia? (dewi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar