Home Breaking News “Yuk” ke Agro Inovasi Fair 2017 di Botani Square Mall Bogor

“Yuk” ke Agro Inovasi Fair 2017 di Botani Square Mall Bogor

177
Kepala Balitbangtan M Syakir. Foto Ningsih.

BOGOR, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Pertanian RI (Kementan) kembali menyelenggarakan Agro Inovasi Fair 2017. Ajang tahunan tersebut dilaksakan dalam mempromosikan inovasi pertanian terbaik dalam negeri sekaligus membuka peluang kerjasama dan jejaring sosial serta mendiseminasikan inovasi pertanian agar lebih dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

“Kegiatan ini sudah berjalan sejak tahun 2015, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Agro Inovasi Fair ini selalu dilaksanakan di pusat perbelanjaan atau ruang publik bukan di perkantoran. Karena diharapkan teknologi pertanian ini layak untuk dikenalkan kepada masyarakat luas dan generasi muda agar dapat melihat secara langsung dan memperkenalkan IPTEK di bidang pertanian masa kini,” ungkap M Syakir, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Balitbangtan), saat membuka acara Agro Inovasi Fair 2017 di Botani Square Mall, Bogor, Sabtu (25/11/2017).

Pada acara Agro Inovasi Fair tahun 2017 mengusung tema “Bangkitkan Grnerasi Muda Tingkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing” diharapkan dapat menarik minat para pemangku kepentingan dan masyarakat khususnya generasi muda agar terus berperan aktif membangun daya saing produk pertanian nasional termasuk lahirnya wirausahawan muda di bidang pertanian.

Dalam AIF 2017 ini menyuguhkan inovasi di bidang pertanian dari hulu hingga hilir, dari Balitbangtan serta menginformasikan kinerja Kementan selama ini,” jelasnya.

Acara tersebut diikuti oleh para pelaku usaha, komunitas, wirausahawan muda dan dinas terkait untuk lebih memperkenalkan teknologi bibit/benih, pupuk, pestisida, alat mesin pertanian, urban farming sampai dengan produk olahannya.

“Para pelaku usaha sebagai mitra kerjasama Balitbangtan juga dapat ikut berperanserta dalam perkembangan dan penyebaran teknologi inovasi,” kata M Syakir menambahkan.

Dalam Agro Inovasi Fair 2017 juga akan mengangkat topik tentang Mangga Agrina Gardina dan Mangga Gadung 21, Cabai Rawit varietas Prima Agrihorti dan Rabani Agrihorti serta pupuk hayati, biosinta dan biopestisida.

Nantinya juga ada lomba yang berhadiah jutaan rupiah yaitu VLOG contest, lomba merangkai terrarium dan lomba inovasi pangan lokal yang menyasar para generasi muda mulai usia 15 sampai 30 tahun.

“Acara Agro Inovasi Fair ini diharapkan dapat menjadikan inspirasi terobosan inovasi pertanian yang efektif sekaligus menginspirasi para generasi muda untuk membangun peluang usaha dibidanh pertanian,” tutup Syakir. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar