Home Breaking News Yok Beli Beras di PIBC Saja, Murah Rp6240/Liter

Yok Beli Beras di PIBC Saja, Murah Rp6240/Liter

71
Para pekerja sedang mencampur beras, untuk dijual ke konsumen. (Foto:Badia/citraindonesia.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- “Yok.. kita beli Beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Cipinang saja. Jauh lebih murah, cuma Rp6240/Liter setara sekitar Rp7800/kg“. Ajakan ini supaya rakyat dapat beras yang lebih murah.

“Hari ini masih ada beras jenis Medium Rp7800/kg atau Rp6240/liter,” ujar Kabag Humas Kementerian Pertanian, Marihot H Panggabean kepada citraindonesia.com, Senin (4/12/2017) di Jakarta.

Nah yang menjadi pertanyaan mengapa harga beras medium ini mahal di tingkat konsumen? Bahkan data Direktorat Bahan Pokok Kementerian Perdagangan RI, kemarin, harga beras medium di ibu kota Jakarta Rp10.780/Kg. Jauh berbeda dengan data harga di PIBC sebesar Rp7800/Kg.

Ditambahkan Marihot, saat ini stok beras di PIBC juga aman yakni  mencapai 37.000 ton. “Artinya masih di atas stok minimum sebesar yaitu 30.000 ton,” jelasnya.

Walau ada fenomena alam (banjir dan kekeringan di beberapa daerah), Kementerian Pertanian masih belum mengkawatirkan produksinya terganggu.

Food Station beserta Kementerian Pertanian RI, Kementerian Perdagangan, TPID Pemprov DKI Jakarta, pedagang Pasar Induk Beras Cipinang dan seluruh stake holder perberasan akan terus berusaha menjaga stabilitas baik stok maupun harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang sebagai barometer perberasan nasional.

“Jauh -jauh hari Menteri Pertanian telah membuat strategi penanganannya. Antara lain dengan menyiapkan asuransi pertanian (pertama kali dalam sejarah), asuransi ini,” imbuhnya.

Kondisi perberasan itu juga dibenarkan menejemen PIBC sbb ;

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar