Home Breaking News Waw, 2 Juta Döner Kebab Bisa Ludes Dilahap Perhari

Waw, 2 Juta Döner Kebab Bisa Ludes Dilahap Perhari

316

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Döner kebab adalah masakan Turki yang terbuat dari daging. Daging tersebut dapat berupa daging domba, kambing, sapi, atau ayam. Nama lain termasuk kebap, donair, döner, doner atau donner.

Faktanya, sebagaimana diungkapkan Gürsel Ülber selaku juru bicara Asosiasi Produsen Döner Turki di Eropa (ATDiD), dua juta porsi döner kebab ludes dilahap penduduk berpopulasi 82 juta orang itu setiap harinya.

Kenyataan bahwa döner kebab (daging diiris tipis yang dibakar secara vertikal, dibungkus dengan roti pita, dan ditaburi salad) lebih populer dari Currywurst dan Bratwurst di ranah kuliner cepat saji Jerman merupakan penanda betapa besar pengaruh ekonomi dan budaya kaum imigran Turki di masyarakat Jerman.

Kadir Nurman dan Mehmet Aygun adalah dua figur yang bertanggung jawab atas kehadiran döner kebab di Berlin hampir 50 tahun lalu. Keduanya adalah bagian dari Gastarbeiter, kaum pekerja dari Eropa selatan dan Eropa timur yang sengaja didatangkan usai Perang Dunia II untuk membangkitkan perekonomian Jerman Barat.

Akan tetapi, ada banyak spekulasi tentang penemuan döner kebab. Aygun mengklaim dia lebih dulu membuat döner kebab setahun sebelum Nurman menjual jajanan tersebut di tokonya, Hasir, pada 1971. Baik Aygun maupun Nurman sama-sama mengklaim sebagai orang yang pertama kali mencetuskan ide menaruh daging bakaran ke dalam roti pita.

Bagaimanapun, lepas dari pengakuan Aygun, ATDiD secara resmi mengakui Nurman sebagai penjual döner kebab pertama.

Menurut Ülber, Nurman menjual döner kebab perdana di Jerman dari kios kecilnya di seberang Kebun Binatang Bahnhof di Berlin Barat pada 1972. Jajanan itu kemudian populer di kalangan pekerja yang sibuk. (pemi)

Komentar

Komentar