Home Breaking News Waspada Gelombang Tinggi di Laut Jawa dan Selatan Jawa

Waspada Gelombang Tinggi di Laut Jawa dan Selatan Jawa

121
Ilustrasi: Hempasan gelombang tinggi di pantai yang membahayakan wisatawan. (Foto: Lensa Indonesia)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan terjadinya gelombang di Laut Jawa dan Perairan Selatan Jawa, yang diperkirakan terjadi pada 1-2 Desember 2017.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Nelly Florida Riama melalui siaran tertulis di Jakarta, Jumat (1/11/2017) menyampaikan, adanya Siklon Tropis Dahlia di Samudera Hindia selatan Jawa Barat, memberikan dampak peningkatan kecepatan angin hingga 46 km/jam di Perairan utara Jawa, Laut Jawa dan Perairan Selatan Jawa Barat hingga Yogyakarta kondisi juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang di wilayah – wilayah tersebut.

Potensi gelombang tinggi diprakirakan akan terjadi hingga 2 hari ke depan, di beberapa wilayah berikut :

Tinggi gelombang 2.5 – 4.0 meter: Perairan selatan Banten dan Jawa Barat, Laut Jawa, Perairan utara Jawa Barat, Perairan utara Jawa Tengah, Perairan Kep. Bawean – Gresik.

Tinggi Gelombang 4.0 – 6.0 meter: Perairan selatan Jawa Tengah, Perairan selatan Yogyakarta, Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Dengan kondisi gelombang yang masih cukup tinggi di beberapa wilayah perairan tersebut, masyarakat nelayan dan kapal – kapal yang melintas dihimbau tetap waspada dan siaga terutama masyarakat pesisir diharapkan sementara waktu menghindari aktifitas di sekitar pesisir pantai.

Masyarakat dihimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG. (pemi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar