Home Breaking News Waspada! Gangguan Tidur Pengaruhi Kesuburan Wanita

Waspada! Gangguan Tidur Pengaruhi Kesuburan Wanita

741
Gangguan tidur pengaruhi kesuburan wanita

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Selain kelainan pada fisik, infertilitas pada wanita juga dapat terjadi karena kebiasaan merokok, obesitas, dan stres. Bahkan gangguan tidur juga dapat memicu infertilitas pada wanita.

Dtudi tersebut dilakukan oleh peneliti dari Tri-Service General Hospital dan National Defense Medical Center di Taipei, Taiwan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dengan gangguan tidur mungkin tiga kali lebih mungkin mengalami infertilitas.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan antara sleep apnea (keadaan henti napas sementara saat tidur) dengan infertilitas pada wanita. Namun, penelitian kali ini berusaha melihat pengaruh gangguan tidur lainnya terhadap kesuburan wanita.

Menurut penulis utama studi, Dr. I-Duo Wang, penelitian ini menawarkan sebuah bukti baru bahwa kebiasaan sehat yang dapat membantu tidur lebih cepat bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

‘Wanita usia subur harus tidur lebih awal, hindari kerja malam atau penggunaan ponsel sebelum tidur. Selain itu, diet sehat, olahraga teratur, dan gaya hidup yang baik penting untuk mencegah ketidaksuburan,’ kata Wang, dilansir dari klikdokter, di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Dalam penelitian itu, periset memeriksa data 16.718 wanita yang didiagnosis mengalami gangguan tidur antara tahun 2000-2010. Selain itu, periset juga mempunyai data pembanding dari 33.436 wanita yang tidak memiliki masalah tidur.

Hasil penelitian itu mengungkapkan, 29 wanita usia sekitar 35 tahun, yang mempunyai masalah gangguan tidur, mengalami ketidaksuburan.

Bahkan, saat peneliti memperhitungkan usia dan masalah kesehatan lainnya, peserta dengan gangguan tidur tiga kali lebih mungkin mengalami infertilitas. (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar