Home Breaking News Waspada! 7 Tanda Kanker Serviks yang Wajib Diketahui

Waspada! 7 Tanda Kanker Serviks yang Wajib Diketahui

125
Tampak Ruben Onsu, menyuapi artis Julia Perez, yang terbaring lemah karena menderita penyakit Kanker ganas. Jupe dirawat di RSCM, Jakarta Pusat sejak beberapa bulan lalu. Entah sudah berapa banyak uangnya habis mengusir penyakit itu.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Buat jaga-jaga, kamu butuh tahu tentang tanda-tanda penyakit kelamin ini. Kanker serviks cenderung cepat sekali perkembangannya dan biasanya penderita mengetahuinya dalam keadaan yang sudah terlambat. Makanya kamu perlu peka terhadap kesehatan organ intimmu sendiri.

Berikut adalah 7 tanda kanker serviks yang harus kamu tahu. Jangan sampai kamu mengabaikannya dan sampai membuat kamu sendiri yang rugi (dilansir dari idntimes):

1. Nyeri pada pelvis bukan pada masa menstruasi.Hasil gambar untuk Nyeri pada pelvis bukan pada masa menstruasi

Pelvis adalah panggul yang biasanya merujuk pada bagian bawah perut. Biasanya, pelvis akan mengalami nyeri pada saat menstruasi. Nah, yang perlu kamu waspadai adalah saat pelvis sakit bukan pada masa menstruasi bahkan sakitnya sangat tidak nyaman untukmu dalam waktu tertentu. Sakit itu terjadi dalam kurun waktu yang sering dan terus-menerus. Segera periksakan ke dokter.

2. Mudah lelah dan kehilangan berat badan.

Hasil gambar untuk Mudah lelah dan kehilangan berat badan

Walau memang hal ini bisa disebabkan oleh alasan lain, tapi jika kamu mengalami ini bersamaan dengan tanda lainnya maka kamu perlu langsung memeriksakannya. Kanker apapun cenderung menyerang sistem imun dan kekebalan tubuh lebih dahulu.

3. Sakit punggung yang berlebihan.

Hasil gambar untuk sakit punggung yang berlebihan

Ini adalah tanda yang sering sekali diabaikan oleh banyak wanita. Padahal, ini terjadi pada penderita awal kanker serviks. Apalagi saat kamu sedang tidak dalam masa menstruasi, sakit punggung yang tidak bisa kamu jelaskan bisa jadi salah satu indikasi adanya penyakit ini.

4. Sakit saat berhubungan sex.

Hasil gambar untuk Sakit saat berhubungan sex

Kamu tidak akan pernah bisa nyaman saat berhubungan sex. Sakitnya selalu datang hampir di setiap kamu berhubungan sehingga membuatmu sendiri tidak nyaman. Segera periksakan, ada yang tidak beres dengan dirimu.

5. Anemia atau berkurangnya sel darah merah.

Hasil gambar untuk Anemia atau berkurangnya sel darah merah

Lebih tepatnya dalam jumlah yang signifikan. Hal ini juga disertai dengan perasaan lelah dan kehilangan nafsu makan. Jika kamu pergi memeriksakannya ke dokter maka langsung minta saja pada dokter untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks karena anemia seringkali merupakan peringatakan bahwa kanker telah berkembang dalam tahap yang lebih maju.

6. Nyeri di kaki.

Gambar terkait

Saat serviks mulai berkembang, ia bisa menghalangi aliran darah ke kaki yang menyebabkan kaki membengkak dan terasa nyeri. Rasa nyeri itu bahkan bisa datang saat disentuh secara lembut. Ini adalah gejala yang terjadi pada tahap awal penderita kanker serviks.

7. Pendarahan yang tidak teratur.

Ini mungkin adalah tanda yang paling umum, namun bukan berarti bisa kamu abaikan sebagitu saja. pendarahan yang tidak teratur ini juga disertai dengan pendarahan saat berhubungan sex dan siklus yang tidak tentu selama berbulan-bulan, serta merasa sakit saat buang air kecil.

Setelah mengetahui semua tanda-tandanya, jangan diam saja kalau kamu mengalami beberapa tanda di atas. Untuk jaga-jaga, segera periksakan saja kesehatanmu ke dokter. Mencegah, memang dimana-mana lebih baik daripada mengobati.

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar