Home Breaking News Warga Jakarta Harus Waspada Banjir Mengintai

Warga Jakarta Harus Waspada Banjir Mengintai

196
Suasana banjir parah ibu kota melumpuhkan arus lalu lintas dan perekonomian.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- “Kita harus lebih waspada. Jakarta sudah mulai hujan. Kan kemaraunya panjang nih, takutnya sekali hujan deras kelelap    (hingga tenggelam) banjir mengintai kita,” ujar Abdullah, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Kamis (7/9/2017).

Mengantisipasi banjir di sekitar rumahnya, Abdullah lantas membersihkan selokan agar saat hujan tidak mampet. “Iseng sih ini. Ya takut aja hujan deras tiba- tiba datang. Sore kemaren sudah mulai hujan walau gak kencang, itu peringatan supaya kita siap siap,” katanya.

Senada dikatakan Kiki warga Kalisari Jakarta Timur RT 013/09. “Takut sih. Di sini langganan banjir. Sedikit hujan sudah ada genangan, abis kalinya juga kecil. Tapi gak tahu tuh, Gubernur dan Pak Camat gak dalamin kalinya. Padahal dari dulu sudah dilapor warga tuh,” jelasnya.

Seperti diketahui, ibu kota Jakarta ini memang langgan banjir, seperti Kampung Melayu Kecil, Kampung Makassar Jakarta Timur, juga wilayah Jakarta Selatan, Barat, Utara hingga istana negara sempat dihantam banjir.

Umumnya, akibat selokan suka mampet. Kemudian lahannya semakin rendah karena beratnya beban dipukul tanah yakni ribuan gedung- gedung pencakar langit.

Sekedar tahu, Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebagian besar banjir yang merendam wilayah di Jawa Barat (Jabar) telah mengakibatkan jumlah kerugian yang sangat besar.

“Banjir telah surut namun masih menyisakan lumpur dan kerugian ekonomi mencapai miliaran rupiah,” ujar Sutopo di Jakarta, Minggu (24/2/2016). (adams)

 

Komentar

Komentar