Home Breaking News Wapres Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Wapres Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal

136
Wapres Jusuf Kalla didampingi Gubernur Ahok sudai melantik Dewan Masjid Indonesia, Kamis (18/2/2016). Foto Yulia citraindonesia.com

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Shalat Iduladha 1438H tingkat kenegaraan di Masjid Istiqlal besok, Jumat (1/09/2017) akan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Kalla. Keterangan tersebut disampaikan oleh Wakil ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal Bahrul Hayat saat rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Shalat Iduladha 1438H Tingkat Kenegaraan di Jakarta, Kamis (31/08/2017).

“Bapak Wakil Presiden besok akan shalat Iduladha di Masjid Istiqlal,” ujar Bahrul Hayat seperti dilansir dari laman Kemendag.go.id.

Selain wapres, sejumlah jajaran Menteri Kabinet Kerja, 30 dari kedubes negara asing, gebernur DKI Jakarta akan shalat Iduladha di Masjid Istiqlal.

Menurutnya, sejauh ini persiapan terkait pelaksanaan shalat sudah dilakukan dengan  melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

“Dari sisi persiapan, secara umum persiapannya sama dengan pelaksanaan Idulfitri kemarin, hanya saja untuk shalat Idul Adha, masyarakat yang akan hadir lebih banyak dari Idulfitri karena warga ibu kota dan sekitarnya tidak banyak yang mudik,” katanya.

Dikatakannya, untuk pelaksanaan Idul Adha tahun ini, ada beberpa hal yang harus diantisipasi dari sisi ketertiban dan keamanan. Menurutnya, dalam dua tahun terakhir, jemaah relatif sulit masuk Istiqlal karena jumlah jemaah yang banyak, terlebih saat ini di beberapa ruas jalan di sekitar Istiqlal sedang ada pembangunan trotoar.

“Diperlukan pengaturan lalulintas yang efektif dari pihak terkait, dengan menyusun skenario bagaimana akses ke Istiqlal lancar,” katanya

Untuk kurban, dijelaskan Bahrul, masjid Istiqlal hanya melakukan penyembelihan hewan kurban saja, dan mendistribusikan hewan kurban tersebut ke sejumlah titik yang sudah dipilih.

“Kita tidak membagikan daging kurban di Masjid,¬† semata untuk menjaga ketertiban di lingkungan masjid Istiqlal,” paparnya.

Menurut jadwal, shalat akan dimulai tepat pukul 07.00 wib, tampil sebagai khatib Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin yang akan menyampaikan tema Iduladha dan Semangat Rekonsiliasi Nasional, dan imam shalat H. Hasanuddin Sinaga.

Usai shalat, Wapres akan menyerahkan hewan kurban sapi juga hewan kurban Presiden yang akan diterima oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama, dilanjutkan dengan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Komentar

Komentar