Home Breaking News Wapres Angkat Bicara Pro-kontra Polisi Pejabat Gubernur

Wapres Angkat Bicara Pro-kontra Polisi Pejabat Gubernur

2753
Wapres Jusuf Kalla.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Wapres Jusuf Kalla angkat bicara pro-kontra penunjukan seorang jenderal polisi menjadi pejabat gubernur di suatu provinsi, seperti diungkapkan Mendagri Tajahjo Kumolo, kemarin.

JK bertolak dari kenyataan tiga tahun lalu di Provinsi Sulawesi Barat, saat pemerintah menunjuk Inspektur Jenderal Polisi Carlo Tewu sebagai pejabat gubernur. Juga seorang mayor jenderal TNI untuk Aceh. Bedanya, sang mayor jenderal TNI ini sudah purnawirawan saat ditunjuk di Provinsi Aceh.

Kalla menyatakan, penunjukan itu terkait dengan kebijakan, dan, ‘Ya itulah soal psikologis lokal, tapi secara umum boleh, tergantung kebijakan saja’.

‘Ya tentu tidak harus tapi juga boleh, karena tiga tahun lalu itu di Sulawesi Barat saya ingat benar, itu Polri pejabatnya dan itu tidak ada yang protes, dan jalan, jadi artinya tidak harus tapi boleh’, kata Kalla, kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Kalla yang pernah memimpin DPP Partai Golkar itu menyatakan, sesuai aturan maka untuk menjabat sebagai penjabat gubernur maka pejabat negara itu harus setara dengan eselon I.

‘Memang ada persamaan di TNI dan Polri, pangkat berapa ada memang rumusnya itu, jadi berarti, bintang dua sama dengan eselon satu’, katanya.

Sebelum ini, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menginginkan ada pejabat gubernur dari polisi di Jawa Barat dan Sumatera Utara. (ant/ling)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar