Home Pariwisata Kuliner Wajib Dicoba! 5 Nasi Gudeg Paling Enak di Jakarta

Wajib Dicoba! 5 Nasi Gudeg Paling Enak di Jakarta

210
Gudeg,makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini.

Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Berikut 5 nasi Gudeg paling enak di Jakarta, dilansir dari Qraved:

1. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro adalah satu satu gudeg yang paling legendaris di Indonesia! Yup, kenikmatan gudeg asli Jogjakarta ini emang udah dikenal dimana-mana! Gudeg disini pas banget rasa manisnya!

Kadang emang kita menemukan gudeg yang rasanya kelewat manis, nah tapi di Gudeg Bu Tjitro rasanya pas banget. Kreceknya juga juara banget, teksturnya pas, kenyal dan gak alot! Gak salah deh kalo Bu Tjitro makin melegenda!

2. Gudeg Bu Gito

Gudeg yang satu ini juga ‘diimport’ langsung dari Jogjakarta. Gudeg Bu Gito termasuk dalam kategori gudeg kering, karena memang gudegnya cenderung tidak basah (memang terdapat jenis gudeg basah dan kering).

Karena gudegnya kering, rasa bumbunya justru makin kuat, enak banget deh! Dari segi rasa, gudeg Bu Gito juga gak kelewat manis, dan lauk-lauk pendampingnya juga nendang banget rasanya!

3. Gudeg Kandjeng

Gudeg Kandjeng adalah salah satu tempat makan gudeg yang paling terkenal di Jakarta. Lokasi yang strategis (dekat lapangan tenis bulungan) membuat banyak banget orang yang tau lokasi rumah makan yang satu ini.

Untuk soal rasa, gudeg disini salah satu yang paling enak di Jakarta! Nasi gudeg disini berasa banget santennya! Pindang telur dan tahunya juga enak banget. Buat yang suka pedes, sambel disini enak banget!

4. Gudeg Pejompongan

Tempat ini juga udah terkenal banget sebagai salah satu restoran dengan gudeg paling enak di Jakarta. Gudeg disini termasuk dalam kategori gudeg basah, karena emang kuah santannya cukup royal.

Krecek disini juga super enak, kenyal, sama sekali gak alot. Ayamnya juga empuk, bumbunya berasa banget. Seporsi gudeg disini bisa kamu dapetin dengan harga Rp30.000,-an. Tapi tenang aja, porsinya gede banget! Jadi worth it banget!

5. Gudeg Pak Atmo

Kualitas gudeg di restoran yang satu ini gak bisa diragukan lagi deh! Wajar aja, karena bapak Atmo dulu adalah mantan kepala koki di Istana Mangkunegara pada tahun 1927, wah gokil!

Jadi rasanya bener-bener autentik rasa Jawa! Gudeg disini cenderung lebih manis, konon katanya, gudeg asli memang cenderung lebih manis. Tapi bener-bener enak deh gudeg kreasi bapak Atmo! (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar