Home Breaking News Uni Eropa : Tak Mungkin Brexit Tinggalkan Lubang

Uni Eropa : Tak Mungkin Brexit Tinggalkan Lubang

93
Persiden Uni Eropa Jean Claude Juncker.

BRUSSEL, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Komisi Uni Eropa, Jean-Claude Juncker mengatakan dia yakin Brexit akan melakukan sebuah lubang (utang) sebesar € 12-13 miliar (£ 11-12 miliar; $ 14 – $ 16 miliar).

‘Saya tidak berpikir bahwa saya tidak perlu pergi ke kasus ini’, katanya kepada para peserta konferensi Brussels.

Pintu keluar Inggris ditetapkan untuk Maret 2019. Komisaris Anggaran Günther Oettinger mengatakan pemotongan belanja 50% dan uang segar 50%. Dia menyarankan pajak seluruh Eropa untuk produk plastik sebagai sumber pendapatan tambahan.

Komisi akan menerbitkan proposal bulan Mei tahun ini dan mendesak para pemimpin Uni Eropa untuk menyetujui kesepakatan anggaran hingga Mei 2019.

Pemimpin Demokrat Liberal Vince Cable dan mantan Perdana Menteri Tony Blair adalah salah seorang yang menonjol yang mengatakan bahwa penarikan Inggris tidak dapat dibatalkan.

Uni Eropa menguat untuk melakukan tawar-menawar antara kontributor bersih blok dan penerima bersih untuk periode anggaran berikutnya, 2020-2026. Inggris saat ini merupakan salah satu kontributor utama.

Apa arti angka anggaran UE?

-€ 1 triliun – Jumlah kasar yang akan dikeluarkan oleh UE pada 2014-2020, termasuk untuk sektor pertanian, energi, kebijakan regional dan administrasi
-€ 12-13bn – Lubang permanen tertinggal dalam anggaran setiap tahun oleh Inggris.
-1% – Ukuran UE sebagai proporsi ekonomi Eropa; Mr Juncker menginginkannya naik.
-85% – Ukuran zona euro sebagai bagian dari total ekonomi Uni Eropa setelah kepergian Inggris – naik dari 73%, menunjukkan pergeseran kekuatan ke zona euro setelah Brexit

Oettinger memperingatkan: ‘Akan ada pengurangan dalam beberapa program utama [Uni Eropa] – beberapa pemotongan yang signifikan’.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan Inggris akan menghormati komitmen saat ini terhadap anggaran Uni Eropa, sampai tahun 2020.

Inggris adalah satu dari 10 negara anggota yang membayar lebih ke anggaran UE daripada mereka keluar. Hanya Prancis dan Jerman berkontribusi lebih banyak.

Menurut data UK Treasury, kontribusi bersih Inggris untuk 2014/15 adalah £ 8,8 miliar. Jumlah diterima lebih banyak tapi Inggris menerima rabat £ 4,6 miliar. Rabat tahunan itu dimenangkan oleh mendiang Margaret Thatcher.

Pada 2014/15, Polandia merupakan penerima manfaat terbesar, diikuti Hungaria dan Yunani.

Pada Senin (8/1/2018), veteran pro-Brexit campaigner Nigel Farage bertemu negosiator utama Uni Eropa Michel Barnier di Brussels. ‘Pak Barnier jelas tidak mengerti mengapa Brexit terjadi’, katanya seusai rapat. (linda)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar