Home Breaking News Uhuru Kenyatta Hampir Dipastikan Presiden Kedua Kalinya

Uhuru Kenyatta Hampir Dipastikan Presiden Kedua Kalinya

148
Pemilu Kenya.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Kenya, Kenya Uhuru Kenyatta hampir dipastikan kembali menjabat, karena meraih angka dominan pada Pemilu Selasa (8/8/2017).

“Kanyatta memperoleh lebih dari setengah hasilnya, sudah meraih 55 persen suara melawan 44 persen untuk rivalnya, Raila Odinga,” ujar bbc pagi ini.

Kenyatta berharap mendapat masa jabatan kedua namun menghadapi tantangan berat. Pemungutan suara telah banyak dilakukan secara damai dan komisi pemilihan telah mendesak orang untuk menunggu hasil ersmi secara tenang.

“Selama fase kritis ini, kami mendesak semua orang Kenya untuk menahan diri saat kami menunggu hasil resmi dari TPS dan saat mereka mulai menetes,” kata komisi pemilihan tersebut.

Banyak yang takut terulangnya kekerasan yang mengikuti pemilihan 2007 yang dipersengketakan. Lebih dari 1.100 warga Kenya meninggal dan 600.000 orang mengungsi.

Beberapa tempat pemungutan suara tetap terbuka setelah proses penutupan suara ditutup pukul 17:00 (14:00 GMT).

Untuk menang secara langsung, kandidat membutuhkan lebih dari 50 persen suara, dan setidaknya 25 persen di 24 dari 47 kabupaten di Kenya.

Jika ambang batas tersebut tidak terpenuhi, pemungutan suara run-off antara dua kandidat teratas akan dipicu. Voting untuk majelis nasional dan lokal juga telah berlangsung. (oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar