Home Breaking News Udar Pristono Divonis 5 Tahun Penjara

Udar Pristono Divonis 5 Tahun Penjara

122

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Rabu (23/9/2015), divonis 5 tahun penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Selain hukuman badan, dia juga didenda Rp250 juta subsider lima bulan kurungan karena dianggap terbukti menerima gratifikasi senilai Rp79 juta.

“Dari fakta yang terungkap di persidangan, Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan menerima uang Rp79 juta dari pembelian mobil oleh Direktur PT Jati Galih Semesta yang memenangkan tender di Dinas Perhubungan,” kata anggota Majelis Hakim PN Jakpus, Joko Subagyo, saat membacakan amar putusan.

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yeng menuntut Udar dengan hukuman 19 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Jaksa mendakwa Udar dengan tiga perbuatan pidana sekaligus, yakni penyalahgunaan wewenang, menerima gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang.

Namun majelis hakim menilai, Udar hanya terbukti melakukan satu perbuatan pidana, yaitu menerima uang senilai Rp79 juta dari Direktur PT Jati Galih Semesta Dedi Rustandi, perusahaan peserta tender pekerjaan perbaikan koridor/halte busway di Dishub DKI Jakarta.

Mobil yang dimaksud diterima Udar adalah mobil dinas berplat merah merk Toyota Kijang tipe LSX Tahun 2002 yang saat itu dalam proses lelang dengan harga Rp100 juta. Padahal harga lelang tersebut dari Dishub DKI hanya Rp22,43 juta.

“Fakta hukum mengungkapkam, Terdakwa memberi pesan agar mobil dijual seharga Rp100 juta dengan alasan sudah tua dan terlalu mahal. Dari rangkaian perbuatan terbukti uang Rp78 juta diberikan karena menurut pemberi, hadiah berkaitan dengan jabatan terdakwa,” tambah Joko. (raf)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar