Home METRO Daerah Tri Rismaharini Ajari Bengkulu Kelola Keuangan

Tri Rismaharini Ajari Bengkulu Kelola Keuangan

131
Walikota Surabaya, Tri Rhisma Harini.

BENGKULU, CITRAINDONESIA.COM- Walikota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Bengkulu, memaparkan tata kelola keuangan dan birokrasi yang baik kepada Kepala Daerah (Kada) se-Provinsi Bengkulu.

“Pemkot Surabaya menerapkan sistem elektronik dalam sistem tata kelola pemerintahan, seperti e-SDM, e-Monitoring, e-Education, e-Office, Sistem Siaga Bencana, e-Permit, e-Health, Simprolamas, Dishub dan Media Center,” kata Risma dalam Rapat Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi di Provinsi Bengkulu, Rabu (21/9/2016).

Risma menjelaskan segala macam perizinan, mulai dari pengurusan akta kelahiran, kematian, bisa langsung online dan beberapa hari kemudian dokumennya dikirim lewat pos.

“Sehingga warga tidak perlu repot mengurusnya,” kata dia.

Politisi PDIP ini juga menerangkan bila hampir semua pelayanan publik di daerahnya digratiskan untuk masyarakat.

Misalnya pendidikan sekolah negeri gratis, kesehatan gratis untuk siapa saja. Bahkan, seluruh lansia miskin, cacat dan balita mendapatkan makan.

“10.000 Perpustakan kami bangun dan 24 jam mobil ambulan gratis,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti ingin menjadikan ibukota Jawa Timur sebagai pilot project dalam tata kelola keuangan daerah.

Dia menilai kota metropolis terbesar setelah Jakarta tersebut efisien dalam pengelolaan anggaran dengan sistem online sejak 2003.

Seluruh Kepala Daerah se-Provinsi Bengkulu hadir dalam rapat koordinasi dan Supervisi pencegahan korupsi.

Selain mendengarkan pemaparan Walikota Risma, agenda pokok kegiatan ini adalah penandatanganan MoU Pemprov Bengkulul, Bupati/Walikota dengan KPK RI untuk tidak korupsi. (ica)

Komentar

Komentar