Moeldoko Resmi Sebagai Kepala Staf Kepresidenan

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo resmi melantik matan Panglima TNI,  Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan utnuk menggantikan pejabat lama, Teten Masduki di Istana Negara, Rabu pagi (17/1/2018).

Namun Teten Masduki belum diketahui akan ditempatkan sebagai pejabat apa ke depan oleh Presiden Jokowi.

Sekedar tahu, posisi Kepala Staf Kepresidenan ini setara dengan jabatan setingkat menteri kabinet.

Dan bahwa setelah pensiun dari kedinasannya di TNI, Jenderal Purn Moeldoko lebih aktif di sektor pertanian juga sebagai Ketua Umum HKTI.

Pelantikan ini dihadiri oleh para Menteri Kabinet Kerja serta para polikus negeri ini. Dan setelah pensiun, (friz)

 




Mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko Kepala Staf Presiden

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo akan melantik sejumlah pejabat negara di Istana Negara hari ini.

Dari undangan yang diperoleh, Presiden akan melantik Menteri Kabinet Kerja sisa masa jabatan periode 2014-2019, anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Kepala Staf Angkatan Udara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Presiden akan melantik politikus partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawangsa.

Selanjutnya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko bakal dilantik sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Sedangkan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar akan dilantik sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Terakhir Marsekal Madya Yuyu Sutisna dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Yuyu sebelumnya adalah Wakil KSAU. (ant/friz)




OSO ‘Dipecat’ Wiranto Janji Selesaikan ‘Perpecahan’ Hanura

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto janji tuntaskan ‘perpecahan’ pemecatan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

‘Ini sangat disesalkan. Akan kita selesaikan’, tegas mantan Panglima ABRI itu usai memimpin Rapat Sosialisasi Penataan Sungai Citarum, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Selasa (16/1/2018).

Partai Hanura memiliki AD/ART. Dan semua menganai kebijakan partai ada di AD/ART tersebut. Jadi tidak ada pihak yang bisa melanggarnya.

‘Jadi kita sesalkan itu. Kita selesaikan dengan cara- cara yang baik. Yang terpenting bagaimana kita menjaga marwah partai agar tetap eksis memberikan kontsribusi dalam pembangunan politik nasional’, jelasnya.

Sebelumnya pertemuan pengurus partai ini menyatakan tidak percaya lagi kepada OSO, pertemuan dipimpin Sekjen DPP Hanura, Syarifuddin Suddeng dan “memecat” OSO dari ketua umum DPP Partai Hanura.

Dan sebaliknya OSO kepada wartawan mengatakan akan memecat balik pihak yang memecatnya. ‘Kita pecat. Itu melanggar AD/ART’, ujarnya menyerang balik. (ant/dadang/adams)

 




OSO Dipecat? DPP Partai Hanura Rancang Munaslub

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Munaslub dirancang Pengurus DPP Partai Hanura kubu Hotel Ambhara, menyusul pemecatan Ketum Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO).

‘Sudah dibahas (Munaslub). Paling lama seminggu’, tegas Ketua DPP Hanura Rufinus Hotmaulana kepada wartawan di Hotel Ambhara, Blok M, Jaksel, Senin (15/1/2018).

Menurutnya, jadwal tersebut atas keputusan para pengurus teras partai bentukan mantan Panglima ABRI Jenderal Purnawirawan Wiranto itu.

‘Jadwal akan ditentukan mengingat ada proses verifikasi partai. Kami mengejar Pilkada, kita mengejar Pemilu kemudian verifikasi faktual putusan MK yang baru’, jelasnya beralasan kejar waktu itu.

Mengenai pemecatan OSO sebagai Ketua Umum Hanura lanjutnya adalah atas aspirasi para pengurus DPD Hanura se-Indonesia. Rufinus mengklaim dari pengurus DPD sudah terlebih dahulu menyampaikannya kepada Sekjen Hanura Sarifuddin Sudding.

‘Sudah sering, tadi dilaporkan oleh Sekjen. Dan tadi mengatakan sudah sering DPD itu mengadu pada Sekjen, tetapi tidak pernah direspons. Jadi masalah warning, masalah masukan. Segala macam sudah dilakukan oleh Pak Sekjen (Sarifuddin Sudding) itu tadi laporan dalam rapat’, bebernya.

Terpisah, pengurus Hanura kubu Hotel Manhattan, Kuningan, Jaksel tengah juga menggelar rapat membahas verifikasi faktual untuk Pemilu. Rapat dibuka oleh OSO sedndiri. Artinya kini ada dua kubu yang merasa sebagai pengurus DPP Partai Hanura. (adams)

 




Bambang Soesatyo Ketua DPR RI Yang Baru

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, resmi mengumumkan penujukan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI, yang baru Senin (15/1/2018). Bambang Soesatyo yang selama ini anggota Komisi III DPR RI itu untuk menggantikan Setya Novanto yang terdakwa korupsi berjamaah eKTP merugikan negara sekitar Rp2,3 triliun.

‘Keputusan DPP (Partai Golkar) secara resmi menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR’, ujar Airlangga Hartarto kepada wartwan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Penunjukan Bambang Soesatyo kata dia setelah melalui pertimbangan dan pengalamannya panjang politik maupun sistem kelembagaan di DPR, dianggap memiliki ide dan gagasan baik.

‘Diharapkan (Bambang Soesatyo) mempunyai komunikasi baik dengan teman-teman media dan bahasa dengan media menggunakan bahasa yang sama’, jelasnya.

Airlangga berharap Bambang Soesatyo, dapat meningkatkan citra kelembagaan DPR dan demi kepercayaan publik.

‘Terutama perwakilan yang mencerminkan efektivitas agar bermanfaat di mata publik’, jelasnya. (adams)

 




Wapres Try Sutrisno Ameninggal Dunia HOAX

JAKARTA, COITRAINDONESIA.COM- Sempat beredar kabar Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno meninggal dunia pada Senin (15/1/2018) pagi.

Informasi ini tersebar di media sosial serta aplikasi berbagi pesan WhatsApp. Kabar itu berbunyi:

Innaa lillahi wa innaa ilayhi raaji’uun…

Telah berpulang ke rahmatullah… Bapak Jend (Purn) Tri Sutrisno.. Mantan Wapres R I malam ini di kediaman beliau.. Komp Perumahan Palem Kartika jl. Bambu Apus kel. Bambu Apus kec. Cipayung Jakarta Timur.

Semoga surga menjadi tempat beliau yang terakhir dan selamanya… Aamiin YRA.

Kabar tersebut dipastikan tidak benar atau hoaks.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengaku sudah mengecek langsung ke ajudan Try Sutrisno.

‘Saya sudah cek ke Ajudan Bapak Try Sutrisno. Jawabnya: Bapak Try Sutrisno sehat-sehat saja. Alhamdulillah’, kata Pratikno kepada Kompas.com, Senin pagi (15/1/2018). (friz)




Isu Terseksi Pekan Ini Mahar Pilkada 2018

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sejumlah kabar terkait mahar dalam Pilkada 2018 serentak menjadi topik terseksi pemberitaan sejumlah media nasional sejak kemarin.

Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said mengatakan tidak ada mahar dalam pencalonannya, kendati pasangan Brigjen Pol Siswandi dan Euis Fety Fatayati gagal maju di Pemilihan Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, karena partai pengusung meminta mahar miliyaran rupiah.

Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan pemanggilan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait mahar politik akan menunggu klarifikasi Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia Jawa Timur La Nyalla Mattalitti.

‘Kita tunggu dulu perkembangan klarifikasi dari La Nyalla, itu yang menentukan kami akan panggil Pak Prabowo atau tidak’, kata Bagja di Cikini, Jakarta, Sabtu.

La Nyalla, yang juga kader Gerindra, sebelumnya mengaku dimintai dana Rp40 miliar oleh Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat untuk membayar saksi pilkada.

Dana tersebut, menurut La Nyalla juga menjadi syarat dirinya kelak menerima rekomendasi dari Gerindra untuk maju sebagai calon kepala daerah di Jawa Timur.

Siswandi akui diminta mahar maju Pilwalkot Cirebon.

Pasangan Brigjen Pol Siswandi dan Euis Fety Fatayati yang diusung oleh koalisi Umat gagal maju di Pemilihan Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, karena partai pengusung meminta mahar miliyaran rupiah.

‘Terima kasih kepada partai pengusung koalisi umat, khususnya Gerindra dan PAN yang tidak meminta mahar sedikitpun’, kata Siswandi kepada awak media di Cirebon, Sabtu.

Koalisi umat yang terdiri dari tiga partai, yaitu PAN, Gerindra dan PKS sepakat untuk mengusung pasangan Siswandi-Euis pada Pemilihan Umum Walikota (Pilwalkot) Cirebon, Jawa Barat.

Namun, salah satu partai koalisi (PKS) itu meminta mahar sampai miliyaran. Pada akhirnya PKS tidak mengeluarkan rekomendasi sampai batas akhir pendaftaran ke KPU sehingga pasangan itu gagal maju, karena kurang kursi sebagai syarat pencalonan. (Ant/ling)




Bang Hariman Siregar Tokoh Peristiwa Malari

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Para tokoh tengah memperingati peristiwa Malari di Yogyakarta. Mereka berkumpul di sana mengenang aksi demonstrasi terbesar kala itu hingga bakar- bakaran sejumlah produk termasuk dari Jepang dan mobil- mobilnya pada tanggal 15 Januari 1974.

Acara langka tersebut dihadiri oleh motor penggerak peristiwa Malari, yakni Dewan Mahasiswa UI, Hariman Siregar, kini menjadi seorang dr di sebuah rumah sakit di ibu kota Jakarta.

Sejak peristiwa itu hingga kini Bang Hariman, begitu beliau akrab dipangggil, tetap menjadi sosok yang disegani di negeri ini. Namun kehebatananya tak membuatnya sombong. Dia tetaplah sosok ramah dan gaul.

Saat Malari meledak, pasukan TNI- Polri zaman itu dibuat sibuk, salah yang tersibuk adalah Pangkobkantib Sudomo (alm). Beliau diperintah Presiden Soharto untuk menangkap Bang Hariman. Ya.. benar saja ditangkap dan diadili.

Kini Bang Hariman, menjadi sosok seorang dokter profesional, sosok ayah yang baik bagi anak- anaknya. Bahkan namanya jarang muncul di media massa, seakan dia ingin melupakan peristiwa kelam yang mencengangkan hingga jagad internasional kala itu.

Untuk pertemuan di Yogya itu, sebelumnya Wenry Anshory Putra yang akan turut hadir di Yogyakarta bilang acara kumpul itu bertajuk : ‘Mengembalikan Reformasi yang Kita Mau’.

Kata dia, Peringatan Malari akan diisi dengan analisis kekinian dan orasi kebangsaan dari Bang Hariman Siregar, yang dilanjutkan dengan diskusi publik menghadirkan nara sumber handal, antara lain Ari Sujito (akademisi UGM), Max Lane (Indonesianis dari Australia), Daniel Dhakidae (jurnalis senior), Bhima Yudhistira (ekonom Indef), Cak Nun (budayawan), juga pandangan berbagai tokoh senior lainnya.

‘Hariman Siregar tokoh bangsa yang sangat berkomitmen dalam mewujudkan demokrasi yang berkeadilan sosial di Indonesia. Dia adalah sosok inspiratif yang konsisten atas apa yang ia cita-citakan’, ujar Wenry Anshory Putra. (olo)

 

 




HUT PDIP, Jokowi : Saya Percaya PDIP Bergotong Royong

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo, puji keberadaan PDI Perjuangan yang dipimpin Ketua Umum Megawati Sukarnoputri. Katanya demokratis mendukung pembangunan Indonesia.

‘Indonesia beruntung memiliki PDIP visioner tanpa melupakan sejarah bangsa’, ungkap Kepala Negara dalam sambutannya pada HUT Ke-45 PDIP di JCC Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Menuut Kepala Negara masih sangat panjang perjalanan, PDIP visioner dalam hal membangun negeri ini harus terus dilanjutkan mensejahterakan bangsa.

‘Saya percaya PDIP kokoh berdiri gotong royong. Gotong royong membuat kita berjuang untuk satu tujuan yang mulia’, bebernya yang disambut meriah para kader banteng Moncong Gemuk. (ling)




Peringatan dan Harapan Jokowi pada Pilkada 2018

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Peringatan dan harapan Presiden Jokowi pada pelaksanaan Pilkada 2018 serentak di seluruh Indonesia.

Berikut Pesan Jokowi pada Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 :
1. Pilih pemimpin yang paling baik,
2. Setelah coblos kita bersaudara harus rukun kembali,
3. Pesta demokrasi pilih bupati, walikota, gubernu dan presiden 2019.
4. Jangan gara-gara pilihan kita berbeda,
5. Jangan isu SARA

(ling)