10 Tempat Wisata Favorit Wisatawan Indonesia Di Bali

BALI, CITRAINDONESIA.COM- Pulau Bali memiliki sangat banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari objek wisata alam dan aktivitas wisata seni dan budaya Bali. Dan cocok sekali destinasi Anda bersama keluarga meyambut tahun baru 2018.

Namun tahukah pembaca? Bahwa masing – masing wisatawan dari tiap negara, memiliki tempat liburan favorit di Bali yang berbeda-beda! Mungkin ada yang tahu, mungkin juga ada yang belum tahu!

Khusus dihalaman ini, saya akan menuliskan 10 tempat wisata favorit wisatawan Indonesia di Bali. Ingin tahu apa saja 10 tempat wisata di Bali favorit wisatawan Indonesia? Silakan dilihat dibawah ini!

Mungkin Ini Yang Pembaca Cari!

Daftar 10 Tempat Wisata Favorit :

Data informasi mengenai 10 tempat wisata favorit wisatawan Indonesia di Bali, kami dapat bukan berdasarkan perkiraan dan bukan copypaste dari website lain. Namun berdasarkan data dari permintaan tempat wisata yang ingin dikunjungi dari pelanggan kami, yang memesan paket wisata Bali dan jasa sewa mobil dan supir di Kuta Bali.

Dalam daftar 10 tempat wisata favorit wisatawan Indonesia di halaman ini, hanya mengkhususkan pada tempat wisata Alam dan aktivitas wisata seni dan budaya Bali. Saya tidak mencantumkan tempat shoping atau tempat hiburan.

1. Objek Wisata Kuta Bali

Menyebut nama tempat wisata di Kuta Bali, saya yakin hampir semua pembaca pernah mendengar nama obyek wisata Kuta Bali atau memang pernah liburan ke Kuta Bali.

Obyek wisata Kuta Bali, saya tempatkan di nomer 1 dalam daftar objek wisata Bali favorit wisatawan Indonesia, karena objek wisata Kuta yang paling banyak diminta untuk dikunjungi oleh wisatawan Indonesia saat liburan di Bali.

Daya tarik utama dari tempat wisata Kuta yang membuat sangat populer, karena tersedianya pantai pasir putih bersih, sangat landai dan luas. Selain itu, disekitar pantai Kuta banyak tersedia fasilitas pengunjung seperti, shopping mall, restoran dan banyak tempat nongkrong yang asik.

2. Pantai Pandawa Kutuh

Pantai Pandawa Kutuh, menjadi tempat liburan ke dua favorit wisatawan Indonesia. Daya tarik yang membuat pantai Pandawa Kutuh disukai oleh wisatawan Indonesia sebagai tempat liburan di Bali karena:

Tersedia aktivitas naik kano tepi pantai dan harga relatif murah.
Air laut pantai Pandawa sangat tenang, jadi sangat cocok untuk anak-anak berenang.
Kebersihan pantai Pandawa selalu terjaga.
Lokasi pantai Pandawa berdekatan dan satu arah dengan tempat liburan terkenal di Bali yang lain, seperti pura Uluwatu, GWK, Tanjung Benoa dan Jimbaran.
Info Lebih Lengkap: “Pantai Pandawa Kutuh Bali” >>>

3. Tanah Lot Tabanan Bali

Daya tarik utama dari objek wisata Tanah Lot Bali terletak dari keunikan pura Tanah Lot yang berada di atas batu karang besar. Pada saat air laut pasang, askes jalan menuju pura Tanah Lot dari pantai akan digenangi air laut.

Namun yang paling disukai wisatawan Indonesia saat liburan ke objek wisata Tanah Lot adalah, pemandangan matahari terbenam dengan siluet pura. Oleh sebab itu, objek wisata Tanah Lot lebih ramai dengan kunjungan wisatawan di sore hari sekitar jam 17:00, menjelang sunset.

4. Garuda Wisnu Kencana

Objek wisata Garuda Wisnu Kencana lebih dikenal dengan nama tempat wisata GWK Bali. Daya tarik dari GWK Bali terletak pada patung Garuda dan patung dewa Wisnu. Selain dapat melihat patung dalam ukuran besar, di areal GWK Bali juga tersedia banyak fasilitas hiburan, seperti:

5. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu Bali sangat disukai wisatawan Indonesia untuk tempat liburan di Bali karena:

Dapat melihat kera.
Dapat melihat atsitektur pura yang sangat khas.
Dapat melihat pemandangan laut selatan dari atas tebing.
Dapat menonton tari kecak Uluwatu dengan background pemandangan sunset.

6. Objek Wisata Tanjung Benoa

Objek wisata Tanjung Benoa ramai dikunjungi wisatawan Indonesia di pagi hari, sekitar jam 10:00 – 12:00. Daya tarik dari objek wisata Tanjung Benoa yang membuat wisatawan Indonesia menyukai liburan ke Tanjung Benoa karena, tersedianya aktivitas permainan air atau lebih dikenal dengan nama Tanjung Benoa watersport.

Ada banyak jenis aktivitas Tanjung Benoa watersport, namun hanya ada tiga aktivitas watersport Tanjung Benoa yang disukai wisatawan Indonesia:

Single Parasailing.
Wisata ke pulau Penyu Tanjung Benoa.
Mengendari jet ski ditengah laut.
Pertanyaan yang sering diajukan kepada kami, pada saat wisatwan ingin mengikuti aktivitas watersport Tanjung Benoa, adalah berapa harga aktivitas watersport Tanjung Benoa?

Banyak wisatawan mengetahui harga aktivitas watersport Tanjung Benoa, sangat mahal. Ini ada benarnya, jika wisatawan memesan langsung di lokasi aktivitas .

Namun banyak wisatawan Indonesia juga sudah mengetahui, bahwa dengan memesan aktivitas Tanjung Benoa watersport, melalui media online. Akan mendapatkan harga jauh lebih murah, dibandingkan jika memesan langsung aktivitas Tanjung Benoa watersport, di lokasi tanpa adanya perbedaan kualitas dan jenis aktivitas watersport Tanjung Benoa.

Sebagian besar wisatawan Indonesia yang familiar dan tahu cara untuk mendapatkan harga murah aktivitas watersport Tanjung Benoa. Akan memesan paket diskon watersport Tanjung Benoa, melalui media online.

Apakah anda berminat mengikuti aktivitas wisata bahari di Tanjung Benoa? Jika iya! Untuk mendapatkan harga murah watersport Tanjung Benoa. Pesan disini! Paket diskon watersport Tanjung Benoa Bali.

7. Obyek Wisata Kintamani

Ada beberapa daya tarik obyek wisata Kintamani Bali, yang membuat wisatawan Indonesia sangat menyukai liburan ke Kintamani:

Udara segar dan sejuk daerah pegunungan.
Pemandangan indah danau Batur dan gunung Batur sambil menikmati makanan buffet di salah satu restoran di Kintamani.
Tersedia tempat pemandian air panas alami, nama tempatnya pemandian air panas Toya Bungkah Kintamani.
Lokasi dari tempat wisata Kintamani, berdekatan dengan objek wisata sawah terasering Tegalalang Ubud.

8. Pura Ulun Danu – Danau Beratan Bedugul

Pernah memperhatikan gambar pura yang ada di lembaran uang Rp 50.000? Jika belum, mohon dilihat sekarang! Di bagian belangkan lembaran uang Rp 50.000, terdapat gambar pura yang ada ditengah danau. Pura ini bernama Pura Ulun Danu berada ditengah danau Beratan Bedugul, kabupaten Tabanan Bali.

Karena keuikan dari letak pura Ulun Danu yang berada ditengah danau, serta udaranya yang sejuk. Membuat wisatawan Indonesia sangat menyukai liburan ke tempat wisata danau Beratan Bedugul.

Baca Lebih Detail: “Objek Wisata Danau Beratan Bedugul Bali” >>>

9. Bali Safari Marine Park

Bali Safari Marine Park adalah sebuah kebun binatang dan sangat disukai wisatwan Indonesia yang berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Jika pembaca saat ini sedang merencanakan liburan keluarga ke Bali bersama anak-anak dan mencari tempat liburan keluarga terbaik di Bali, Bali Safari Marine Park pilihannya.

Untuk harga tiket Bali Safari Marine Park untuk wisatawan Indonesia per tanggal 01 January 2017.

Dewasa, Rp 150.000 / 1 dewasa.
Anak, Rp 135.000 / 1 anak.
Dengan membayar tiket masuk sebesar diatas, pembaca dapat menikmati keliling Bali safari marine park menggunakan kendaraan yang telah disediakan dan jalan-jalan di kawasan Bali safari marine park.

10. Pantai Jimbaran Bali

Daya tarik utama dari pantai Jimbaran Bali dan membedakan dengan pantai lain di Bali adalah tersedianya tempa makan hidangan seafood bakar yang berada di tepi pantai Jimbaran. Waktu terbaik yang disukai wisatawan Indonesia saat mengunjungi pantai Jimbaran, pada sore hari sekitar pukul 17:30 sebelum sunset.

Walaupun saya sebagai orang lokal Bali, yang pernah berkali-kali mengujungi pantai Jimbaran. Momen melihat pemandangan sunset, sambil makan hindangan seafood bakar, tidak pernah bosan saya lakukan. Oleh karena itu, pantai Jimbaran sangat sukai wisatawan Indonesia saat liburan di Bali. (sumber rentalmobilbali)




3 Destinasi Indah Saat Momen Natal

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Hari Natal identik dengan liburan akhir tahun. Ketika hari Natal tiba, bukan hanya mereka yang merayakan Natal yang menikmati liburan.

Masyarakat yang tidak merayakan Natal pun ikut serta untuk memanfaatkan liburan ini. Baik itu yang memilih di luar kota maupun dalam kota atau dalam negeri maupun luar negeri.

Bagi yang merayakan, hari Natal identik dengan santa claus, permen, kado, lampion, salju dan yang selalu ada sebagai salah satu icon Natal adalah pohon cemara.

Jika kita search di Google dengan kata kunci “tempat wisata Natal di Indonesia”, yang akan anda dapat adalah beberapa review tentang banyak tempat wisata yang dapat dipilih utnuk memanfaatkan liburan Natal.

Namun hampir kesemuanya itu tidak menawarkan tempat wisata yang mengandung unsur khas perayaan Natal, yah bisa dibilang hanya sekedar untuk berlibur seperti hari libur yang lain, bukan tempat berlibur yang khas Natal.

Maka dari itu, saya mencoba berusaha keras mencarikan pilihan tempat wisata Natal di Indonesia yang tidak hanya dapat dijadikan tempat berlibur, namun juga sebagai tempat berlibur yang mengandung kekhasan dari Hari Natal Tersebut.

Berikut tempat Paling Indah untuk Wisata Natal :

1. Pantai Cemara, Banyuwangi

Pantai Cemara, BanyuwangiPantai Cemara, Banyuwangi

Cemara adalah icon khas hari Natal. Itulah alasan mengapa beberapa tempat wisata yang akan saya tawarkan, hampir kesemuanya berbau cemara.

Tujuannya bagi anda yang merayakan hari natal, agar tetap dapat menikmati suasana khas Natal meski berada di tempat berlibur. Opsi pertama yang saya tawarkan letaknya berada di ujung timur Pulau jawa, yakni Banyuwangi.

Selain dari puluhan tempat wisata yang ada di Banyuwangi, Kota ini juga terkenal karena merupakan satu-satunya pemilik pelabuhan terdekat (di Pulai Jawa) dengan Kota Bali yang telah mendunia. Pantai Cemara, begitu namanya, yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Banyuwangi.

Jika sebagian besar pantai dipenuhi dengan hutan mangrove, berbeda dengan pantai yang satu ini. Awalnya pantai ini hanyalah pantai nelayan yang kemudian sengaja ditanami Pohon cemara untuk tujuan agar memiliki tempat berteduh bagi para nelayan.
Namun ternyata disisi lain, penanaman cemara udang di pinggiran pantai ini juga sebagai antisipasi abrasi dan angin kencang. Sejak tahun 2011, ada sekitar 15 ribu pohon yang telah berhasil di tanam pada kawasan tersebut.

Cukup unik memang. Penanaman pohon cemara yang awalnya tidak ada tujuan estetik, justru saat ini memiliki daya tarik estetik yang menarik banyak orang untuk berkunjung ke pantai hutan cemara di banyuwangi ini. Pantai ini dipenuhi dengan pohon-pohon cemara udang yang tumbuh subur.

Susunan pohon tersebut berbentuk menyerupai Goa yang berujung. Jika anda mengunjungi tempat ini, anda bisa menikmati pantai, ataupun goa hutan cemara yang begitu eksotis.

Bahkan anda juga bisa manfaatkan kesempata tersebut untuk sekedar membuat miniparty untuk keluarga di Hari Natal, bersama ribuan pohon Natal.

Keuntungan lain yang bisa anda dapat jika pergi berlibur ke Pantai Cemara di Banyuwangi ini, anda akan lebih mudah dan punya lebih banyak pilihan wisata di sekitar Banyuwangi, seperti Pantai Plengkung Banyuwangi ataupun Wisata Kawah Ijen. Jangan lupa juga untuk mencicipi wisata kuliner Banyuwangi. Untuk menambah perjalanan yang lebih menyenagkan lagi, anda harus siapkan tips backpaper ke Banyuwangi.

Harga masuk yang murah (hanya 2.0000) dan rute untuk menuju pantai ini hanya membutuhkan waktu 20 menit dari arah Kota Banyuwangi, benar-benar memudahkan pengunjung. Bagi anda yang berangkat dari Kota Bnyuwangi, ambil arah Hotel Santika, anda akan menemukan gang masuk ke timur di samping Hotel, ikuti jalan tersebut sampai ujung daerah persawahan belokkan kendaraan anda ke arah kanan, ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan papan petunjuk pantai cemara. Mudah bukan? Silahkan dicoba.

2. Pantai Goa Cemara, Jogja

Pantai Goa Cemara, Jogja

Pantai Goa Cemara, Jogja

Siapa yang tidak mengenal Jogja dengan tempat wisata di Jogja. Ternyata Jogja tidak hanya khas dengan wisata budaya di Yogyakarta ataupun bangunannya seperti Istana Ratu Boko.

Ada pantai yang juga menyuguhkan hutan cemara. Sesuai dengan namanya, pantai goa cemara yang tiket masuknya hanya 5.000 per orang.

Pantai yang hanya memerlukan waktu 30 menit dari Kota Jogja ke arah selatan ini memiliki pesona goa cemara yang begitu fantastis.

Beruntunglah anda yang berada di Jogja, karena lebih mudah untuk mencapai tempat ini. Pantai yang dikelilingi hutan cemara, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Seolah-olah tanpa batas, antara pohon satu dan yang lainnya. saling bertaut, menyelimuti jalan didepannya, sehingga mengerupai lorong atau trowongan cemara.

Persiapkan tips liburan sehari di Jogja, karena ada hal lain yang bisa anda nikamti disini, seperti hal yang unik yang ada disini, salah satunya ialah adanya mercusuar yang akan menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari atas, bagi para pengunjungnya.

Natal yang biasanya bersamaan denga musim hujan, sangat cocok untuk memilih tempat ini sebagai tujuan tempat wisata Natal di Indonesia. Dan tidak heran jika tempat ini menjadi pilihan tempat prewedding di Jogja karena keindahannya.

3. Batu Night Spectacular, Malang

Batu Night Spectacular, Malang

Batu Night Spectacular, Malang

Batu Night Spectacular atau BNS, begitu kita sering mendengar salah satu nama tempat wisata di Malang . Hari Natal yang dalam perayaannya juga menggunakan kerlap kerlip lampu atau lampion, dapat anda rayakan bersama keluarga, di tempat wisata yang satu ini.

Meski sekilas BNS terkenal dengan dunia lampionnya, namun jangan salah. Ada berbagai wahana yang dapat anda nikmati disini. Mulai dari yang menuji adrenaline, sampai yang menguji nyali.

Saat berada ditengah-tengah dunia lapion BNS, mungkin anda akan merasa bahwa semua orang merayakan dan memeriahkan Natal bersama-sama.

Tempat ini mulai dibuka dari sore hari sampai malam hari. Sehingga anda tidak perlu repot mencari waktu luang, karena biasanya acara Natal memaksa yang merayakan untuk meet up bersama keluarga besarnya.

Wisata malam hari salah satu tempat wisata di Jawa Timur ini yang tepatnya berada di daerah Oro-oro Ombo Jl. Hayam Wuruk No. 1 Oro-Oro Ombo, Kota Wisata Batu ini, siap menyuguhkan berbagai macam bentuk lampion, yang akan memeriahkan dan menyempurnakan hari Natal anda bersama keluarga.

Dan jangan khawatir bagi anda yang memiliki anak, karena BNS adalah salah satu tempat wisata anak di Malang. Apa yang akan anda dapatkan disana cukup untuk menggantikan HTM sekitar 20.000-30.000 per orang.

Untuk menambah perjalanan yang lebih menyenangkan, anda perlu siapkan tips backpaper ke Batu Malang dan coba semua wisata kuliner di Malang.

Dari 3 rekomendasi tempat wisata Natal dari saya yang Natalis banget, dapat menjadi opsi liburan Natal anda. Tanpa meninggalkan perayaan Natal anda, liburan di tempat wisata dan merayakan hari Natal bersama kelaurag ataupun sahabat, dapat anda dapatkana dalam satu keseruan yang sempurna.

Jika anda memilih pantai, maka siapkan pernak penik kecil ala Natal, untuk membantu anda merayakannya di hamparan cemawa yang begitu menawan.

Selain itu, pantai juga merupakan salah satu tempat untuk memburu sunset terindah di Indonesia. Dan jangan lupa, siapkan alat dokumentasi anda untuk dapat mengabadikan setiap momen yang ada.

Pilihan tempat wisata Natal di Indonesia memang lebih relatif murah dibandingkan jika anda harus mengunjungi objek wisata Natal yang berada di luar Indonesia.

Selain dari aspek harga, berwisata juga memerlukan keasyikan dan kenyamanan dalam menikmati tempat yang anda tuju. Jangan sampai anda memilih tempat wisata Natal yang terlalu padat dengan mengunjung.

Hal ini akan membuat anda sulit untuk menikmatinya dengan nyaman, apalagi merayakan Natal di tempat tersebut, maka akan lebih sulit lagi. (*)




Bebas Macet! 5 Destinasi Wisata Isi Liburan Natal

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Libur panjang Natal dan Tahun Baru selalu identik dengan tempat wisata yang penuh sesak. Kalau pengennya liburan tapi malah desak-desakan dengan pengunjung, apa enaknya ya. Alamat bikin makin bete, ya kan?

Dilansir dari idn times, salah satu tips untuk menghindarinya, jangan pilih destinasi mainstream yang sudah banyak dituju. Sebut saja Pantai Ancol, Dufan, Jatim Park, atau berbagai macam water park.

Luangkan sedikit waktu dan biaya untuk pergi ke tempat-tempat yang jarang terjamah wisatawan seperti 5 tempat di bawah ini. Dijamin liburanmu bakal jadi spesial dan nyaman!

1. Danau Kaco

7 Destinasi Paling Nyaman Saat Liburan Natal, Dijamin Bebas Macet!

Dalam bahasa Indonesia, “kaco” berarti “kaca”. Dinamai demikian karena permukaan danau berwarna biru yang sangat jernih nyaris seperti kaca.

Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan situs warisan UNESCO. Letaknya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Jambi. Untuk menuju ke sana memang butuh perjuangan ekstra. Kamu harus menempuh perjalanan sekitar 10 jam dari Jambi.

Hijaunya pepohonan di sekitar danau membuat perbedaan warna yang kontras. Hal tersebut justru memperindah pesona tempat ini. Luasnya hanya sekitar 30×30 meter.

Meski demikian, kita bisa menemukan ribuan ikan kerinci di sini. Tapi ikan tersebut bukan untuk ditangkap, ya. Kamu bisa dikenai hukuman adat sekitar kalau nekat menangkapnya.

Uniknya lagi, air yang ada di danau ini akan menyala dalam kegelapan, terutama saat bulan purnama datang. Worth it banget, guys!

2. Teluk Kiluan

7 Destinasi Paling Nyaman Saat Liburan Natal, Dijamin Bebas Macet!

Sebenarnya, nama Teluk Kilauan tak asing bagi di kalangan traveler. Hanya saja, loakasinya berada di area yang sepi dan terpencil. Suasananya pun masih tenang. Cocok untuk kamu yang ingin berlibur di tempat yang tak terlalu ramai, apalagi saat musim liburan.

Serunya lagi, kamu bisa bertemu dengan banyak lumba-lumba jenis paruh panjang dan hidung botol di sini. Koloni lumba-lumba di Teluk Kiluan disebut yang terbanyak di dunia. Jadi, kamu akan sering melihat mereka melompat beriringan dengan perahumu. Seru banget, ya?

Teluk Kilauan berada di pesisir Lampung, tepatnya di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan. Untuk menuju ke sana, kamu harus menempuh perjalanan selama 12 jam berkendara dari Jakarta, atau 3-4 jam dari kota Lampung.

3. Desa Candirejo

7 Destinasi Paling Nyaman Saat Liburan Natal, Dijamin Bebas Macet!

Lokasi Candirejo dekat dengan Borobudur. Kalau kamu berangkat dari Yogyakarta, kamu akan menempuk perjalanan sekitar 40 kilometer. Kamu bisa menggunakan bus dari terminal Umbulharjo menuju terminal Borobudur.

Desa ini masih sangat asri dan belum tersentuh pembangunan. Kamu akan merasakan adat Jawa yang kental.

Tersedia berbagai jenis kerajinan tangan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Di antaranya seperti tikar, tas, tatakan gelas, lukisan, dan sebagainya. Rata-rata benda tersebut diproduksi warga desa secara langsung.

4. Taman Nusa, Bali

7 Destinasi Paling Nyaman Saat Liburan Natal, Dijamin Bebas Macet!

Kalau mendengar kata Bali, pasti yang terpikir langsung wisata pantainya. Memang indah sih, tapi sekali-kali kamu harus mencoba wisata anti mainstream di Bali, misalnya seperti Taman Nusa.

Tempat ini memiliki miniatur rumah-rumah adat seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), walau tak mirip secara keseluruhan.

Dengan luas sekitar 15 hektare, Taman Nusa dikelilingi pegunungan, hutan, sungai, sawah, dan jurang. Diharapkan, Taman Nusa bisa memperkenalkan sejarah, adat, dan budaya kepada wisatawan terutama dari mancanegara, mengingat Bali merupakan destinasi wisata favorit turis asing. Lokasinya berada di Desa Sidan, Gianyar, Bali.

5. Kayu Aro

7 Destinasi Paling Nyaman Saat Liburan Natal, Dijamin Bebas Macet!

Perkebunan teh yang berada di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, ini merupakan yang tertua di Indonesia. Usianya mencapai ratusan tahun dan masih aktif hingga sekarang.

Kayu Aro dinobatkan sebagai kebun teh kedua setelah Teh Darjeeling, India, dengan luas 2.500 hektare dan berada di ketinggian 1600 mdpl.

Kayu Aro adalah perkebunan penghasil teh hitam atau orthodox yang pengelolahannya masih konvensional alias belum memakai teknik modern.

Jadi, teh yang kamu minum dipastikan tak ada tambahan bahan kimianya seprti perisa dan pengawet. Waktu tempuh dari Kota Padang ke Kayu Aro sekitar 7 jam perjalanan, dengan jarak sekitar 300 kilometer.




Penat Dengan Kemacetan? Ini Objek Wisata Terbaik di Jakarta

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kota yang tidak ramah, ramai, “berantakan”, terlampau sibuk, macet, banjir, padat, bahkan tidak nyaman. Sebagian besar dari Anda mungkin akan berpikir demikian.

Karenanya, menjadi satu hal yang wajar apabila warga Jakarta butuh libur ke luar kota, misalnya berlibur ke Bandung atau Bogor terutama untuk mengistirahatkan dirinya dari stress berkepanjangan.

Anggapan Anda jelas tidak sepenuhnya benar atau salah. Pasalnya, memiliki banyak infrastruktur kota yang modern, Jakarta rupanya punya beragam tempat wisata yang tidak kalah menarik.

Tentu saja, “berwisata” ke Jakarta tidak melulu harus terkait dengan menjamurnya mall di Jakarta. Toh faktanya, ada banyak kok tempat wisata di Jakarta selain mall, seperti halnya wisata alam pantai Jakarta, tempat wisata bersejarah, tempat wisata kuliner, edukasi, hingga tempat nongkrong.

Mau tau apa saja rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang harus dikunjungi? Berikut adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang harus Anda kunjungi (dikutip dari anekatempatwisata)!

1. Monumen Nasional (Monas)

Monas

Siapa sih warga Jakarta yang tidak kenal dengan Monas?

Mulanya, tugu peringatan setinggi 132 meter ini memang didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia. Nah, ikon kota Jakarta–bahkan Indonesia–yang satu ini memang populer akan lapisan emas murni pada “lidah api-nya”.

Oh ya, kabarnya, Monas merupakan bangunan dengan puncak tertinggi di Jakarta, lho! Bahkan, konon tidak boleh ada bangunan yang melebihi tinggi Monas.

Monas sendiri terbuka untuk umum: buka setiap jam delapan pagi hingga tiga sore, kecuali di hari Senin minggu akhir bulan. Ingin wisata sejarah? Anda dapat mengunjungi bagian dasar Monas, yakni Museum Sejarah Nasional Indonesia–untuk mengetahui seluk beluk perjuangan Indonesia.

Namun, jika ingin menikmati panorama Jakarta dari ketinggian, disarankan untuk menjajal naik ke puncak Monas berketinggian 115 meter dengan menggunakan lift.

2. Aneka Museum

Museum Fatahillah

Menyandang status sebagai pusat kota dan pemerintahan, tidak heran jika Jakarta “kaya” akan bangunan-bangunan bersejarah. Nah, sekali waktu, Anda bisa mempelajari sejarah Jakarta dengan mengunjungi aneka macam museum di Jakarta.

Sebagai contoh, Museum Nasional. Di sana, Anda dapat menemukan lebih dari 100 ribu benda-benda koleksi yang mencakup peninggalan arkeologis, keramik, zaman prasejarah, serta masih banyak lagi.

Bergeser dari Museum Nasional, jangan ragu untuk memasuki Museum Fatahillah yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta. Bagaimana pun, tempat wisata di Jakarta yang satu ini adalah tempat terbaik untuk mengeksplorasi banyak hal terkait sejarah Kota Jakarta.

Jangan lupakan juga keberadaan aneka museum lainnya, seperti halnya Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Taman Prasasti, dan masih banyak lagi.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII

Indonesia memang sebuah negara yang multikultural. Di dalamnya, terdapat beragam kekayaan budaya, seni, adat, serta agama dan kepercayaan. Nah, untuk meningkatkan semangat multikultural Anda, yuk segera datang berkunjung ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Tidak perlu jauh-jauh datang ke Padang atau ke Papua. Toh, seluruh “miniatur” kebudayaannya, bisa langsung Anda saksikan di TMII. Tidak heran, jika tempat wisata di Jakarta yang satu ini amat cocok dinikmati bersama keluarga dan orang terdekat.

Adapun selain wisata budaya, TMII memiliki beragam wahana menarik yang dapat langsung Anda nikmati. Wahana tersebut berupa kolam renang Snow Bay, Taman Among Puro, kereta gantung, serta aneka museum edukatif yang cocok untuk pendidikan anak Anda.

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Ajaklah si kecil untuk mengenal dan mencintai keberlangsungan satwa yang dilindungi sejak dini. Sebagai langkah awal, bawalah mereka ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Dengan luas sebesar 147 hektare, tempat wisata di Jakarta ini punya lebih dari dua ribu ekor satwa dan 50 ribu pepohonan.

Tiket masuknya sendiri tergolong murah dan terjangkau. Dengan Rp 5 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa mengajak si kecil berkeliling kebun, melihat satwa, hingga menaiki beragam wahana seperti kereta keliling, sepeda ganda, dan lain sebagainya.

Didirikan pada tahun 1864, Kebun Binatang Ragunan sendiri tergolong berusia tua. Nah, sebagai informasi–disarankan untuk tidak memberi makanan kepada satwa yang ada di dalamnya, ya. Toh, ini semua demi menjaga keselamatan hewan-hewan di dalamnya.

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Berlokasi di sebelah utara Jakarta, ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat mampir ke Kepulauan Seribu. Menyandang nama “seribu”, sudah pasti gugusan pulaunya pun banyak.

Nah, sebagai informasi, beberapa kawasan Kepulauan Seribu yang populer, yakni: Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi.

Bersama keluarga maupun orang terdekat, ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kepulauan Seribu. Ini mencakup diving, snorkeling, berkemah, banana boat, atau sekadar berjalan-jalan menikmati momen matahari terbenam.

Menariknya, Anda pun tidak perlu repot. Pasalnya, beberapa wilayah di Kepulauan Seribu sudah memiliki beragam fasilitas dan akomodasi yang memudahkan pengunjungnya. (*)




Terget 20.000 Wirausaha Baru Sektor Pariwisata Jakarta

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Industri Pariwisata kain seksi. Pemda DKI Jakarta menarget adanya 40.000 wirausaha baru sektor ini ke depan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Pariwisata ini menjadi tulang punggung perekonomian. Kami targetkan 40.000 wirausaha baru sektor pariwisata,” ujar Wakil Gubernur, Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Sebenarnya 200.000 target wirausaha baru Jakarta. Tetapi sektor wisata hanya 20 persen, selebeihnya untuk berbagai sektor.

Seperti diketahui bahwa kota- kota besar di Asia seperti Jepang, China, Singapore menjadikan sektor wisata salah satu motor perekonomian.

Jakarta memiliki potensi cukup besar dari sejumlah destinasi wisata. Pulau Seribu, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, mal dan sejumlah lokasi kuliner faforit seperti Jalan Jaksa, dan Kota Tua.

Karenanya Sandi mengatakan “Harus totalitas mendukung pariwisata khususnya destinasi wisata Kepulauan Seribu dan Kota Tua,” tegasnya.

Sandi ingin membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah untuk mendukung hal tersebut. “Insya Allah pariwisata DKI jawara di kampungnya sendiri,” haranya.

Sekedar tahu,

Turis Tiongkok atau China masih mendominasi total kunungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke ibu kota Jakarta September 2017.

“Pada September 2017, wisman Tiongkok tetap merupakan wisatawan yang terbanyak masuk ke Jakarta. Sepanjang Januari – September 2017 wisman asal Tiongkok sekitar 12 -15 persen,” ujar BPS Jakarta. (adams)

 




Oktober 2017, Kunjungan Wisman Naik 11.33 Persen

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Oktober 2017 naik 11,33 persen (%) menjadi 1,16 juta kunjungan dibanding jumlah kunjungan pada Oktober 2016, yaitu dari 1,04 juta kunjungan.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan September 2017, jumlah kunjungan wisman pada Oktober 2017 mengalami penurunan sebesar 4,54%.

“Penurunan month to month itu lebih banyak disebabkan dengan adanya penurunan jumlah wisman yang masuk ke Bandara Internasional Ngurah Rai Bali mencapai 15,99% menjadi 462.263,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto di sela konferensi pers, Senin (4/12/2017).

Secara kumulatif (Januari – Oktober) 2017, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 11,62 juta kunjungan atau naik 23,55% dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 9,40 juta kunjungan.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Oktober 2017 mencapai rata-rata 56,93% atau naik 0,80 poin dibandingkan dengan TPK Oktober 2016 yang tercatat sebesar 56,13%.

Sementara itu, jika dibanding TPK
September 2017, TPK hotel klasifikasi bintang pada Oktober 2017 mengalami penurunan sebesar 1,49 poin.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang selama Oktober 2017 tercatat sebesar 1,92 hari, terjadi kenaikan 0,11 poin jika dibandingkan keadaan Oktober 2016. (pemi)




Industri Pariwisata Bali Rugi Terkait Erupsi Gunung Agung

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Belum diaudit berapa besar angka kerugian industri pariwisata Bali menyusul penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai selama 3 hari buntut erupsi Gunung Agung akhir- akhir ini.

“Kalau angka kerugian kita belum tahu persisnya. Tapi saya pastikan miliaran rupiah,” ujar Elly Wante, seorang pedagang cinderamata di daerah Nusa Dua, Bali, Kamis (30/11/2017).

“Kamu juga merasakan sih. Penjualan turun drastis, apalagi mereka yang punya hotel atau tempat wisata, itu pasti besar,” jelasnya.

Senada dikatakan I Nyoman Dharma. “Kalau rugi pasti. Kalau kami besar, penjualan turun hingga lebih dari 50 persen. Pun yang lain saya rasa sama. Cuma gak mau cerita aja mungkin,” imbuh pemilik cafe di Nusa Dua.

Sejauh ini pihak, maskapai penerbangan, travel agent dan PHRI belum bersuara mengenai kerugiannya setelah kasus aktivitas Gunung Agung ini. Pun Dinas Pariwisata Bali belum memberikan komentar mengenai angka kerugian itu.

Seperti diketahui, Bali yang berjuluk Pulau Dewata menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia, sejak dulu karena keindahannya.

“Saya kan biasa tiap hari banyak nge-guidance turis. Sekarang mereka cuma di hotelnya, gak berani keluar. Ya kami para gaet terdampak juga,” ujar Kadek, curhat. (putu)




Industri Pariwisata di Bali Ewes- ewes

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Industri pariwisata di Bali ewes- ewes dalam beberapa hari ke depan menyusul langkah operator Bandara I Gusti Ngurah Rai, stop operasional dalam dua hari ini, Senin (27/11/2017) hingga Selasa (28/11/2017) menyusul Batuk – batuk Gunung Agung sejak kemarin.

“Yang paling terpukul industri pariwisata. Yaa kita berdoa saja supaya aktivitas Gunung Agung segera berakhir,” ujar Ni Made Arwina, pelaku usaha di daerah Nusa Dua Bali, Senin (27/11/2017).

Senada dikatakan I Gede Mastika, pengusaha setempat. “Bali ini kan hidup dari pariwisata. Jadi kalau ada sedikit saja masalah pasti dampaknya besar. Yaa seperti Gunung Agung ini. Kita pengusaha pasti rugi besar. Bandara kan ditutup, jadi pariwisata gak bisa datang. Kemudian yang di sini juga mereka was- was. Kita sama- sama berdoa supaya ini segera berakhir,” pintanya.

Dia memastikan semua pelaku usaha merasakan dampak ini dan kerugiannya sangat. “Ya pasti. Kerugian kita angkanya entahlah, tapi pasti besar. Apapun  usahanya, pedagang makanan, cafe, resto, hotel, bis travel, taxi atau apapun, ikut merasakan. Ini sangat besar dampaknya. Karena Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai hari ini resmi stop operasional selama 24 jam. Turis baru gak bisa masuk dan turis yang sedang di Bali pasti bertahan di hotel, gak berani keluar,” tandasnya.

Sebelumnya Kabid Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim, Selasa di Bali (28/11/2017) pagi ini mengatakan : “Membahayakan penerbangan karena ruang udara tertutup debu vulkanik,” ujarnya.

Penutupan bandara yang merupakan pintu gerbang pariwisata internasional terbesar ini kata dia berlaku sejak pukul 07.15 WITA hingga pukul 07.00 WITA pada Selasa esok (28/11/2017). (putu)

 




Nikmati Keindahan Wisata Danau Sentani Papua

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Apa yang muncul di benak sebagian orang jika mendengar wisata di papua? Tentunya sebagian besar orang akan mengingat raja ampat, namun wisata di pulau papua tidak hanya raja ampat, ada banyak lokasi wisata yang menarik dapat memberikan rasa nyaman dengan keindahan alam yang menenangkan.

Wisata ke Danau Sentani merupkaan danau terbesar di Papua ini berada di Kabupaten Jayapura. Sangat mudah diakses karena berada dekat dengan Bandara Sentani, pintu masuk jalur udara kawasan Jayapura.

Danau Sentani memiliki luas sekitar 9360 hektar dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut, danau ini terbentang dari mulai kota Jayapura hingga kabupaten Jayapura, Papua. Danau ini dihiasi oleh pulau – pulau kecil di sekitarnya, ada setidaknya 21 pulau yang terlihat di sini.

Danau ini terbentang luas antara kota jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Luas danau ini kurang lebih 9.360 hektar dan berada pada ketenggian 75 di atas permukaan laut sehingga danau ini menjadi danau terbesar yang ada di pulau Papua.

Tidak hanya danau yang luas, namun keistimewaan danau ini adalah terdapat pulau-pulau kecil yang indah yang berada ditengah-tengah danau. Ada 21 buah pulau kecil yang menghiasi danau ini sehingga danau ini semakin terlihat eksotis dan sangat istimewa.

Masyarakat Papua memiliki acara atau festival tersendiri untuk danau ini, yang diberinama dengan Festival danau Sentani yang biasanya di adakan pada bulan juni setiap tahunnya. Acara dari festival danau sentani adalah tari-tarian di atas perahu, tarian khas Papua, upacara adat dan wisata kuliner.

Apalagi berkunjung ke Danau Sentani di saat festival tahunan Festival Danau Sentani yang biasa berlangsung tiap bulan Juni. Danau Sentani akan dipenuhi wisatawan domestik maupun asing.

Sekedar tahu, nama dari Danau Sentani memiliki arti yakni Sentani ”di sini kami tinggal dengan damai“, nama ini sendiri pertama kali muncul di proklamasikan oleh pendeta Kristen BL Bin ketika dia berkunjung ke sana di tahun 1989.

Pulau – pulau yang menghiasi Danau Sentani kini sudah ramai menjadi pusat kegiatan warga, para pelancong wisata Danau Sentani pun bisa dengan mudah mendatkan tuntunan ketika ingin mengeksplor keanekaragaman bentuk wisata di derah tersebut.

Danau sentani berjarak kurang lebih 50km dari Jayapura namun tetap mudah di jangkau. Dan untuk menjamu para wisatawan, di danau ini juga telah disediakan perahu yang dapat membawa wisatawan untuk mengelilingi danau sentani.

Sehingga para wisatawan dapat menikmati indahanya danau Sentani juga menikmati tatanan pulau-pulau kecil yang sangat indah. Keheningan dan air yang tenang menjadikan Anda dapat merasakan ketenangan dalam jiwa setelah merasakan lelah bekerja atau lelah akan rutinitas Anda. (*)




Kunjuangan Wisman ke Karimun Jauh dari Target

BATAM, CITRAINDONESIA.COM- Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kabupaten Karimun pada tahun 2017 masih jauh dari target yang direncanakan dari tahun lalu dengan harapan capai 12 ribu kunjungan, namun yang terealisasi hingga September 2017 masih 9 ribu kunjungan.

“Berdasarkan data kunjungan turis asing yang kami terima, memang masih jauh dari target. Data terakhir dua bulan lalu jumlah kunjungan turis asing baru mencapai 9.765 orang. Dari data tersebut diketahui mayoritas kunjungan turis asing itu berasal dari Malaysia dengan persentase 60 persen. Selebihnya dari Singapura dan juga negara lain,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Karimun, Zamri, kemarin (21/11/2017), dilansir dari batampost.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masih rendahnya angka kunjungan turis asing di Karimun. Terutama sekali karena kelesuan ekonomi yang terjadi secara global. Meski demikian, dia tetap optimis jumlah turis asing yang akan ke Karimun nanti sampai dengan akhir tahun bisa mencapai angka 11 ribu orang.

Untuk peningkatan objek wisata, Zamri menyebutkan, untuk tahun depan objek wisata Pantai Pelawan mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,5 miliar.

“Dana tersebut sudah jelas peruntukannya untuk apa saja. Dengan dana tersebut akan dibuat gazebo atau tempat beristriahat bagi pengunjung yang datang ke pantai. Kemudian akan dibangun panggung hiburan untuk mendukung acara-acara yang dilaksanakan di pantai, dan juga pembuatan pintu gerbang,” jelasnya.

Lanjut Zamri, objek wisata lainnya perlahan-lahan akan ditata dan diperbaiki. Sarana dan akses menuju objek wisata juga akan diperbaiki.

“Yang terpenting adalah dukungan masyarakat terhadap objek wisata yang ada. Untuk bersama-sama menjaga dan ada rasa memiliki. Sehingga objek wisata apapun yang ada dapat dijadikan destinasi, tidak saja oleh turis asing, tapi juga turis lokal,” ujarnya. (*)