Rolade Tahu Ayam, Gampang Buatnya dan Enak Rasanya

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Banyak diantara kita yang kadang kala malas menyiapkan hidangan masakan buat menu sehari-hari. Rutinitas sebagai ratu dalam rumah tangga memang sesekali membuat kita bosan dan capek.

Tetapi sebagai seorang ibu, tentu kita selalu dituntut untuk menjadi hebat setiap hari bukan. Terutama dalam rangka menu masakan untuk keluarga di rumah.

Kali ini kita akan membuat suatu resep masakan sederhana dengan bahan dasar tahu dan telur ayam, yaitu resep rolade tahu. Ya, selain tahu, resep masakan rolade bisa kita kreasikan menjadi rolade ayam, rolade daging, rolade mie dan yang lainnya.

Tetapi cara membuat rolade yang paling mudah adalah resep masakan rolade tahu ini. Selain itu, bahan dan bumbu resep membuat rolade tahu ini juga sederhana dan bisa dikreasikan dengan sosis, ayam, daging sapi, kornet, wortel dan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat resep rolade tahu beserta tips cara membuat rolade kukus dan goreng yang mudah dan cepat dibawah ini (dilansir dari resepcaramemasak).

Bahan-bahan Resep Rolade Tahu Ayam Wortel Sederhana

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tahu putih segar kurang lebih sebanyak 3 buah. Cuci tahu sampai bersih sebelum digunakan kemudian cincang tahu putihnya sampai halus.
  2. Daging ayam fillet tanpa tulang kurang lebih sebanyak 250 gram sampai 300 gram saja. Cuci bersih kemudian cincang-cincang sampai halus.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Kupas kulit bawangnya kemudian uleg sampai halus.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Pecahkan telur kemudian kocok lepas di tempat.
  5. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 batang saja. Cuci bersih kemudian rajang halus.
  6. Wortel segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Cuci bersih wortelnya kemudian potong-potong kecil sesuai selera.
  7. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  8. Lada halus sedikit saja sesuai selera.
  9. Penyedap instan rasa ayam secukupnya kalau suka. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  10. Air bersih secukupnya untuk mengukus.
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya dan dadar kulit telurnya.

Cara Membuat Rolade Tahu Wortel Daging Ayam

  1. Langkah pertama siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya.
  2. Masukkan bawang yang sudah dihaluskan ke dalam penggorengan kemudian aduk sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah dicincang halus bersama dengan daun bawangnya kemudian aduk-aduk sampai rata.
  4. Siapkan satu tempat lagi ukuran sedang besar dan masukkan tahu yang sudah dihaluskan bersama dengan irisan wortel, secukupnya garam dapur, penyedap rasa (kalau suka), lada halus dan bumbu yang sudah ditumis diatas kemudian aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata kemudian sisihkan.
  5. Siapkan penggorengan teflon dan beri minyak sedikit saja kemudian masukkan telur kocoknya secukupnya sampai menjadi dadar telur tipis untuk kulitnya. Ulangi sampai selesai adonan kulit roladenya.
  6. Masukkan adonan rolade tahu dan atur dengan rapi diatas dadar telur kulit roladenya kemudian gulung dengan rapi dan beri alas daun pisang atau aluminum foil. Ulangi sampai habis dan adonan sudah digulung rapi.
  7. Siapkan panci kukusan dan kukus rolade tahu diatas sampai matang atau kurang lebih selama 1/2 jam.
  8. Setelah matang angkat dan dinginkan kemudian potong-potong sesuai selera.
  9. Rolade siap dihidangkan atau bisa digoreng sebentar dengan kocokan telur kalau suka.



Aneka Resep Tempe, Ciptakan Rasa Baru

Tempe, olahan fermentasi kedelai ini adalah salah satu makanan yang punya banyak penggemar. Selain bisa dinikmati siapa saja baik tua dan muda, makanan ini juga punya nutrisi tinggi. Bukan cuma kaya dengan protein, karbohidrat, dan lemak, makanan ini juga mengandung kalsium dan zat besi lho.

Namun, gak sedikit dari kita masih memandang sebelah mata pada tempe. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari kita hanya mengolah bahan makanan ini sebagai tempe goreng saja.

Gak heran kalau kamu bosan dan enggan untuk menikmatinya. Alih-alih melupakannya, resep masakan olahan tempe di bawah ini wajib kamu coba untuk merasakan sensasi tempe yang berbeda (dilansir dari hipwee).

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang patut kita jaga. Tanpa melulu cuma digoreng saja, kamu bisa mencoba resep olahan tempe ini agar makanmu menjadi lahap.

1. Olahan grilled tempe yang tak biasa akan memanjakan lidahmu saat menyajikannya

Hasil gambar untuk Olahan grilled tempe

Bosan makan tempe goreng tapi merasa bikin tempe bacem yang manis terlalu ribet? Grilled tempe come to the rescue! Olahan tempe yang satu ini gampang dan praktis banget dibuat.

Bahan yang dibutuhkan :

– Tempe
– Saus barbeque
– Minyak olive atau bisa juga gunakan minyak sayur.

Cara membuatnya:

Potong tempe secara memancang dengan ketebalan 1 – 2 cm. Setelah itu, masukkan dalam mangkok dan campur dengan saus BBQ. Diamkan selama 5-10 menit.

Setelah itu, panggang hingga berwarna coklat. Jadi deh.

Grilled tempe ini bisa kamu nikmati bersama sayur tumis sebagai lauk saat jam makan, atau camilan yang menyenangkan saat kumpul bersama teman-teman. Nah, mudah ‘kan? Kamu berani mencobanya?

2. Agar olahan tempe terasa lain, bikin saja jadi krawu tempe khas Gresik yang rasanya unik.

Hasil gambar untuk krawu tempe

Kamu bosan dengan olahan tempe yang hanya digoreng begitu saja? Gak ada salahnya kamu coba resep baru, yaitu krawu tempe.
Bahannya gak susah kok, kamu hanya perlu menambahkan parutan kelapa ke dalamnya. Selengkapnya, simak saja cara pembuatannya di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan :

– 300 gram tempe, kukus dan potong dadu
– 200 gram kelapa agak muda, parut

Bumbu yang dihaluskan :

– 5 buah cabe rawit
– 5 buah cabe merah
– 3 cm kencur
– 6 daun jeruk purut
– 3 bawang merah
– 2 bawang putih
– 50 gram gula merah
– garam secukupnya
– daun kemangi sebagai garnish

Cara membuatnya :

Pertama-tama siapkan tempe yang sudah dikukus dalam wadah. Lalu campur rata dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
Setelah itu, rebus lagi sebentar agar rasanya lebih nikmat.

Hanya dengan tambahan parutan kelapa dan bumbu tambahan, krawu tempe yang gurih dan lezat siap menjadi teman makan siang.

3. Burger daging sudah terlalu mainstream, kini saatnya burger tempe yang bergizi untuk kamu bikin.

Hasil gambar untuk burger tempe

Burger adalah makanan andalan saat sedang sibuk. Saat sedang tak punya waktu atau sedang dalam perjalanan olahan ini kerap jadi andalan. Gak melulu kudu dibuat dari daging sapi, sekarang kamu bisa bikin dari tempe yang mengadung banyak rendak lemak lho.

Bahan yang dibutuhkan :

– 300 gram tempe
– 2 butir telur
– 100 gram daging giling (tidak wajib)
– 6 pasang roti burger
– tepung
– margarin
– tomat
– selada
– minyak goreng
– garam

Cara membuatnya :

Parut tempe secara perlahan, lalu campurkan dengan daging giling dan garam dalam mangkuk. Aduk rata dan bikin jadi lempengan.

Celupkan lempengan tempe pada telur. Lalu gulingkan pada tepung dan goreng hingga kecoklatan. Olesi permukaan roti dengan margarin.

Barulah tata selada, lempengan tempe, dan di antara roti burger. Jadi deh.

Kamu bisa menikmatinya bersama mayonise atau saus pedas. Olahan ini bisa kamu buat sebagai bekal makanan pada orang-orang tersayang.

4. Kamu ingin merasakan sensasi sambal yang berbeda? Bikin saja sambal tempe bakar yang lezat.

Gambar terkait

Tempe tak hanya bisa dibikin lauk lho, sekarang juga bisa membuatnya menjadi sambal. Dengan tambahan cabai dan bumbu lain, sajian sambal tempe bakar sedap bisa bikin sajianmu makin nikmat. Cara membuatnya juga gampang kok.

Bahan yang dibutuhkan :

– 250 gram tempe
– 100 ml minyak sayur
– 3 cm kencur
– 1 sdm gula merah
– 1 sdt garam
– 5 buah cabai merah
– 4 butir bawang merah
– 2 buah cabai rawit hijau
– 2 siung bawang putih

Cara membuatnya :

Pertama-tama, panggang tempe hingga kecoklatan. Sembari menunggu, goreng semua bumbu dan haluskan pada cobek.

Setelah itu masukkan tempe dan haluskan hingga rata. Jangan lupa tambahkan seidkit minyak sayur ya. Sambal tempe bakar siap dinikmati bersama nasi putih hangat. Mak nyus.

5. Kabar bahagia bagi kamu yang vegetarian : bakso juga bisa diolah dari tempe yang berprotein tinggi lho!

Hasil gambar untuk bakso tempe

Kamu seorang vegetarian dan mencoba menghindari daging-dagingan? Selain resep vegetarian yang sudah dijelaskan Hipwee di sini, kamu juga bisa membuat bakso dari tempe yang berprotein tinggi lho. Caranya membuatnya juga cukup mudah kok.

Bahan yang dibutuhkan :

– 250 gram tempe
– 1 sdt garam
– 4 siung bawang putih, haluskan
– 1 cm jahe, dicincang
– 1/2 sdt kecap
– tepung roti
– 3 telur
– parutan keju (tidak wajib)

Cara membuatnya :

Pertama-tama, potong tempe menjadi dadu dan taburi garam diatasnya. Setelah itu, tumis tempe pada wajan berisi minyak hingga sedikit coklat.

Tambahkan bawang putih jahe, kecap, tepung roti, keju dan kocokan telur pada wadah. Uleni bersama potongan tempe. Buatlah bulatan kecil dari adonan itu. Lalu panggang dalam oven hingga kecoklatan.

Bakso tempe ini bisa kamu nikmati bersama saus atau ditumis lagi bersama cabai hijau. Mudah ‘kan? Nilai proteinnya gak kalah sama daging kok.

Selamat mencoba.




Wajib Dicoba! Kuliner di Warung Mi Instan Kekinian

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Akhir pekan adalah waktu yang asik untuk wisata kuliner. Tidak ada salahnya Anda break sejenak dari pola makan sehat sehari-hari untuk mencoba sensasi makanan baru.

Salah satunya adalah mi instan. Saat ini sudah cukup banyak warung mi instan yang menawarkan pilihan-pilihan mi instan yang unik sehingga patut untuk Anda coba.

Mi instan dikenal sebagai makanan yang praktis dalam hal pembuatan serta nikmat di mulut. Nah, untuk mengisi acara kuliner di akhir pekan, Anda bisa mencoba olahan mi instan yang berbeda dari biasanya.

Berikut daftar warung mi instan atau kafe yang menyajikan olahan mi instan istimewa (dilansir dari astralife):

1. Mix Diner and Florist – Jakarta

warung mi kekinian

Di sini merupakan warung mi instan jika Anda ingin menikmati Indomie yang disajikan persis dengan bungkusnya. Jika gambar di bungkus adalah mi goreng dengan telur ceplok, irisan tomat, selembar selada, udang rebus dan acar timun di piring hitam, maka seperti itu pulalah mi goreng yang disajikan di hadapan Anda.

Kafe ini memiliki 3 menu andalan. Pertama adalah MieMirip Goreng, kemudian MieMirip Kari Ayam, dan ketiga adalah MieMirip Ayam Bawang.

Selain itu kafe ini juga menyajikan MieMirip Goreng Jumbo, MieMirip Rendang, MieMirip Bakso, dan MieMirip Bulgogi. Ingin mencoba kreasi mi mereka?

2. Warung Instamie – Jakarta & Bandung

Instamie-EDV_4648

Mengusung konsep Instagram dan mi instan, warung mi instan dengan nama Warung Instamie hadir di Jakarta dan Bandung. Untuk Jakarta, Instamie berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya No 349C, sedangkan untuk Bandung terletak di Jalan Tamansari No 15.

Olahan mi instannya dijamin menggugah selera makan. Coba saja Instamie Burger, yang roti burgernya diganti dengan mi instan renyah ketika digigit.

Keberadaan lelehan keju dan daging menambah gurihnya burger, yang semakin seru dengan keberadaan daun selada yang segar. Untuk menu ini Anda bisa mengatur tingkat kepedasan saus burgernya. Seru kan?!

3. Mamammie – Jakarta

Merger-1020x680-mamammieid

Bosan makan mi dengan telur dan sayur? Saatnya mencoba sajian mi instan unik ala warung mi instan Mamammie yang terletak di Jalan Petogogan I No 6C, Jakarta.

Mi diolah menjadi Macos (semacam nachos dengan saus bolognese), Muritto (mi yang menjadi isian buritto), Merger (mi menjadi pengganti roti burger), Mizza, Miushi (mi pengganti nasi pada sushi), dan Misatsu (mi masak kuah yang dilengkapi dengan chicken katsu dan sayuran).

Sensasi lain yang ditawarkan kafe ini adalah mi yang disajikan dengan topping yang bisa Anda pilih sendiri. Misalnya mi goreng ditambah dengan topping sate padang, topping teri medan goreng kacang, atau topping oseng rawon. Dijamin rasanya yang kaya bisa membuat lidah Anda bergoyang.

4. Travel Mie – Tangerang

travel_mie

“Puncaknya Tangerang 0013 MDPL” tagline di warung mi instan Travel Mie yang terletak di Jalan Kisamaun No 154, Cipondoh, Tangerang.

Kafe ini menawarkan konsep menyantap mi instan di ‘pegunungan’. Maka jangan heran jika interior kafe dilengkapi dengan wallpaper pegunungan, tenda, hammock, kayu api unggun, efek kabut, hingga efek suara gunung erupsi.

Konesp yang unik ditambah dengan menu mi instan yang juga berbeda dari biasanya, menawarkan sensasi tersendiri. Anda bisa pesan Indomie kuah Yakult yang diberi potongan daging sapi asap.




Resef Gado-gado Enaak

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Gado-gado merupakan salah satu makanan yang berasal dari Betawi yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur.

Dilansir dari resepcaramemasak, ada beberapa macam resep bumbu gado gado yang ada di negara kita, seperti gado gado Betawi, gado gado Bali, gado gado siram, gado gado Jakarta atau mungkin yang sekarang paling terkenal adalah Gado gado Boplo.

Sebenarnya makanan yang mengandung banyak sayuran ini hampir mirip dengan resep pecel atau resep ketoprak. Tetapi sebenarnya sih beda. Kesamaannya mungkin terletak pada penggunaan saus kacangnya. Walaupun begitu, cara membuat gado gado ternyata beda lho dengan resep resep tadi.

Bahkan cara membuat Resep Gado gado Betawi, Resep Gado gado Bali dan Gado gado Jakarta pun memiliki sedikit perbedaan yang menjadi ciri khas dari masing masing resep tersebut.

Untuk kali ini, kita tidak akan membahas masing masing jenis gado gado, tetapi resep spesial yang kami berikan tidak kalah enak dan lezat lho dibandingkan resep resep di atas.

Mirip dengan Karedok, resep Gado gado spesial ini juga menggunakan berbagai macam sayuran, seperti buah ketimun, kangkung, kecambah atau tauge, kacang panjang dan yang lainnya.

da juga tempe dan tahu goreng yang dipotong kecil kecil yang memang merupakan salah satu ciri gado gado. Perbedaan utama dari kedua macam resep tersebut adalah proses pemasakan sayurannya.

Untuk resep gado, semua sayuran di atas dimasak terlebih dahulu sedangkan karedok semua sayurannya segar. Keduanya juga memakai sau kacang dan biasanya krupuk sebagai pelengkap. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat gado gado spesial dan bumbu nya di bawah.

Bahan dan Bumbu Gado gado Spesial
  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 150-200 gram tahu atau sekitar 3-4 potong ukuran besar. Sebenarnya bisa memakai tahu apa saja tapi lebih enak kalau memakai tahu putih.
  2. Tempe yang bagus dan baru sebanyak kurang lebih 150-200 gram. Gunakan tempe yang baru supaya hasilnya lebih enak.
  3. Telur ayam yang sudah direbus sebanyak kurang lebih 2-3 butir. Kupas kulitnya dan potong kecil kecil.
  4. Tauge segar dan bagus sebanyak kurang lebih 160 gram. Cuci bersih dan buang bagian bawahnya (akar) sebelum di rebus.
  5. Kacang panjang segar sebanyak 150 gram juga. Potong ujung ujungnya, cuci bersih dan potong potong kecil sepanjang kurang lebih 2-3 cm.
  6. Daun selada segar sebanyak 150-200 gram. Gunakan selada keriting dan potong kecil kecil (bisa dihilangkan kalau tidak suka).
  7. Ketimun ukuran sedang besar sebanyak 1 buah. Cuci bersih da kupas kulitnya sebelum digunakan.
  8. Pare secukupnya.
  9. Sayuran Kol sebanyak 100 gram. Cuci bersih sebelum direbus dan potong potong kecil juga.
  10. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 7 pcs. 5 pcs dihaluskan untuk membuat saus kacangnya dan 2 pcs untuk celupan tahu dan tempe sebelum digoreng.
  11. Kacang tanah yang sudah di goreng sangrai sebanyak 250-280 gram. Jangan lupa buang kulitnya sebelum di tumbuk halus untuk saus kacangnya (bumbu saus kacang).
  12. Buah cabai rawit merah secukupnya. Tergantung selera, mau banyak untuk yang suka pedas atau sedikit saja untuk yang tidak suka (bumbu saus kacang).
  13. Santan sebanyak kurang lebih 500 ml. Lebih baik diambil dari perasan kelapa yang diparut supaya lebih legit (bumbu saus kacang).
  14. Air asam jawa sebanyak kirang lebih 3 sendok makan (bumbu saus kacang).
  15. Daun jeruk purut sebanyak kurang lebih 4-5 lembar (bumbu saus kacang).
  16. Gula merah yang bagus sebanyak kurang lebih 50-60 gram. Potong meyamping atau disisir supaya lebih mudah dicampur dengan bahan lain (bumbu saus kacang).
  17. Garam secukupnya untuk celupan tahu tempe dan saus kacangnya (kurang lebih masing masing butuh 1 sendok makan).
  18. Ketumbar secukupnya (kurang lebih 3/4 sendok kecil) untuk bumbu celupan tempe dan tahu.
  19. Air bersih matang secukupnya untuk mencampur saus kacang dan bumbu tempe tahunya.
  20. Minyak secukupnya.
  21. Bahan pelengkap sesuai selera, seperti bawang goreng, kerupuk udang, emping goreng, dll.
Cara Membuat Resep Gado gado enak dan mudah
  1. Pertama tama kita akan membuat saus kacangnya dulu. Tetapi sambil menunggu saus kacangnya jadi, teman teman bisa merebus semua bahan sayurannya sampai matang atau agak matang kemudian dipotong potong sesuai selera.
  2. Siapkan penggorengan dengan api kecil sedang dan beri minyak sedikit untuk menumis.
  3. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, cabe rawit dan 4-5 lembar daun jeruk purutnya. Tumis dan aduk aduk sampai tercium bau harumnya.
  4. Masukkan santan yang sudah disiapkan dan aduk aduk sampai tercampur sempurna dengan bumbu tumisan diatas.
  5. Masukkan kacang sangrai yang sudah dihaluskan. Campur dan aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan santannya mendidih.
  6. Langkah berikutnya masukkan air asam jawa dan gula merah yang sudah disisir halus. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  7. Masukkan garam dapur beryodium secukupnya. Aduk aduk kembali sampai aroma gula merah dan kacangnya tercampur dan tercium harum.
  8. Langkah berikutnya menggoreng tahu dan tempenya. Tetapi kita bikin celupan atau rendaman buat tahu dan tempe supaya lebih gurih.
  9. Haluskan bawang putih dan ketumbarnya.
  10. Beri air secukupnya dan tambahkan garam dapur beryodium secukupnya.
  11. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak secukupnya.
  12. Masukkan tempe dan tahu yang sudah dicelup sebelumnya ke dalam bumbu celupan.
  13. Bolak balik tahu dan tempe sampai mberwarna kecoklatan dan matang.
  14. Angkat dan potong kecil kecil.
  15. Ambil sayuran yang sudah matang dan dipotong potong.
  16. Taruh di atas piring secukupnya. Beri sedikit tahu, tempe dan telur rebus yang sudah dipotong kemudian siram dengan saus kacangnya sesuai selera.



Wajib Dicoba! 5 Nasi Gudeg Paling Enak di Jakarta

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini.

Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Berikut 5 nasi Gudeg paling enak di Jakarta, dilansir dari Qraved:

1. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro adalah satu satu gudeg yang paling legendaris di Indonesia! Yup, kenikmatan gudeg asli Jogjakarta ini emang udah dikenal dimana-mana! Gudeg disini pas banget rasa manisnya!

Kadang emang kita menemukan gudeg yang rasanya kelewat manis, nah tapi di Gudeg Bu Tjitro rasanya pas banget. Kreceknya juga juara banget, teksturnya pas, kenyal dan gak alot! Gak salah deh kalo Bu Tjitro makin melegenda!

2. Gudeg Bu Gito

Gudeg yang satu ini juga ‘diimport’ langsung dari Jogjakarta. Gudeg Bu Gito termasuk dalam kategori gudeg kering, karena memang gudegnya cenderung tidak basah (memang terdapat jenis gudeg basah dan kering).

Karena gudegnya kering, rasa bumbunya justru makin kuat, enak banget deh! Dari segi rasa, gudeg Bu Gito juga gak kelewat manis, dan lauk-lauk pendampingnya juga nendang banget rasanya!

3. Gudeg Kandjeng

Gudeg Kandjeng adalah salah satu tempat makan gudeg yang paling terkenal di Jakarta. Lokasi yang strategis (dekat lapangan tenis bulungan) membuat banyak banget orang yang tau lokasi rumah makan yang satu ini.

Untuk soal rasa, gudeg disini salah satu yang paling enak di Jakarta! Nasi gudeg disini berasa banget santennya! Pindang telur dan tahunya juga enak banget. Buat yang suka pedes, sambel disini enak banget!

4. Gudeg Pejompongan

Tempat ini juga udah terkenal banget sebagai salah satu restoran dengan gudeg paling enak di Jakarta. Gudeg disini termasuk dalam kategori gudeg basah, karena emang kuah santannya cukup royal.

Krecek disini juga super enak, kenyal, sama sekali gak alot. Ayamnya juga empuk, bumbunya berasa banget. Seporsi gudeg disini bisa kamu dapetin dengan harga Rp30.000,-an. Tapi tenang aja, porsinya gede banget! Jadi worth it banget!

5. Gudeg Pak Atmo

Kualitas gudeg di restoran yang satu ini gak bisa diragukan lagi deh! Wajar aja, karena bapak Atmo dulu adalah mantan kepala koki di Istana Mangkunegara pada tahun 1927, wah gokil!

Jadi rasanya bener-bener autentik rasa Jawa! Gudeg disini cenderung lebih manis, konon katanya, gudeg asli memang cenderung lebih manis. Tapi bener-bener enak deh gudeg kreasi bapak Atmo! (*)




5 Warung Sop Buntut Enak di Jakarta

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Saat cuaca dingin datang, menyantap hidangan berkuah yang hangat bisa jadi pilihan yang tepat. Selain bakso dan soto, tentunya sop buntut jadi menu berkuah favorit banyak orang Indonesia.

Isiannya, sih, pada dasarnya sama, yaitu potongan buntut yang direbus maupun dibakar, dinikmati dengan kuah berisi irisan wortel, tomat, daun bawang, dan kentang. Kuahnya sendiri terasa khas di lidah, berasal dari racikan berbagai macam rempah-rempah menggoda selera.

Dari pada makin ngiler, buruan simak 10 kedai yang menyajikan sop buntut enak di Jakarta berikut ini (dikutip dari pegipegi):

1. Sop Buntut Ibu Samino Senayan

Nikmatnya 10 Kuliner Sop Buntut Rekomendasi Pegipegi diJakarta

Terletak di jalan Tentara Pelajar No. 22, Arteri Permata Hijau, Kebayoran Lama, Sop Buntut Ibu Samino menyajikan berbagai macam hidangan sop buntut. Kamu bisa pilih sesuai selera di antara empat menu jagoan, seperti Sop Buntut Goreng, Sop Buntut Bakar, Sop Buntut Balado, atau Sop Buntut Sambal Ijo.

Sementara untuk menu berkuah di Sop Buntut Ibu Samino, kamu bisa pilih Sop Iga, Sop Daging, Sop Paru, dan Sop Ayam. Ada juga menu soto berkuah santan seperti Soto Daging, Soto Kaki, Soto Campur, juga Soto Ayam.

Nah, harga yang dipatok untuk seporsi sop buntut pun terjangkau, kisaran Rp 31.000* – Rp 66.000*. Pastikan berkunjung ke sini sebelum jam makan ya, soalnya antrean panjang selalu terjadi, nih!

2. Sop Buntut Ibu Henny

Nikmatnya 10 Kuliner Sop Buntut Rekomendasi Pegipegi di Jakarta

Mencari sop buntut legendaris di Jakarta? Yuk, berkunjung ke Sop Buntut Ibu Henny di jalan Boulevard Raya Blok WB 2 No. 12, Kelapa Gading! Kedai sop buntut yang berdiri sejak 20 tahun lalu ini juga mempunyai cabang di Sunter dan Pluit, buka pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Dengan slogan “Dijamin enak, tidak enak gratis”, kedai ini memiliki menu andalan Sop Buntut Bakar, Sop Buntut Goreng, Sop Buntut Kuah, Sop Buntut Rica-rica, Sop Buntut Saus Padang, dan Sop Buntut Saus Cabe Hijau.

Kamu tinggal pilih mau daging buntut sapi lokal Rp 65.000*, atau buntut sapi Australia seharga Rp 110.000*. Empuknya daging dan gurihnya kuah sop buntut di kedai Ibu Henny pasti menggoyang lidah kamu!

3. Sop Buntut Haji Soedik

Nikmatnya 10 Kuliner Sop Buntut Rekomendasi Pegipegi di Jakarta

Kedai Sop Buntut H. Soedik adalah salah satu kedai sop buntut yang memiliki racikan bumbu istimewa. Berlokasi di jalan Danau Sunter Utara, Ruko Metro Sunter dan terdiri dari dua lantai, menu yang ditawarkan restoran H. Soedik hanya ada dua, Sop Buntut Rp 90.000* dan Sop Buntut Goreng Rp 95.000*. Saking nikmatnya, pelanggan restoran Sop Buntut H. Soedik ini pun berasal dari berbagai kalangan, bahkan banyak di antaranya adalah orang Jepang.

4. Dapur Buntut

Nikmatnya 10 Kuliner Sop Buntut Rekomendasi Pegipegi di Jakarta

Ingin mencicipi keunikan sop buntut yang dikemas secara berbeda? Yuk, kunjungi Dapur Buntut di jalan K.H. Abdullah Safei No.50 D, Jatinegara. Di sini ada menu Sop Buntut Karamel, dengan paduan rasa manis dan pedas dari lada hitam yang siap menggugah selera makanmu.

Nikmati dengan nasi putih dan kuah kaldu hangat, dijamin puas sampai suapan terakhir! Harganya pun terjangkau, Sop Buntut Karamel Rp 55.000* dan Sop Buntut Panggang Rp 55.000*.

Ada juga menu andalan lainnya seperti Iga Panggang BBQ Rp 40.000* dan Sop Buntut Tulang Lunak Rp 50.000*. Catat waktu operasionalnya, kedai Dapur Buntut buka pukul 10.00 – 22.00 WIB. Selamat mencoba!

5. Sop Buntut Mangga Besar

Nikmatnya 10 Kuliner Sop Buntut Rekomendasi Pegipegi di Jakarta

Restoran sop buntut legendaris yang satu ini berlokasi di jalan Mangga Besar 1 No. 49, Jakarta Pusat. Buka sejak tahun 1999, sekali mencoba sop buntut di kedai ini pasti akan datang lagi.

Didukung kualitas masakannya yang nggak perlu diragukan lagi, nggak heran pengunjungnya pun banyak dari ekspatriat. Ngetop dengan sebutan Sob Buntut Mabes (singkatan dari Mangga Besar), hidangan di sini memakai daging yang teksturnya empuk, khusus diimpor dari New Zealand.

Alhasil, buntut yang disajikan memiliki porsi daging lebih banyak dibanding lemaknya. Siapkan dana sekitar Rp 100.000* per orang untuk seporsi sop buntut serta nasi, dan minum. (*)




Gemar Bakso? Ini 5 Rekomendasi Bakso Terenak di Jakarta!

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Cuaca tak menentu seperti yang terjadi ke belakangan, sering terjadi hujan. Biasanya, nafsu makan di saat cuaca dingin seperti ini meningkat draktis.

Tak sedikit orang yang memilih untuk memilih makanan yang berkuah, pedas, dan yang pasti rasanya enak dan nikmat hingga mampu menggoyang lidah. Seperti mie atau bakso yang biasa menjadi favorite banyak orang.

Seperti dikutip citraindonesia.com dari laman jajanbeken, di Jakarta, Senin (13/11/2017), berikut rekomendasi bakso di Jakarta yang terkenal dam harus kami nikmati kelezatannya.

Bakso itu bisa dibilang rajanya jajanan kaki lima di Indonesia yang rasanya paling pecah dan tidak ada duanya. Kenyal, gurihnya bakso dan nikmatnya kuah bakso pasti mampu melelehkan hati dan bikin ketagihan siapapun termasuk saya dan mungkin kamu.

Bakso terenak memang selalu jadi kuliner favorit warga Indonesia. Tak heran kalau inovasi olahan bakso pasti hadir untuk jadi pilihan kamu. Pada saat ini kita sering dihebohkan dengan kehadiran kuliner bakso yang penyajiannya terbilang cukup unik. Mulai dari ukurannya, isiannya, hingga penyajiannya yang tak biasa.

5 Bakso Terenak di Jakarta

Nah, buat kamu yang ngaku pencinta makanan bola-bola daging alias bakso, kamu wajib datang dan coba langsung kelezatan bakso dengan cita rasa yang berbeda dari kebanyakan bakso yang ada di Jakarta ini. Penasaran? Yuk kita simak!

1. Bakso Solo Samrat Kelapa Gading, Jakarta Utara

Gambar terkait

Siapa sih yang gak kenal sama Bakso Solo Samrat ini. Bakso terenak ini mempunyai beberapa cabang di Jakarta yang semuanya dipadati oleh banyak pengunjung. Oh ya, Bakso ini berasal dari kota Makassar yang berada di jalan Sam Ratulangi, untuk jenisnya bakso ini termasuk kedalam tipe Bakso Solo. Nah, jadi tau kan kenapa nama Bakso Hits Jakarta ini diberi nama Bakso Solo Samrat.

Saya sering mencoba Bakso Solo Samrat ini yang berada di Kelapa Gading. lokasinya berada di jalan Boulevard Raya Kelapa Gading yang sangat memudahkan kita untuk menemukan tempat bakso terenak ini ketika kita berada di Kelapa Gading.

2. Bakso Mercon Pak Roso Salemba, Jakarta Pusat

Hasil gambar untuk Bakso Mercon Pak Roso Salemba, Jakarta Pusat

Nah, kalau kamu follow akun Instagram Jajanbeken @jajanbeken pastinya kamu telah melihat postingan bakso dari Bakso Pak Roso Salemba ini. Yap bener banget, likenya lebih dari 3000 dan impressionnya mencapai 100K. Ini membuktikan bahwa semua orang memang suka dengan kuliner bakso, oke sip nanti Jajanbeken bakal update lebih banyak lagi tentang bakso terenak ya hehe.

Bakso Mercon Pak Roso Salemba ini berlokasi di Jalan Murthado persis di seberang pasar pramuka. Posisinya berada disebelah kali kecil yang mana di apit oleh dua jalan. Bakso Mercon Pak Roso ini selalu dipadati oleh para pecinta bakso pastinya. Jadi kalau kamu mencari alamat tempat bakso terenak ini sangat mudah, lihat saja di jalan Murthado rumah yang dipadati orang sampai keluar.

3. Mie Ayam Bakso Yunus Tebet, Jakarta Selatan

Hasil gambar untuk Mie Ayam Bakso Yunus Tebet, Jakarta Selatan

Sekarang kita menuju ke bakso enak Jakarta Selatan yuk, katanya ya anak gaul Jekardah itu paling banyak di selatan. Hmm terbukti dengan banyaknya kuliner Jakarta Selatan yang memang gak ada habisnya.

Sama seperti yang aku temukan nih Mie Ayam Bakso Yunus Tebet. Konon katanya, tempat makan Bakso Yunus Tebet ini sudah buka dari puluhan tahun yang lalu loh dan sangat legendaris.

Mie ayam Bakso Yunus yang terletak di samping pasar Tebet Barat memang terlihat biasa saja kalau kita lihat dari tempatnya. Namun kalau kamu sudah mencoba beberapa menu disini hmm dijamin deh kamu bakal jadi pelanggan setia juga sama seperti akoeh.

4. Bakso Mas Kumis Djarum Slipi, Jakarta Barat

Hasil gambar untuk Bakso Mas Kumis Djarum Slipi, Jakarta Barat

Bagaimana dengan kuliner bakso terpopuler Jakarta Barat? Kalau Jajanbeken pasti tidak akan lupa untuk mampir ke Bakso Mas Kumis Djarum ini. Dikenal dengan nama bekennya Bakso Djarum membuat siapa pun yang mendengarnya bertanya-tanya, kenapa di beri nama Djarum?

Apakah terdapat Djarum dalam baksonya (koplak)? Jadi Lokasi dari tempat bakso ini berada di area perkantoran Djarum dan Kumis didapatkan dari ciri sang pemilik yang mana berkumis lebat sehingga menjadikan itu sebagai nama khas dari nama tempat untuk bakso ini.

Saya datang kesini pada saat jam makan siang di hari sabtu. Untuk mendapatkan tempat parkir memang cukup sulit, saya mendapatkan parkir yang lumayan jauh dari tempat bakso ini.

Yap bener banget, bakso Djarum ini sangat dipadati sekali para pengunjung sehingga jika kita ingin mendapatkan meja kita harus mengantri terlebih dahulu dan menunggu sampai pengunjung lain telah selesai makan.

5. Bakso Akiaw 99 Mangga Besar, Jakarta Barat

Hasil gambar untuk Bakso Akiaw 99 Mangga Besar, Jakarta Barat

Satu lagi kuliner bakso terenak Jakarta Barat, tepatnya di Magga Besar yaitu Bakso Akiaw 99. Mengetahui Bakso Akiaw 99 ini dari teman saya yang berprofesi sebagai chef.

Jika dia telah merekomendasikan suatu tempat makan pastinya tempat makan tersebut tidak pernah membuat saya kecewa atau tidak puas. Awalnya agak ragu ketika mengetahui tempat ini. Karena yang saya ketahui kebanyakan bakso di Mangga Besar biasanya non halal.

Namun karena teman saya menekankan ini Bakso Halal saya pun bertanya kepada salah satu pekerja di tempat makan ini dan beliau pun mengatakan ini halal. No pork and No lard. Dan ketika cukup lama berada disni banyak juga ternyata wanita berhijab yang datang dan menikmati bakso disini. (*)




Inidia Makanan Favorit Para Pahlawan

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sekian abad berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia tercinta, para pahlawan ini tak kenal kata lelah. Sibuk menyusun strategi membela tanah air pun tak menjadi halangan untuk menyukai banyak hal.

Menyukai kuliner, misalnya. Para pejuang ini memiliki berbagai macam hidangan favorit. Bahkan, salah satu dari mereka meramu sendiri masakan tersebut.

Berikut makanan favorit para pahlawan kita, seperti dikutip citraindonesia.com dari laman bintang, di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

1. Soekarno

Gambar terkait

 

 

Siapa tak kenal presiden pertama Republik Indonesia ini? Ternyata makanan pokok Bung Karno adalah nasi jagung. Beliau pernah mengungkapkan bahwa jagung melambangkan dunia tani karena lebih menunjukan kekuatannya bila dibandingkan dengan beras.

Kandungan gula yang dimiliki pun lebih rendah dari nasi ataupun roti. Itu yang menyebabkan jagung lebih menyehatkan. Selain nasi jagung, beliau juga menyukai sayur lodeh, rawon, dan sate, loh!

2. Bung Hatta

Gambar terkait

 

 

 

 

Makanan yang dimakan Wakil Presiden pertama Indonesia ini bermacam-macam. Namun beliau lebih mengutamakan sayur-mayur. Bung Hatta lebih suka memakan sayur daripada buah-buahan. Makanan yang beliau sukai pun beragam, seperti sambel goreng buncis, tumis kangkung, sayur bening bayam, sayur asem, semur tebu telur, singgang ayam dan soto.

3. R.A Kartini

Hasil gambar untuk R.A Kartini

 

 

 

Pahlawan yang dikenal sebagai feminis ini juga memiliki banyak makanan favorit. Di antaranya adalah, ayam besengek, bebek betutu, ayam bakar siliwangi, gapitan daging Kediri, dan ayam goreng kembang desa.

4. Pangeran Diponegoro

Hasil gambar untuk Pangeran Diponegoro

 

 

Lahir dengan nama asli Bendara Pangeran Harya Dipanegara, beliau merupakan tokoh besar dalam sejarah Indonesia yang mengobarkan Perang Jawa (1825-1830). Perkara makanan, beliau sangat selektif. Makanan yang biasa dimakan antara lain roti putih, serta kentang Belanda yang dimakan dengan sambal dan keripik

5. Bendara Raden Mas Dorodjatun

Hasil gambar untuk Bendara Raden Mas Dorodjatun

 

Lebih dikenal dengan Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Beliau adalah salah seorang Sultan yang pernah memimpin di Kasultanan Yogyakarta (1940-1988) dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang pertama setelah kemerdekaan Indonesia. Makanan kesukaannya ialah bebek suwar-suwir yang diciptakannya sendiri. Bebek ini disajikan seperti steak dengan setup nanas.

6. Cut Nyak Dhien

Gambar terkait

 

Pahlawan yang terkenal karena berjuang dengan gigih melawan Belanda saat perang Aceh. Makanan kesukaannya adalah gulèe eungkôt kreuling. Hal itu diketahui saat sang pahlawan Aceh ini bertemu dengan Habib Meulaboh, sekitar tahun 1900. Saat itu, Habib sudah menyediakan gulèe eungkôt kreuling untuk menyambut kedatangan Cut Nyak yang datang diam-diam agar tidak diketahui Belanda.

Ternyata pahlawan juga memiliki banyak makanan favorit ya! Apa makanan kesukaanmu sama seperti para pejuang di atas?




Megawati dan Menteri Makan Mi Jawa Menanti Akad Nikah Kahiyang Ayu- Bobby

SOLO, CITRAINDOMESIA.COM- Siapa sangka para elit negeri ini mau makan di pinggir jalan. Adalah Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Setkab Pramono Anung, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Djarot Syaiful Hidayat hingga Rano Karno, menikmati jajanan Mi Jawa sembari menunggu acara pernikahan Putri sematawayang Persiden Joko Widodo- Iriana Joko Widodo yakni Kahiyang Ayu- Bobby Nasution di Gedung Graha Saba, Solo (Jateng).

“Kita lagi nunggu Bu Mega, beliau mau makan mi Jawa, yang lucunya nama warungnya Pak Dul,” ujar pemeran film Si Doel, Rano Karno, melalui pesan singkatnya, Rabu (7/11/2017).

Konon kabarnya Mi Jawa Pak Dul itu sangat terkenal karena rasanya yang enak, ada pedasnya dan kerupuknya gurih. Maka pernikahan putri Jokowi ini juga mendatangkan rezeki bagi para pedang dan kuliner rakyat kecil.

Sekedar tahu, sejumlah menteri, elit politik, Duta Besar negara sahabat, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan keluarga hingga para selebriti telah tumplek di Kota Solo, untuk melihat acara pernikahan yang diklaim beberapa pihak yang terviral tahun 2017 ini.

Bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla dipastikan sebagai saksi pada pernikahan Kahiyang Ayu- Bobby Nasution pagi ini atas permintaan Presiden Jokowi dan ibu Iriana sekeluarga. Pernikahan ini dilaksanakan dengan adat Jawa.

Namun dari pihak mempelai pria Bobby Nasution, nanti juga akan dilaksanakan pesta dengan acara adat batax tapanuli selatan di Medan (Sumut). (isman)

 




Medan Par Par, Kuliner Oleh-Oleh Medan ala Oki Setiana

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pereran tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih, Oki Setiana Dewi (28) kembali mengembangkan sayap bisnisnya di bidang bisnis kuliner di Medan bernama Medan Par Par, setelah sebelumnya di Surabaya.

“Nama Medan Par Par diambil dari Bahasa Batak yaitu Par Par yang artinya berlipat ganda. Saya berharap bisnis kuliner saya ini bisa berlipat ganda, atau bisa menghadirkan cabang cabang di mana-mana namun masih di wilayah Medan, karena ini oleh-oleh khas Medan,” kata Oki Setiana Dewi dalam pers rilisnya yang diterima Warta Kota, Minggu (5/11/2017) malam, dikutip dari tribunnews.

Menurut Oki, Medan adalah kota besar ke-3 di Indonesia yang memiliki banyak destinasi pariwisata yang indah, serta tingkat kunjungan wisatawan di Medan pun naik terus persentasenya dari tahun ke tahun.

“Baik turis lokal maupun mancanegara. Medan juga sudah menjadi pusat bisnis besar di Sumatera. Warga Medan pun saya lihat sangat senang berwisata kuliner. Melihat potensi ini saya yakin bisnis oleh-oleh memiliki peluang untuk berkembang dengan baik di Medan,” ucapnya.

“Karena saya sering bolak balik ke Medan, kemudian membuat saya pada akhirnya membuka toko oleh-oleh ini,” sambungnya.

Oki menambahkan, Medan Par Par sendiri menawarkan sesuatu yang berbeda dari beberapa usaha kue, yang dimiliki oleh artis-artis yang sudaha ada di Medan sebelumnya.

“Medan Par Par menghadirkan tiga macam jenis kue yaitu Pastry, Bolu, dan Cake. Hal tersebut dihadirkan mengingat kesenangan setiap orang yang berbeda, sehingga kami hadir dengan tiga varian,” ungkapnya.

Mengenai harga penjualan bisnis kue tersebut, Oki pun memasang harga yang cukup terjangkau bagi warga Medan, yakni mulai Rp65.000 sampai Rp70.000.

“Dengan harga yang terjangkau, Medan Par Par berbeda dengan kue yang ada di Surabaya. Karena setiap daerah punya ciri khas tersendiri. Targetnya sih masyarakat Medan bisa nikmatin kue Medan Par Par ini,” tuturnya.

Rupanya bisnis tersebut sekaligus membuka lapangan usaha dan koneksi bisnis Oki agar bisa terus sukses membuka usaha kuliner kedepannya.

“Medan Par Par bisa dikatakan toko kue oleh-oleh yang lengkap. Selain itu di Medan Par-Par, UKM Medan juga bisa menaruh dagangannya. Jadi Medan Par Par dan UKM akan maju dengan beriringan, sehingga kami bersama-sama memajukan perekonomian kota Medan,” ujar Oki. (*)