2016, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi Capai 4,34

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia tahun 2016 sebesar 4,34, meningkat dibanding IPTIK tahun 2015 sebesar 3,88.

IP-TIK merupakan suatu ukuran standar yang dapat menggambarkan tingkat pembangunan teknologi informasi dan komunikasi suatu wilayah, kesenjangan digital, serta potensi pengembangan TIK.

IP-TIK disusun oleh 11 indikator yang dikombinasikan menjadi suatu ukuran standar pembangunan TIK suatu wilayah. Semakin tinggi nilai indeks menunjukkan potensi dan progress pembangunan TIK suatu wilayah lebih optimum, sebaliknya, semakin rendah nilai indeks menunjukkan pembangunan TIK di suatu wilayah masih belum optimum.

“Dari 176 negara, posisi Indonesia mengalami peningkatan dari rangking 114 pada tahun 2015 menjadi 111 pada tahun 2016. Indonesia termasuk dalam 10 besar most dynamic country untuk kenaikan nilai IP-TIK dari 3,85 pada tahun 2015 menjadi 4,33 pada tahun 2016 (Internatonal Telecommunicaton Union, dalam Measuring Informaton Society Report 2017),” seperti dilansir dari laman BPS, di Jakarta, JUmat (15/12/2017).

11 indikator IP-TIK disusun menjadi 3 subindeks penyusun IP-TIK, yaitu subindeks akses dan infrastruktur, subindeks penggunaan, dan subindeks keahlian.

Nilai subindeks paling tnggi adalah subindeks keahlian sebesar 5,54, diikut subindeks akses dan infrastruktur sebesar 4,88 serta subindeks penggunaan sebesar 3,19.

IP-TIK level provinsi rata-rata mengalami peningkatan dari tahun 2015 ke tahun 2016. Provinsi dengan IP-TIK tertnggi pada tahun 2016 adalah DKI Jakarta, yaitu 7,41. Sedangkan provinsi dengan IPTIK terendah adalah Papua, yaitu 2,41.




Jokowi Teken Perpres Kawasan Sains dan Teknologi

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 106 Tahun 2017 tentang Kawasan Sains dan Teknologi (tautan: Perpres Nomor 106 Tahun 2017 pada 22 November 2017.

Dengan pertimbangan dalam rangka memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri, khususnya industri kecil menengah berbasis inovasi, pemerintah memandang perlu menyediakan layanan bagi industri dalam suatu kawasan yang disiapkan secara khusus, dan wahana yang akan memfasilitasi aliran invensi menjadi inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

“Kawasan Sains dan Teknologi (Science and Technology Park) yang selanjutnya disingkat KST adalah wahana yang dikelola secara profesional untuk mengembangkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan melalui pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan penumbuhan perusahaan pemula berbasis teknologi,” bunyi Pasal 1 ayat (1) Perpres ini.

Sasaran pembangunan dan pengembangan KST, menurut Perpres ini, adalah: a. terwujudnya sinergi fungsi dan peran akademisi, bisnis, dan pemerintah; b. tersedianya lingkungan yang kondusif bagi berlangsungnya kegiatan penelitian, pengembangan, dan bisnis teknologi yang berkelanjutan; c. tumbuh dan terbinanya Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi; d. terwujudnya perusahaan baru yang merupakan hasil Spin Off, dan e. tersedianya layanan teknologi untuk mendukung daya saing industri.

Menurut Perpres ini, dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, KST menyediakan layanan: a. teknis; b. pengembangan teknologi; c. Inkubasi bisnis teknologi; dan d. layanan pendukung.

“KST dapat berupa: a. zona terintegrasi; atau b. zona terkoneksi,” bunyi Pasal 8 Perpres ini.

Zona terintegrasi sebagaimana dimaksud merupakan area yang menyatu dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk pengembangan dan penumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sementara Zona terkoneksi sebagaimana dimaksud merupakan kawasan yang berada di beberapa lokasi yang terpisah namun saling terhubung dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk pengembangan dan penumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penyelenggara KST, menurut Perpres ini, terdiri atas: a. Pemerintah Pusat dan/atau pemerintah Daerah; b. Perguruan Tinggi; dan c. Masyarakat (meliputi: a. Badan Usaha; b. perserikatan; atau c. Perkumpulan).

“Penyelenggara KST sebagaimana dimaksud dapat menyelenggarakan KST secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama,” bunyi Pasal 10 ayat (3) Perpres ini.

Perpres ini menegaskan, syarat pendirian KST paling sedikit memiliki: a. sumber teknologi; b. sumber daya manusia; c. sumber pendanaan; d. lahan/tempat; dan e. bidang fokus yang akan dikembangkan.

“Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan pendirian KST diatur dengan Peraturan Menteri (yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, red),” bunyi Pasal 11 ayat (2) Perpres ini.

Ditegaskan dalam Perpres ini, KST harus memiliki sarana dan prasarana untuk: a. pengembangan teknologi; b. Inkubasi bisnis teknologi; dan c. layanan teknologi

Sarana dan prasarana pengembangan teknologi sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, dapat berupa pusat desain, pusat purwarupa (prototype centre), ruang untuk konsultasi hukum dan kekayaan intelektual, atau bentuk layanan lainnya yang mendukung pengembangan teknologi.

Sarana dan prasarana Inkubasi bisnis teknologi sebagaimana dimaksud dapat berupa kantor bersama, ruang usaha, fasilitasi produksi percontohan, pusat layanan bisnis, ruang pelatihan, akses pembiayaan, atau bentuk layanan lainnya yang mendukung Inkubasi bisnis teknologi.

Sedangkan sarana dan prasarana layanan teknologi sebagaimana dimaksud dapat berupa ruang pelatihan, fasilitas uji produksi, ruang pamer, ruang data dan informasi/dokumentasi, laboratorium uji, jejaring tenaga ahli/pakar, atau bentuk layanan lainnya yang mendukung layanan teknologi.

“Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah menyediakan, mengelola, dan mengembangkan sarana dan prasarana dasar KST khususnya jalan akses, jalan kawasan, drainase, dan pengelolaan limbah, infrastruktur air bersih, listrik, dan teknologi informasi dan komunikasi, serta akses transportasi, baik orang maupun barang menuju KST sesuai dengan tugas dan fungsinya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Pasal 16 Perpres ini.

Penerima Layanan

Menurut Perpres ini, penerima layanan KST dapat berupa: a. tenant KST; dan b. non tenant KST. Tenant KST sebagaimana dimaksud merupakan pihak yang mendapatkan layanan dari KST dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian kerja sama. Sementara non tenant KST merupakan pihak yang mendapat layanan dari KST tanpa perjanjian kerja sama.

Adapun penjaminan mutu pengelolaan dilakukan melalui: a. pendaftaran; b. penilaian; c. pemberian rekomendasi; d. pemeringkatan; e. pembinaan; dan f. Pengawasan.

“Pendaftaran KST sebagaimana dimaksud dikelola oleh Menteri,” bunyi Pasal 25 ayat (2) Perpres ini.

Untuk menjamin mutu penyelenggaraan KST, menurut Perpres ini, Menteri melakukan pengawasan.

“Pengawasan sebagaimana dimaksud meliputi administrasi, teknis, dan kinerja, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Pasal 32 ayat (2,3) Perpres ini.

Perpres ini juga menyebutkan, Menteri melakukan evaluasi untuk menilai Maturitas KST, yang dilakukan berdasarkan indikator pertumbuhan dan perkembangan kinerja KST. Ketentuan lebih lanjut mengenai evaluasi, indikator, dan Maturitas KST diatur dengan Peraturan Menteri.

Adapun mengenai pendanaan penyelenggaraan KST, menurut Perpres ini, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 38 Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2017, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, pada 22 November 2017 itu. (Pusdatin)




Kini Fitur Bookmarks Ada di Twitter

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Twitter terus berusaha membuat para pengguna tertarik menggunakan layanannya dengan merilis berbagai fitur baru. Kini situs microblogging tersebut dilaporkan akan merilis sebuah fitur baru bernama Bookmarks.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (25/11/2017), fitur Bookmarks akan berada di sidebar aplikasi mobile Twitter bersamaan dengan Profile, Lists dan Moments. Berdasarkan keterangan saat demo pada bulan lalu, pengguna cukup menekan ikon “…” dan memilih opsi “add to bookmarks”. Setelah itu, twit secara otomatis akan tersimpan di dalam Bookmarks.

“Kami melewati semua tahapan desain dan memilih satu yang paling mudah dinavigasi untuk diuji bersama komunitas kami. Kalian mengatakan ingin twit bookmark bisa private, jadi hanya kalian sendiri yang bisa melihatnya. Kami terus memikirkannya sambil membuat desain untuk fitur tersebut,” kata staf desainer produk Twitter, Tina Koyama.

Twitter akan merilis fitur Bookmarks secara bertahap. Pasalnya saat ini belum semua pengguna mendapatkan fitur baru tersebut.

Fitur ini dinilai akan berguna ketika telah tersedia untuk semua pengguna. Para pengguna Twitter bisa menggunakan fitur Bookmarks untuk menandai twit yang tidak ingin langsung dibaca.

Tweet 280 Karakter

Bookmarks bukan satu-satunya fitur baru Twitter yang dirilis pada bulan ini. Twitter beberapa hari lalu resmi menambah batasan karakter yang dapat ditulis pengguna pada layanannya. Kini pengguna bisa menulis kicauan mereka di Twitter hingga 280 karakter.

Sebelumnya, fitur ini sudah lebih dulu diuji coba pada September 2017. Ketika itu, Twitter baru menggulirkan kemampuan terbaru ini untuk beberapa pengguna.

Fitur ini akan meluncur secara bertahap untuk seluruh pengguna dan mendukung hampir seluruh bahasa, kecuali Jepang, Korea, dan Mandarin. Alasannya, satu karakter dalam tiga bahasa tersebut dianggap sudah mencakup banyak informasi, sedangkan bahasa lain membutuhkan karakter lebih panjang untuk menyampaikan sesuatu hal.

Keputusan untuk merilis fitur baru ini tak lepas dari kebiasaan para penguna. Menurut Twitter, banyak pengguna merasa terbatas saat membuat twit karena batasan karakter yang ada di layanan tersebut sebelumnya.

“Penelitian kami menunjukkan kurangnya batas karakter membuat orang yang berkicau dalam bahasa seadanya,” ujar Product Manager Twitter, Aliza Rosen, beberapa waktu lalu. (*)




Baru 40 Juta dari 300 Juta Penguna Ponsel Registrasi Ulang!

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kampanye program registrasi ulang kartu prabayar Ponsel kepada warga pada hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta, Minggu.

“Siapa di sini yang belum registrasi? Siapa yang tahu caranya? Ayo netizen asyik supaya registrasi kartu prabayarnya, kalau tidak maka pada Februari 2018 akan dilakukan pemblokiran secara bertahap,” kata Rudiantara dalam acara Siberkreasi Netizen Fair 2017 di Jalan Sudirman Jakarta.

“Jangan menyerah kalau sekali dua kali gagal dicoba terus,” katanya dalam acara yang dihadiri oleh warga, komunitas warganet, penyedia layanan kartu prabayar dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno itu.

Usai acara, Rudiantara menyatakan bahwa saat ini sudah lebih dari 40 juta nomor prabayar yang melakukan registrasi ulang dari total sekitar 300 juta nomor prabayar.

“Kalau riil pelanggan ada 175 juta tapi kartu mencapai 300 juta berarti satu orang punya dua kartu, ya kita beri toleransi jadi tiga kartu juga tidak apa-apa, bahkan kalau individu punya 10 sim card tidak ada yang melarang, tapi untuk verifikasinya bisa dilakukan di gerai bagi masyarakat yang punya empat nomor ke atas,” kata Rudiantara.

Menurut Rudi, data induk itu nantinya bermanfaat bagi operator, membantu mereka mengemas dan membuat segmentasi produk yang lebih baik.

“Untuk masyarakat, dari sisi keamanan jadi akan lebih terjaga, mau tidak menerima SMS ‘mama minta pulsa’ atau tawaran kredit? Kan tidak, jadi ya sudah bisa didaftarkan. Kalau ada yang gagal itu wajar karena saya juga tidak hapal NIK dan nomor KK, bahkan kalau sudah baca juga bisa keseleo di SMS, jadi bisa coba lagi,” tambah dia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, pendaftaran ulang bagi pelanggan lama dan baru dapat dilakukan selambat-lambatnya pada 28 Februari 2018.

Pelanggan harus mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) melalui layanan pesan singkat ke 4444.

NIK dan nomor KK yang sudah dikirimkan tersebut akan diverifikasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri guna mengetahui keabsahannya, sehingga pelanggan tidak dapat mengirimkan NIK dan nomor KK palsu.

Bila sampai 28 Februari 2018 pengguna belum melakukan registrasi, maka mereka akan diberi waktu 15 hari sebelum diblokir melakukan panggilan keluar dan pengiriman SMS.

Beberapa pekan setelah itu tidak bisa menggunakan koneksi Internet dan jika sudah lewat 28 April 2017 belum juga melakukan registrasi maka akan dilakukan pemblokiran total.

Saat ini, diperkirakan ada 360 juta nomor kartu seluler yang beredar di Indonesia, yang penduduknya sekitar 260 juta. (ling)




Viral! Saat Driver Go-Jek Masuk Louis Vuitton

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Para netizen dihebohkan dengan foto yang memperlihatkan driver Go-Jek saat masuk gerai Louis Vuitton, yang terkenal dengan mode asal Paris, Prancis.

Driver tersebut mengenakan jaket hijau yang biasa dipakai pengemudi ojek online, terlihat sedang menelepon, tapi tak jelas apakah dirinya sedang menelpon pelanggan yang memesan barang di toko tersebut.

Sementara itu, di depan sang pengemudi Go-Jek tampak pramuniaga toko yang tampil dengan setelan jas membawa sesuatu.

Kamu mau aku beliin apalagi?

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

Foto ini diunggah akun Instagram @dramaojol.id. Akun ini diketahui sering mengunggah berbagai foto yang menarik perhatian warganet, berkaitan dengan profesi ojek online.

Komentar para netizwn pun beragam menanggapi foto tersebut. Pemilik akun @07091203v menanggapi dengan komentar lucu.

“Ya ayang? Tas yang kena angin kemarin itu buang aja ya? Aku ganti baru hari ini ya, santai.. santai,” tulisnya di kolom komentar seolah begitulah kata pengemudi Go-Jek kepada si penerima telepon.

Kemudian, pengguna lain dengan akun @naserfernando menanggapi dengan komentar, “Abis itu si abangnya beli clutch.”

Pengguna lainnya @raisfrhn seolah takjub dengan si ojek online. “Edan, gue aja belum pernah masuk situ,” tulisnya.

Ada juga yang berkomentar jenaka, seperti akun @adityaptr24 “LV, ngeliat dari luar aja udah pusing gua,” tulisnya disertai tanda emot tertawa hingga menangis.

Mungkinkah pengemudi Go-Jek tersebut sedang diminta membeli tas merek Louis Vuitton oleh konsumennya? Hingga kini, belum ada tanggapan dari pihak Go-Jek mengenai kehebohan foto driver Go-Jek yang mampir ke toko fashion ternama itu. (*)




Samsung Electronics Raih Laba Kuartal Tiga $ 10 miliar

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Samsung Electronics meraih laba kuartalan terbaiknya, didorong harga chip memori lebih tinggi dan pemulihan penjualan smartphone di pasar dunia.

“Laba bersih perusahaan untuk kuartal ketiga Juli –  September mencapai 11,2 triliun won atau $ 10 miliar setara £ 7,6 miliar. Hasilnya hampir tiga kali lipat laba dilaporkan pada periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar bbc, Selasa (31/10/2017).

Muncul beberapa minggu setelah chief executive Kwon Oh-hyun mengundurkan diri dari perusahaan tersebut, dengan alasan sebuah “krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Pada saat itu, Kwon mengatakan bahwa profitabilitas perusahaan saat ini “hanyalah buah keputusan dan investasi yang dibuat di masa lalu”.

Pengunduran dirinya terjadi beberapa hari setelah pewaris kelompok Samsung Lee Jae-yong mulai mengajukan banding atas keyakinannya dan hukuman penjara lima tahun atas penyuapan dan korupsi, yang berasal dari pembayaran kepada kepercayaan rahasia presiden Korea Selatan yang digulingkan Park Geun-Hye.

Samsung Electronics dianggap sebagai permata di mahkota konglomerat Samsung, yang terdiri dari 60 perusahaan yang saling terkait.

Samsung Electronics menggambarkan hasil kuartalan terakhirnya sebagai “kinerja yang kuat” secara keseluruhan.

Pembuat chip dan smartphone terbesar di dunia mengharapkan permintaan yang kuat untuk produknya terus berlanjut, menempatkannya di jalur untuk mendapatkan keuntungan tahunan.

Ini juga akan membayar sekitar $ 26 miliar dividen kepada pemegang saham dalam tiga tahun ke depan.

Sementara chip memori menjadi pendorong utama pendapatan Samsung, bisnis telepon selulernya mendapat dorongan dari smartphone Note 8 barunya yang menerima jumlah pesanan pre-order tertinggi.

Ini menandai perputaran yang signifikan bagi perusahaan yang terkena dampak buruk oleh recall global dari smartphone Catatan 7 andalannya pada tahun 2016, menyusul kegagalannya dengan baterai yang terlalu panas dan meledak. (oca)




Industri Diingatkan Tingkatkan Keamanan IoT

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Polisi dan pakar Eropa memperingatkan pabrik-pabrik untuk memastikan barang konsumen yang tersambung ke internet (IoT), sehingga tidak mudah diretas.

“Industri perlu memberikan perhatian lebih kepada keamanan perangkat mereka yang terkoneksi, yang mengandung informasi pribadi pengguna, terhadap peretas kriminal,” kata Kepala Europol Rob Wainwright dalam konferensi yang dihadiri produsen, dikutip dari AFP.

Walaupun kerentanan komputer dan ponsel sudah diketahui, itu pertama kalinya konferensi semacam itu diselenggarakan Europol “guna meningkatkan kesadaran terhadap implikasi keamanan Internet of Things (IoT).”

“Jika Anda memiliki kamera di dalam rumah Anda, contohnya di kamar bayi untuk menjaganya, seorang peretas bisa mengambilnya secara virtual dan dengan mudah mengamati dari rumah apa yang Anda punya,” kata salah satu pakar di konferensi tersebut, memberikan demonstrasi aktual mengenai potensi bahaya itu.

Sebuah mobil yang terkoneksi ke internet juga berpotensi diretas, dan dikunci atau dibuka dengan mudah.

Ada juga kekhawatiran dari profesional mengenai potensi peretasan terhadap alat pacu jantung, kata Evangelos Ouzounis, kepala pengaman infrastruktur dan layanan untuk EU Agency for network and Information Security (ENISA).

“Budaya keamanan siber tidak ada di industri perangkat terkoneksi, jadi itu harus dikejar untuk menghadapi tantangan di tengah masyarakat kita saat ini, dan lebih banyak lagi di masa mendatang,” kata Wainwright. (*)




YLKI Minta Pemerintah Harus Jamin Data Pribadi Pengguna Jasa Seluler

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Pemerintah untuk menjamin data pribadi konsumen pengguna jasa seluler. Hal ini terkait rencana/kebijakan Pemerintah yang akan melakukan pendaftaran ulang terhadap pengguna kartu prabayar seluler, per 31 Oktober 2017.

“Pemerintah harus menjamin bahwa data pribadi milik konsumen tidak disalahgunakan baik untuk kepentingan komersial, dan komersial tanpa seizin konsumen sebagai pemilik data pribadi,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, melalui siaran tertulis yang diterima citraindonesia.com, di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Tak hanya itu, lanjutnya, dalam proses pendataan ulang harus melalui proses komunikasi dan sosialisasi yang benar-benar sampai ke konsumen. Jangan sampai penutupan akses nomor seluler konsumen hanya karena konsumen tidak tahu informasi peraturan tersebut.

Namun, YLKI mengkhawatirkan, upaya pendaftaran ulang ini tidak akan mampu sebagai upaya pengendalian baik dari sisi jumlah nomor seluler dan atau penyalahgunaan nomor seluler, misalnya untuk kepentingan kriminalitas.

Sebab, konsumen masih diberikan akses untuk memiliki nomor seluler yang sangat banyak, karena setiap konsumen masih erhak memiliki 3 nomor seluler dari masing-maaing operator. Artinya konsumen masih mempunyai hak mempunyai 18 nomor seluler dari total 6 operator yang ada.

Tulus mengatakan, maraknya jumlah nomor seluler yang ada di Indonesia yang mencapai 350 jutaan, lebih dikarenakan aspek promosi dan perang tarif dari operator seluler. Konsumen terjebak dengan promosi dan perang tarif yang sangat menyesatkan.

“Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan penertiban dari sisi hulu, yakni menertibkan perang tarif dan promosi yang menyesatkan konsumen tersebut. Bukan hanya melakukan upaya penertiban dan pengendalian dengan cara pendataan ulang saja,” tegasnya. (pemi)




Toyota dan Mazda Resmi Join Produksi Mobil Listrik EVS

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Dua raksasa produsen mobil Jepang, Toyota dan Mazda, sepakat mendirikan perusahaan baru mempercepat pengembangan mobil listrik, atau EVS.

“Toyota dan Mazda telah sepakat pada Agustus mengenai aliansi modal untuk bersama-sama mengembangkan EVS,” begitu pernyatan Presiden Toyota Akio Toyoda dan Presiden dan CEO Mazda Masamichi Kogai.

Para pembuat mobil memutuskan untuk membeli Denso sebagai kendaraan untuk mempercepat usaha mereka itu.

Ketiga perusahaan tersebut mengatakan bahwa usaha patungan baru tersebut akan membuat bagian-bagian yang akan umum bagi berbagai model, termasuk kendaraan mini dan truk, yang memiliki produksi massal.

Semakin banyak perusahaan telah mengumumkan rencana untuk mengalihkan fokus mereka ke EVS, memicu persaingan yang ketat.

Peraturan lingkungan yang lebih ketat di seluruh dunia mendorong pembuat mobil untuk meluncurkan model EV baru.

Nissan Jepang, serta pembuat mobil besar di Eropa, telah mengumumkan rencana untuk memperluas produksi.




Jaguar Land Rover Tampak Sporti dan Mewah

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Jaguar Land Rover (JLR), tampak sporti dan terkesan mewah. Buatan Tata Motors Ltd., Buah karya anyar mereka setelah mengakuisisi dari produsen otomotif internasional.

“Perusahaan telah terlibat dalam pengembangan industri otomotif,” ujar Chief Executive Officer Tata Motors Group C Ramakrishnan kepada bloomberg, Senin (25/9/2017)

Pertimbangan pembelian marques mewah sesuai portofolio saat ini. JLR juga merupakan pemasok kendaraan listrik terkemuka di dunia.

Jaguar Land Rover. foto bloomberg.

“Tata Motors siapkan 397,6 miliar rupee ($ 6,1 miliar) tunai sejak akhir Juni. Ini perusahaan India terbesar kedua yang tercatat, mengikuti Reliance Industries Ltd,” jelas C Ramakrishnan melalui email awal bulan ini.

Tata Motors juga membeli merek ini sekitar $ 2,4 miliar pada tahun 2008, sesui data dikumpulkan oleh Bloomberg show.

Fiat Chrysler Automobiles NV sedang mempertimbangkan rencana mematikan Maserati dan Alfa Romeo. Volkswagen menimbang penjualan aset non-inti dan merek motor Italia Ducati.

Pada bulan Juni, JLR mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Lyft Inc. mengenai teknologi penggerak otonom dan akan menawarkan driver startup berbasis di San Francisco.

Pembuat mobil tersebut juga mengatakan telah menginvestasikan $ 25 juta di Lyft, sebagai bagian dari pendanaan yang ditutup pada bulan April, menilai bisnis tersebut bernilai $ 7,5 miliar.

“Jaguar ingin mulai menjual kendaraan sport bertenaga listrik milik I-PACE tahun depan, dan sudah memiliki 25.000 pesanan untuk itu,” kata Chief Executive Officer Ralf Speth bulan ini. (mulia)