Home Breaking News Tips Agar Gaji Gak Sekadar Numpang Lewat

Tips Agar Gaji Gak Sekadar Numpang Lewat

178
Foto: Ilustrasi

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- It’s payday! Akhirnya minggu gajian tiba juga; senang deh rasanya melihat jumlah angka di rekening bertambah dan punya biaya yang bisa dimanfaatkan memenuhi berbagai keinginan, terlebih ketika gajian jatuh di kala long weekend.

Nah mengingat jatah long weekend di tahun 2017 akan segera habis, pastikan kamu memanfaatkannya dengan baik untuk liburan yang berkesan. Ingat: berkesan! Jadi, jangan sampai uangmu habis untuk hal-hal yang cuma menyenangkan sementara aja.

Berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan agara gaji gak sekedar numpang lewat di rekening anda, dikutip dari IDN Times, di Jakarta, Selasa (29/8/2017):

1. Langsung alokasikan sebagian pendapatan untuk tabungan

Gajian di long weekend itu memang menggoda banget buat dihabiskan segera. Tapi kalau gitu caranya, di pertengahan bulan kamu pasti sudah harus berhemat habis-habisan. Jadi, pastikan di awal bulan kamu sudah menyisihkan pendapatan untuk tabungan, ya. Besar yang disarankan ialah 30% dari tabungan. Tentunya lebih banyak yang kamu sisihkan untuk ditabung, lebih baik!

2. Tentukan prioritas kebutuhanmu

Agar gajimu tak habis tiba-tiba, buatlah pos-pos kebutuhanmu sejak awal. Misalnya ialah pos pengeluaran untuk transportasi. Tentukan nominal uang yang dialokasikan untuk pos tersebut. Kemudian, jangan sampai kamu keluar dari rencana yang sudah ditetapkan, ya. Harus biasakan diri untuk berkomitmen!

3. Rajin-rajin cek kalender liburan

Biasanya, salah satu hal yang paling kalian inginkan di momen long weekend ialah liburan, bukan? Oleh karenanya pastikan kamu rajin cek kalendar buat tahu sisa long weekend di sepanjang 2017 ini dan tentunya agar kamu bisa mengantisipasi tanggal-tanggal di mana kamu akan perlu mengalokasikan dana khusus untuk rencana satu ini.

4. Manfaatkan promo biar lebih hemat

Liburan akan terasa lebih menyenangkan kalau budget yang kamu keluarkan gak banyak menguras dompet. Karenanya, jangan malas untuk mencari promo buat memangkas budget.

5. Hindari bawa uang tunai banyak-banyak

Biar gaji tetap awet bahkan saat long weekend sekalipun, tips yang satu ini mungkin terdengar sederhana, namun cukup ampuh untuk banyak orang dan wajib dicoba. Bawalah uang tunai secukupnya sehingga kamu gak tergoda untuk mengambil uang dari dompet terus-terusan.

6. Catat pengeluaran

Nah, tips yang terakhir ialah untuk tidak lupa mencatat pengeluaran. Yang satu ini memang butuh komitmen, sih. Tapi jika berhasil dilakukan, bisa berpengaruh banget akan kebiasaanmu menghabiskan uang. Sebab, kami jadi tahu mana hal yang benar-benar dibutuhkan, dan mana yang masih bisa dijadikan prioritas kedua.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan supaya gajimu gak sekedar numpang lewat; apalagi di kala berlibur di long weekend. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi anda.

Komentar

Komentar