Home SPORT Bola Timnas Indonesia U-19 Berakhir Kalah di Turnamen Toulon 2017

Timnas Indonesia U-19 Berakhir Kalah di Turnamen Toulon 2017

231
Duel Timnas Indonesia U-19 Vs Brasi U-120 di penyisihan Grup C Turnamen Toulon 2017, Kamis (1/6/2017). (Foto: Bola.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Timnas Indonesia U-19 terpaksa harus mengakhiri mimpi lolos penyisihan grup C di Turnamen Toulon 2017 usai mereka kalah 0-2 dari Republik Ceko U-20. Kekalahan ini membuat mereka menelan dua kekalahan dari dua pertandingan penyisihan grup.

Seperti diberitakan bola.net, Timnas Indonesia U-19 tampil apik di awal-awal pertandingan dengan mengandalkan permainan umpan-umpan pendek yang selalu jadi ciri khas pelatih Indra Sjafri. Selama 10 menit awal, pertandingan berlangsung seimbang.

Republik Ceko membuat peluang pertama mereka pada menit ke-11. Adalah Jakub Rezek yang mengancam gawang Garuda Muda, beruntun kiper Muhammad Riyandi mampu menggagalkannya.

Indonesia sempat membalas ancaman itu semenit berselang. Namun peluang lewat serangan balik itu gagal membuahkan hasil setelah umpan dari Egy Maulana Vikry gagal dimaksimalkan dengan baik.

Semenit kemudian gawang Indonesia yang justru kebobolan. Bermaksud membuang bola dari dalam kotak penalti, Firza Andika justru membuat bola jatuh ke kaki Roma Kasiar. Tanpa kesulitan penyerang bernomor punggung 11 itu mampu menaklukkan Riyandi. 1-0 Ceko memimpin.

Indonesia mencoba bangkit dan mengendalikan permainan. Peluang untuk menyamakan kedudukan datang di menit-menit akhir babak pertama. Sayang, peluang dari Hanis Saghara masih mampu ditepis oleh kiper Jan Placy. Skor 1-0 tidak berubah hingga 40 menit babak pertama selesai.

Setelah di babak pertama tertinggal, Indonesia mencoba tampil lebih agresif dan meningkatkan intensitas serangan di awal babak kedua. Namun enam menit babak kedua berjalan, sebuah pelanggaran dari Firza Andika kepada Michal Hlavaty berbuah penalti untuk Ceko.

Penalti tersebut dieksekusi oleh Matej Chalus yang baru masuk di babak kedua. Beruntung, eksekusi penalti dari pemain nomor 3 tersebut mampu ditangkap dengan sempurna oleh kiper Riyandi.

Pada menit ke-59, pelatih Indra Sjafri melakukan pergantian untuk menambah daya gedor tim. Gelandang Witan Sulaeman digantikan Resky Fandi Witriawan, sedangkan Hanis Saghara Putra digantikan Adha Nurrokhim. Dan pada menit ke-70 Muhammad Rifad Marasabessy digantikan oleh Dedi Tri Maulana.

Tiga pergantian dalam waktu dekat itu mampu meningkatkan permainan Garuda Muda. Namun pertahanan Ceko masih terlalu kokoh untuk ditembus oleh pemain Indonesia.

Di tengah gencarnya dan bersemangatnya pemain Indonesia membangun serangan, sebuah kesalahan dari pertahanan Indonesia mampu dimanfaatkan oleh Ondrej Sasinka menggandakan kedudukan di menit ke-78. Gol itu sekaligus menjadi gol terakhir yang tercipta pada pertandingan tersebut.

Dengan kekalahan tersebut, langkah Indonesia di turnamen Toulon dipastikan terhenti di babak penyisihan grup. Pertandingan terakhir melawan Skotlandia pun tak akan berpengaruh karena Garuda Muda sudah dua kali kalah. Sebelumnya mereka kalah tipis 0-1 saat melawan Brasil U-20.

Susunan Pemain

Republik Ceko: Jan Placy, Daniel Marecek, Frantisek Cech, Alex Kral, Libor Holik, Emil Tischler, Filip Haveka, Ondrej Novotny, Michal Hlavaty, Jakub Rezek, Roman Kasiar

Indonesia: Muhammad Riyandi, M. Rifad Marasabessy, Nurhidayat Haji Hanis, Rachmat Irianto, Firza Andika, M. Iqbal, M. Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara Putra, Feby Eka Putra. (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar