Home Breaking News Ternyata Jambi Kota Metropolitan Pertama

Ternyata Jambi Kota Metropolitan Pertama

255

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Jambi adalah salah satu provinsi yang nama Provinsi dan nama ibu Kota Provinsinya sama, seperti halnya Bengkulu dan Gorontalo. Jambi tepat di Jantung Sumatra karena lokasinya paling tengah di antara Provinsi Sumtra dan paling banyak perbatasan dengan Provinsi lain di Sumatera.

Jambi seperti ditulis Aswadi, dijuluki Mutiara yang tersembunyi di jantung Sumatra, dengan air yang tenang yang menghanyutkan dan sekepal Tanah Surga, karena begitu indahnya. Keindahan Jambi tidak kalau jauh dengan Bali, yang hingga kini menjadi pusat pariwisata Indonesia, bahkan dunia.

Maka, Jambi layak mendapat prioritas dalam promosi pariwisata di negeri ini. Dengan dukungan ada dan budaya tradisional yang mumpuni, kiat untuk membangun wisata Jambi ke purmakaan, menjadi sangat menarik dan signifikan.

Sayang bahwa promosi tidak dilakukan secara gencar membuat keunikan dan keistimewaan Jambi tetap tersembunyi, ibarat mutiara yang terpendam.

Lah wong Jambi ini memang adem-ayam, tentram dan sentosa, ya wajar jarang terdengar adanya berita-berita kerusuhan-kerusahan, berita bencana-bencana alam, ataupun berita-berita kontroversi yang dapat diangkat kelayar TV yang bisa juga menaikan pamor nama daerah, yang dapat menaiki reting TV, ya begitulah jambi dalam keheningannya.

Ironisnya, meski banyak keunggulan yang dimiliki Jambi, namun ia jelas-jelas kalah pamor, meskipun jika disandingkan dengan pamor daerah dan kota lain di Sumatra, sebut saja Medan dan Padang. Kenapa?

Karena itu, tidak heran banyak anak muda Jambi yang heran, dan bingung kenapa daerahnya yang memiliki banyak keunikan dan kelebihan itu, kalah pamor dengan daerah-daerah lainnya.

Padahal, dalam sejarah Nusantara, Jambi memiliki keistimewaan yang tak tertandingi dengan daerah lain di Indonesia. Sehingga, itu dapat dijadikan sebagai landasan ilmu pengetahuan, bahkan juga promosi wisata budaya Nusantara. Keistimewaan sejarah apa itu?

Adalah sejarah tentang Jambi sebagai kota metropolitan kuno pertama di Asia Teggara, dan memiliki universitas kuno pertama di Asia Tenggara. Ini bukan asal bicara. Itu bisa ditelusuri website ilmiah khusus membahas Muaro jambi site. Situs web ini dipelpori oleh Ilmuwan-ilmuwan teremuka UI www.sudimuja.com.

Bayangkan komplek Candi Muara Jambi terletak di Pinggir Sungai Batanghari, sungai terpanjang di Sumetera itu adalah komplek candi terluas dan cagar arkeologi terlengkap di Asia Tenggra.

Komplek itu seluas 12 Km2, belum termasuk 2 komplek di seberang sungainya,dan di hilir-hulu sungai Batanghari ini kaya akan tinggalan arkeologi.

Itu baru luas komplek Candinya bayangkan pemukiman kunonya, dengan 12 candi yang sudah dipugar , masih ada 100 candi lagi yang masih dalam bentuk menapo(Gundukan tanah yang mengandung susunan bata kuno), belum lagi gapura Candi yang sama-sama besar dengan candinya.

Dan Pagar tembok yang mengitari setiap komplek candi, yang panjang tembok batanya bisa mencapai 215 x 250 Meter per 1 komplek, setidaknya ada 40 komplek dalam komplek besar candi muaro jambi ini yang belum di pugar, kalikan, berapa panjang temboknya.

Bukan hanya itu saja yang ada dikawasan tersebut, ada juga kanal-kanal kuno buatan, kolam buatan, penemuan-penemuan benda-benda arkeologi lainnya. Pernah dikatakan 100 tahun pun waktu yang dibutuhkan untuk memugar Muaro Jambi ini, belum tentu selesai,bahkan balai-balai arkeologi hanya focus pada muara jambi.

Candi lain yang terdapat di kabupaten lain di dalam provinsi jambi ini sedikit seperti di abaikan, seperti penemuan candi di dusun tuo sumay, di dusun candi teluk kuali dan dibeberap titik lainya yang memiliki gundukan tanah berisi batu bata kuno di kabupaten Tebo yang berjarak 5 jam perjalanan dari muaro jambi.

Bahkan di katakan di setiap kali kita mencangkul di tanah di kawasan muaro Jambi, sering ditemukan pula aneka pecahan kermik kuno, koin emas,sabuk,senjata,belanga perunggu, gendrang perang, batu mulia dan arca-arca. Jangan coba-coba melakukannya,karena kawasan ini dilindungi.

Kenapa di Jambi Paling Banyak di Temukan Emas-emas kuno, Baik emas yang berupa arca-arca,perhiasan,senjata, koin,kertas emas,bongkahan dsb di bandingkan di daerah lain di Indonesia ini?

Jawabannya, karena Sungai Batang hari Ini memiliki 9 batang, atau anak sungai yang bermata air di pegunungan di kerinci dengan membawa berbagai endapan mineral terutama emas mengalir ke sungai Batanghari.

Perlu anda ketahui bahwa wilayah kerinci ini pernah di teliti memiliki kandung emas melebihi kandungngan emas miliki Freeport di tembagapura, Papua. Dikarena wilayah itu sudah terlanjur masuk Taman Nasional Kerinci Seblat(TNKS) yang di lindungi UNESCO, maka pengusaha dilarang membuka tambangnya di sana, jangankn menambang, satu ranting pohon pun Anda tebang, Anda akan berhadapan dengan hukum.

Sriwijaya di Muaro Jambi.

Jambi merupakan ibu kota kerajaan Melayu Kuno-Sriwijaya dan juga merupkan pusat pendidikan agama Budha sriwijaya yang terkenal sampai ke mancanegara. Tempat Itshing pengelana terkenal dari Tiongkok, tempat Acarya Atisa seorang pendeta terkenal dari india belajar agama Budha kepada Mahaguru Sahyakirti dan Darmakirti.

Itulah Jambi dengan 1001 keunikan, mulai dari Suku Anak Dalam, Orang Kerdil nan sakti dan misterius, dan Kerinci yang diibaratkan sebagai sepotong surga yang ditempatkan Tuhan di Bumi.

Komentar

Komentar