Home Breaking News Terkait Penghinaan Pancasila, Kepala Angkatan Darat Australia Akan Bertemu Panglima TNI

Terkait Penghinaan Pancasila, Kepala Angkatan Darat Australia Akan Bertemu Panglima TNI

268
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Jubir Presiden Johan Budi.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kepala Angkatan Darat Australia, Angus Campbell direncanakan bertemu Panglima TNI dan jajarnnya di Jakarta Rabu (8/2/2017), untuk membicarakan berbagai hal termasuk dugaan penghinaan oleh oknum militer setempat terhadap anggota TNI di negara tersebut belum lama ini.

“Campbell akan bertemu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono,” kata juru bicara TNI Mayjen Wuryanto seperti dilansir dari voa, Senin (6/2/2017).

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, tegas putuskan hubungan militer kedua negara setelah seorang pejabat TNI menemukan bahan pelatihan yang “menghina” saat sedang mengambil kursus bahasa di Australia akhir tahun lalu.

Untuk itu, Gatot Nurmantyo mengatakan materi tersebut “mendiskreditkan TNI, bangsa Indonesia dan bahkan ideologi Indonesia,” mengacu kepada materi terkait Timor Leste dan “Papua yang memerlukan kemerdekaan”, serta cemoohan terhadap Pancasila, tulis voa selanjutnya.

Media Australia juga membernarkan bahwa pertemuan Campbell dan Gatot Nurmantyo, membahas temuan hasil penyelidikan departemen pertahanan negara Kanguru itu.

Selama ini kedua negara memiliki kerjasama militer ekstensif, mulai dari kontraterorisme hingga soal perbatasan.

Sebelumnya, pihak Australia sering bikin masalah dan menciderai kerjasama bilateral kedua negara yang terjalin baik pada pemerintahan – pemerintahan terdahulu.

Mereka berani menyadap telpon Persiden SBY, Ibu Ani Yudhoyono dan para menteri KIB kala itu. Membuat Presiden SBY geram dan menarik Dubes RI dari sana.

Tapi tak cukup sampai di situ. Kini sifat- sifat buruknya kembali mereka tunjukkan. Dan lebih menyakitkan. Yakni, menghina Pancasila, azas tunggal negeri tercinta ini. “Keterlaluan memang!”. (ling)

Komentar

Komentar