Weather United States Of America, Seattle United States Of America, Seattle +20°C

Citra Indonesia

Temu Usaha & Bedah Warung

Temu Usaha & Bedah Warung

November 28
17:02 2011
Citra Indonesia.com: Klop sudah. Kementerian Perdagangan melaunching bedah warung bertajuk Temu Usaha & Bedah Warung, di Jakarta, Senin (28/11 2011).
Acara ini dimotori Kementerian Perdagangan bersama para peritel modern anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dalam rangka pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Memberikan kesempatan dan uji kelayakan produk UMKM khususnya produk pangan dalam memperoleh akses promosi dan pemasaran melalui peritel modern.
”Kementerian Perdagangan secara konsisten melakukan pemberdayaan UKM, diarahkan pada terwujudnya UKM-UKM yang handal dengan meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya,” kata Gita Wirjawan.
Menurut Gita, melalui upaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing atas produk UKM, yang pada gilirannya mampu meningkatkan pendapatan para pelakunya.
Acara Temu Usaha dan Bedah Warung ini dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari 75 pelaku UMKM binaan Kementerian Perdagangan dan 75 pelaku UMKM binaan Alfamart, adalah pelaku usaha mikro kecil menengah produk pangan dan pemilik warung/kios yang tersebar di area Jabodetabek.
Pada kesempatan ini, peserta mendapatkan Sosialisasi Legalitas Usaha UMKM dan Pelatihan tentang Pengelolaan UMKM dengan Pendekatan Ritel Modern.
Nantinya para pelaku UMKM akan membawa beberapa produk sebagai display dan menggelar 2 produknya di hadapan para asesor anggota Peritel Modern untuk dinilai apakah memenuhi standar dan kualitas peritel modern tersebut.
Disamping melaksanakan kegiatan temu usaha, pada kesempatan ini Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan PT. Sumber Alfaria Tijaya Tbk (Alfamart) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), secara simbolis menyerahkan bantuan program bedah warung berupa miniatur bedah warung.
Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Corporate Affair Director PT. Sumber Alfaria Trijaya, Solihin, kepada 2 (dua) pelaku usaha mikro binaan Alfamart, disaksikan oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Ketua APRINDO Pujianto.
Program bedah warung adalah program pembinaan yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dan Alfamart berupa pemberian “kail” bagi pelaku usaha mikro kecil dalam bentuk fasilitas renovasi fisik bangunan kios dan warung, pengadaan rak display, chiller, diikuti dengan pelatihan pendampingan, serta bimbingan manajerial pemilik warung/kios di Jabodetabek dan terus dipantau kinerjanya secara berkelanjutan.
Sampai penghujung tahun 2011, dari target 100 kios, sebanyak 84 warung/kios telah memenuhi persayaratan dan sudah dibedah. Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan pelaku usaha mikro kecil memiliki kesempatan yang sama terhadap program bedah warung.
“Kami memberikan apresiasi kepada PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) yang secara konkrit telah mendukung terlaksananya program pemberdayaan dagang kecil dan menengah melalui CSR pemberdayaan UKM sehingga terwujud kemitraan antara UKM dan peritel Modern. Dan kami berharap hal ini dapat direplikasi oleh peritel anggota APRINDO lainnya,” ujar Mendag. (olo)
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Cari Konten