Home Breaking News Target Lahan Sawah Terdaftar Kurang 646.811 Hektar

Target Lahan Sawah Terdaftar Kurang 646.811 Hektar

262
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Pending Dadih Permana. (Foto: Siwa Ningsing/citraindonesia.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menurut data Kementeiran Pertanian (Kementan), lahan sawah yang terdaftar hingga Juni 2017 hanya ada sebesar 353.189 hektar atau masih kurang 646.811 hektar dari target yang ditentukan sebesar 1 juta hektar.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (PSP Kementan) Pending Dadih Permana mengatakan bahwa, penyebab rendahnya lahan sawah yang terdaftar adalah belum tingginya kesadaran para petani untuk mengikuti program asuransi usaha tani padi.

“Jadi kita mengajak petani yang menyesal duluan dengan mengeluarkan uang terlebih dahulu sebagai antisipasi jika terjadi kerusakan pada musim panen,” ungkapnya di kantor Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (20/6/2017).

Pending menjelaskan bahwa nantinya petani tidak perlu membayarkan biaya premi secara menyeluruh karena pemerintah sudah memberikan subsidi melalui program asuransi usaha tani padi tersebut.

Nantinya besar tanggungan premi akan ditetapkan secara perhektarnya dan permusim tanam yaitu Rp180.000 dan nantinya 80% atau setara Rp144.000 akan ditanggung oleh pemerintah. Nantinya petani dapat melakukan klaim ganti rugi sebesar Rp6 juta per hektar jika hasil produksi mereka mengalami tingkat kerusakan sampai 75%.

“Namun dalam mempromosikan ke petaninya ini masih mengalami kendala karena banyak petani yang juga merokok dan biaya premi tersebut hanya dibayarkan setara dua bungkus rokok saja,” jelas Pending.

Untuk itu pemerintah akan meminta para penyuluh dilapangan agar memberikan pemahaman dan pendampingan kepada para petani tentang pentingnya asuransi untuk lahan sawah mereka.

“Ditahun 2016 realisasi lahan sawah yang sudah diasuransikan mencapai 499.962 hektar dan sampai akhir tahun total lahan yang sudah diklaim ada 10.977 hektar dengan total nilai Rp 65,8 miliar,” terangnya. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar