Home Breaking News Tak Profesional, Sofyan Basir dan Budi Gunadi Sadikin Tak Layak Pimpin Pertamina!

Tak Profesional, Sofyan Basir dan Budi Gunadi Sadikin Tak Layak Pimpin Pertamina!

245
Dirut PLN Sofyan Baasir (no 2 dari kiri) saat mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno, (Foto: Fahdi/citraindonesia)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Analis dan pakar mengkritisi  dua nama kandidat Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Yakni Sofyan Basir, kini Direktur Utama PLN dan Staf Ahli Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Kedua nama ini dinilai tak layak menakhodai perusahaan pelat merah terkaya tersebut.

“Alasannya kedua orang tersebut tidak profesional dan tidak independen. Harus profesional, Sofyan Basir ngurusin proyek 35.000 MW saja jadi amburadul. Budi Gunawan mungkin profesional di keuangan, tapi di migas belum tentu,” ujar Mantan Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas, Fahmy Radhi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Tambah Fahmy, Kedua orang ini dikenal dekat dengan Menteri BUMN, Rini Soemarno.

Dan lebih esensial, dia juga mengkhawatirkan kedua orang itu tidak bisa independen atas pengaruh Rini Soemarno yang disinyalir masih dikelilingi para mafia migas.

“Ya kalau Menteri BUMN dalam konteks dia sebagai Menteri, tapi kalau di sekitarnya bagian dari mafia migas, akhirnya Pertamina jadi sapi perah lagi,” pungkasnya tanpa tedeng aling-aling.

Kabar beredar, kandidat dari internal Pertamina sendiri terdapat dua nama yakni, Syamsu Alam yang saat ini sebagai Direktur Hulu Pertamina serta Rachmad Hardadi, saat ini Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia. (fahd)

Komentar

Komentar