Search
Saturday 5 September 2015
  • :
  • :

Swasembada Tebu Sulit

Swasembada Tebu Sulit

MEDAN, CITRAINDONESIA.COM- Produktivitas perkebunan Tebu di Propinsi Sumatera Utara (Sumut) hingga kini masih sangat minim.

Jadi program swasemdana yang digaungkan oleh pemerintah sejak dulu hampir dipastikan sulit tercapai tahun ini. Artinya swasembada sebatas angan semata.

Jangankan di Sumut. Pualu Jawa pun sulit mengejar terget swasembada Tebu. Sehingga tidak bisa lepas dari ketergantungan impor gula meski itu mengganggu core bisnis petani kita.

“Untuk gula di Sumut,  kan dihasilkan perekebunan tebu. Tapi baru 30% untuk memenuhi kebutuhan gula  yang konsumsi. Selebihnya ya gula impor, “jelas Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Sumut Herawaty, Jumat (27/1/2012).

Rendahnya hasil produktifitas tanaman tebu di Sumut itu disebabkan keterbatasan lahan. Ironisnya minat masyarakat untuk menanam tebu minim. Kini luasnya lahan tebu di Sumut sekitar  10.000 ha. Sekitar 90% lahan itu adalah milik PTPN II. “Tapi dari data kami, lahan tebu masyarakat hanya sekitar 207 ha,” tambahnya.

Artinya Dinas Perkebunan sulit meningkatkan produktivitas tebu di Sumut, Malah ada yang bilang iklim cuaca di Sumut tidak cocok untuk tebu.

“Kondisi iklim juga menjadi faktor sulitnya peningkatan produktivitas. Iklim tidak stabil. Akibatnya rendimen tinggi sulit di produksi,” paparnya.

Disinggung soal varietas tebu yang digunakan di Sumut, Herawaty menyebutkan bahwa varietas tebu yang digunakan petani saat ini adalah varietas Masak Awal Tengah.

Jenis varietas ini menghendaki intensitas matahari yang full minimal tiga bulan selama masa tanam. Namun, kenyataannya iklim di Sumut yang “tidak tegas” baik itu musim penghujan maupun musim panasnya. Inilah, sebutnya, yang membuat tebu di Sumut memiliki rendemen yang rendah.

Produksi gula kristal putih (GKP) Sumut tahun 2011 hanya 57.559, 87 ton. Sedang luas tanaman 10.121,59 ha. Produksi tahun 2012 masih belum dipastikan karena lahannya tinggal 10.000 ha,  Panen Maret 2012. (leng)

Print Friendly



1,337 thoughts on “Swasembada Tebu Sulit


    Fatal error: Allowed memory size of 67108864 bytes exhausted (tried to allocate 2816001 bytes) in /home/citraind/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 2132