Home Breaking News Sumut Diharapkan Dapat Sumbangkan 1 Juta Wisman

Sumut Diharapkan Dapat Sumbangkan 1 Juta Wisman

205
Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, dan peserta Calendar of Event, di Jakarta, Senin (21/3/2017).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba diharapkan akan mampu mendongkrak jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) pada tahun 2019 sebanyak 20 juta Wisman dimana Sumatera Utara (Sumut) mampu menyumbangkan 1 juta Wisman.

“Target Wisman 2019, sebesar 20 juta dimana Sumut diharapkan 1 juta Wisman di 2019. Ini bukan pekerjaan yang mudah dimana 2016 lalu kami baru peroleh Wisman 230 ribu Wisman. Kami yakin dan percaya kalau bekerja bersama dapat tercapai apalagi ada perhatian dari pemerintah pusat dalam bangun Sumut,” ungkap Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung dalam acara Launching Calender of Event Pariwisata Danau Toba 2017 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin malam (21/3/2017).

Nurhajizah menjelaskan, Calender of Event Pariwisata Danau Toba 2017 merupakan bagian upaya promosi dalam meningkatkan kunjungan Wisman ke Danau Toba yang memiliki kunggulan dalam daya tarik budaya (culture), keindahan (nature), dan daya tarik buatan (manmade).

Dirinya juga mengutarakan bahwa seluruh stakeholder pariwisata di Sumut siap mensukseskan Danau Toba sebagai destinasi kelas dunia yang akan mendatangkan jutaan Wisman dan Wisatawan Nusantara (Wisnus) sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan bahwa dalam peluncuran tahun 2017 ini akan ada 17 event yang di launching dengan 9 event festival dan budaya, 4 event musik dan fashion serta 4 event olahraga.

Dirinya berharap bahwa usaha untuk mendatangkan Wisman tersebut juga tidak hanya berhenti sampai disitu (penyelenggaraan ini). Usaha untuk mengembangkan pariwisata hingga akhirnya mendatangkan Wisman juga mesti dilakukan secara terus menurus.

“Seperti dalam fashion, ulos itu tidak hanya menjadi selendang tapi juga menjadi fashion dan itu harus dikomersialkan oleh karena itu nanti akan mendapat bantuan bekraf untuk packaging dan desainnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa pesan kuat dari Presiden setiap event penyelenggaraan seperti ini harus memilih sendiri top 3 event yang akan bertaraf nasional dan internasional.

“Kalau nasional komposer dan koreografer designernya level nasional. Sehingga tetep mempertahankan budaya dan tradisi tapi punya culture value tinggi. Kemudian untuk penyelenggaraan event internasional yang sudah dipili seperti Internasional Toba Kayak Marathon, Toba Grafondo, dan Toba Trail Run sangat saya sarankan jangan lakukan sendiri cari yang sudah biasa melakukannya karena mereka punya comunitynya. Ketika kerjakan 60% jadi repeater, 10 ribu orang datang dan dari itu, 6 ribunya akan datang lagi,” tuturnya.

Menpar berujar bahwa dengan adanya Calendar of Event ini, dapat membuat pergerkan Wisman di Sumut sebesar 1juta akan berdampak signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 170% jika asumsi per visitnya adalah US$1000.

“Kira-kira ada uang US$ 1 Miliar beredar, dan PDB sebesar 170%, makan toursm, trade dan investmennya tumbuh di sana,” bebernya.

Sebagai informasi, ada 17 kegiatan yang diluncurkan pada calendar of event Pariwisata Danau Toba 2017. Adapun rinciannya antara lain, Coffee Festival Toba, Soposurung Art Festival, Pesta Bunga dan Buah, Festival Gondang Sabangunan, Toba Nauli Photo Contest & Exhibition, International Toba Kayak Marathon, Paralayang, Toba Granfondo, Toba Rock, Karnaval Pesona Danau Toba, Pesta Oang-oang, Kabupaten Pakpak Bharat, Festival Danau Toba, Pesta Budaya Njuah-Njuah Pesta Rondang Bittang, ExCOTISM T.O.B.A. BLUE, Toba Trail Run 2017, dan Samosir Jazz Seasons. (isr)

Komentar

Komentar