Home Breaking News Su-57, Nama Jet Tempur Rusia Generasi Kelima

Su-57, Nama Jet Tempur Rusia Generasi Kelima

157
Russian fighter jet Su-57. (Foto : wikipedia)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Komandan Angkatan Udara negara Rusia, pada Jumat lalu, ungkap nama Jet tempur generasi kelima pertama Rusia, yang di sebutan dengan Su-57.

Selama masa pengembangannya oleh pembuat pesawat Sukhoi, jet Rusia Su-57 telah dikenal dengan nama T-50 atau PAK FA.

“Keputusan diambil,” kata Kolonel Jenderal Viktor Bondarev kepada stasiun televisi Kementerian Pertahanan, Zvezda, seperti dikutip dari laman themoscowtimes.

“Pesawat itu diberi namanya, seperti anak yang baru lahir,” tambahnya.

Su-57 terbang untuk pertama kalinya pada tahun 2010 dan pengiriman batch pertama dari 12 pesawat ke militer Rusia diperkirakan akan dimulai pada 2019.

Penggunaan nama Su-57 untuk menggantikan Tu-50 sebenarnya menjadi spekulasi dan dikabarkan akan diumumkan pada Juli, tetapi ternyata batal terjadi.

Berdasarkan keterangan manufakturnya, Su-57 telah melakukan penerbangan perdana pada 2010 dan akan diproduksi beberapa seri pada 2019. Kementerian Pertahanan Rusia direncanakan akan memesan 200 unit Su-57 untuk memperkuat armadanya.

Jet tempur multiperan itu diperkirakan akan dibanderol dengan harga masing-masing USD50 juta atau sekira Rp668 miliar. Su-57 dilengkapi dengan bodi yang terbuat dari bahan utama komposit agar memiliki kemampuan stealth dan memiliki kapabilitas supercruise dengan kecepatan Mach 1.3 serta kemampuan bermanuver yang lincah selama pertempuran di udara.

Nantinya pesawat tersebut juga akan menerima desain mesin baru yang disebut dengan Products 30.

Persenjataan Su-57 ditempatkan di dalam lubang internal untuk mengurangi hambatan udara dan deteksi radar. Senjata yang terpasang termasuk meriam 30mm yang baru dimodernisasi, serangkaian 14 rudal udara-ke-udara dan udara-ke-darat serta bom pintar. (*)

Komentar

Komentar