Home Breaking News STP Jalin Kerja Sama dengan USNI dan Pemkab Bangka Tengah

STP Jalin Kerja Sama dengan USNI dan Pemkab Bangka Tengah

255
STP Jalin Kerja Sama dengan USNI dan Pemkab Bangka Tengah, di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta menjalin kerja sama dengan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah di bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Harapannya, para taruna STP dapat melakukan praktik magang di Bangka Tengah, khususnya di daerah Tanjung Rusa,” ujar Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman, dalam siaran pers yang diterima citraindonesia.com dari Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

STP merupakan salah satu satuan pendidikan tinggi KKP, yang diharapkan dapat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri.

Kerja sama ini dalam menindaklanjuti workshop hasil kerja sama STP dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), AMSAT International, dan University of Tasmania, Australia, pada 6-8 Maret 2017.

Kerja sama tersebut juga dilakukan melalui penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemkab Bangka Tengah, Selasa (14/3/2017), dan USNI, Rabu (15/3/2017), di Kantor STP Jakarta.

Kesepakatan bersama dengan Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, ditandatangani oleh Ketua STP Mochammad Heri Edy dan Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman.

Ruang Lingkup kesepakatan bersama ini terdiri dari pendidikan dan pelatihan Sumber Daya Manusia, seminar dan workshop; penyediaan tenaga ahli/konsultan manajemen, bahan pengajaran, fasilitas pendidikan dan kebudayaan; penelitian dan pengembangan potensi di Bangka Tengah; pengabdian kepada masyarakat; pengembangan perikanan dan kelautan; serta perencanaan dan pengembangan kawasan pedesaan.

Dosen STP pendamping praktik magang tersebut diharapkan juga dapat memberikan pelatihan kepada nelayan setempat. Dalam beberapa bulan mendatang, rencananya akan dilakukan kerja sama juga antara STP dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Sementara itu, kesepakatan bersama dengan USNI ditandatangani oleh Ketua STP dan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) USNI Ediyanto tentang Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ruang lingkup kerja sama meliputi penelitian dan pengembangan teknologi perikanan; praktik lapangan; pertukaran dosen; penyebarluasan informasi dan sosialisasi paket teknologi perikanan; pertukaran informasi dan promosi; percontohan dan diseminasi teknologi pada kawasan pengembangan perikanan sebagai upaya dalam pengembangan kegiatan perikanan serta pengabdian kepada masyarakat.

Sekedar diketahui, penandatanganan kesepakatan bersama dengan FPIK USNI pernah dilakukan STP pada 2014 dan kini kerja sama tersebut diperbaharui kembali. (pemi)

Komentar

Komentar