Home Breaking News Sri Mulyani Isi SPT Walau Gaji World Bank tak Dipajak

Sri Mulyani Isi SPT Walau Gaji World Bank tak Dipajak

256
Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati, (Foto: istimewa)

DEPOK, CITRAINDONESIA.COM – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengklaim selama ini selalu taat mengisi surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak, meski gajinya selama menjadi Direktur Bank Dunia tidak ditarik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Indonesia.

“Saya kerja di World Bank, lembaga internasional, pendapatannya tidak dipajaki. Jadi pendapatan saya tidak dipajaki. Dan waktu saya keluar dari Indonesia, kalau berdasarkan UU, kalau lebih dari 183 hari, saya sebetulnya tidak perlu membayar pajak. Saya tetap mengisi SPT sejak saya keluar Indonesia 6 tahun yang lalu,” papar Sri Mulyani disambut tepuk tangan mahasiswa dan pengajar di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Kamis (1/9/2016).

Dia mengatakan, dalam UU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) untuk warga negara Indonesia (WNI) yang sudah 183 hari tinggal di luar negeri tidak wajib membayar pajak.

Saat program pengampunan pajak atau tax amnesty berlaku, Sri Mulyani sempat mengecek SPT yang telah dia isi, apakah ada harta atau pendapatan yang selama ini belum dia laporkan.

“Saya tahu bahwa saya akan habiskan hari tua saya di Indonesia, bahwa saya akan mati di republik ini, anak saya di sini, cucu saya di sini. This is part of me. Indonesia adalah bagian dari saya, dan saya adalah bagian dari Indonesia. Saya isi SPT saya, saya tanya treatment-nya kalau income itu tidak taxable. Saya laporkan pendapatan saya, walaupun Ditjen Pajak tidak bisa memajaki, tapi saya tetap lapor,” tutur Sri Mulyani.

Karena itu dia juga meminta seluruh lapisan masyarakat untuk taat melaporkan harta dan membayarkan pajaknya. Sri Mulyani juga berjanji untuk membenahi Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, sehingga bisa makin dipercaya oleh masyarakat.

Pemerintah hingga saat ini juga terus mendorong masyarakat untuk memenuhi kewajiban pajaknya. Bagi yang selama ini tidak patuh, bisa menggunakan fasilitas program pengampunan pajak atau tax amnesty yang berlaku sampai Maret 2017. (and)

Komentar

Komentar