Weather United States Of America, Ashburn United States Of America, Ashburn +16°C

Citra Indonesia

Remunerasi Kemendag Mulai 2013 Tingkatkan Kinerja

Remunerasi Kemendag Mulai 2013 Tingkatkan Kinerja

December 28
06:34 2012
Arlinda Imbang Jaya, didampingi Albert mantan Sesditjen Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, saat Bimtek Impor di Sanur, Bali, Jumat (29/6/2012). foto dok humas.

Arlinda Imbang Jaya, didampingi Albert mantan Sesditjen Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, saat Bimtek Impor di Sanur, Bali, Jumat (29/6/2012). foto dok humas.

CitraIndonesia.Com: Integrasi pasar ASEAN sudah di depan mata. Tahun 2015. Dalam integrasi pasar ini, barang impor bebas masuk ke setiap negara anggota ASEAN.

Pun menghadapi persaingan ASEAN – Tiongkok dan pasar global lainnya. Kepenterian Perdagangan RI, terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sampai handal. Sehinga ke depan, kinerjanya kian dirasakan anak bangsa ini.

Yang jelas, semua unsur Kemendag,dari Menteri, pejabat eselon, Atase Perdagangan (Atdag), ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) di luar negeri maupun staf di Jakarta harus handal.

Teori asing, SDM handal adalah orang yang memiliki sensitifitas atau sens of crisis tinggi. Sehingga sigap mengantisipasi atau menyelesaikan masalah- masalah perdagangan baik tariff dan non tariff barrier, dumping serta dispute di negara tujuan ekspor, misalnya. Tanpa itu, jangan banyak berharap.

Memang, dalam menghadapi persaingan yang kian ketat ini, mengklik pasar non tradisonal adalah solusi terbaik di tengah lesunya denyut perekonomian AS dan zona Eropa, maka SDM handal lah yang harus menjadi ujung tobak bernegosiasi ataupun menelisik potensi pasar ekspor.

Terlebih, selain 10 produk unggulan kita, masih banyak aneka ragam produk kita yang bisa dijajakan ke luar negeri, termasuk produk UKM dan jajanan, industri kreatif dan lain sebagainya.

Dan mungkin hal itu sudah  melekat di benak dan di kelopak mata Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan dan jajarannya untuk diejawantahkan di masa mendatang.

Untuk berebut kue itu, trobosan demi trobosan telah dicoba lakukan the dream team di bawah tangan Mendag. Mantan Kepala BKPM itu mewajibkan semua bawahannya ikut ujian bahasa inggris hingga memiliki toefl 600. Itu OK banget. Memang ibarat jargon orang negara maju, bahwa SDM adalah investasi utama dan tidak ternilai harganya.

Tetapi menurut Arlinda Imbang Jaya, kepada CitraIndonesia.Com, mengatakan: “Kemendag tidak mengklasifikasikan pegawai dengan pembagian OK dan tidak OK,” ujarnya.

Stetmen Arlinda itu manusiawi memang.

Yang jelas,  kata dia, Kemendag selalu berupaya memberdayakan pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan dan kemampuan berbeda-beda di tempat yang sesuai dengan proporsi mereka masing-masing.

“Untuk peningkatan kapasitas pegawai, selain program beasiswa, Kemendag menyediakan berbagai program pelatihan teknis, baik yang didanai dengan anggaran Kemendag maupun bekerja sama dengan pihak donor,” jelasnya.

Tetapi, ke depan, para pegawai Kemendag pun harus total. Karena Remunerasi sudah di depan mata Anda sekalian.

“Remunerasi untuk Kemendag akan mulai dilaksanakan pada tahun 2013,” ungkap mantan Direktur Impor itu.

Menanggapi Remunerasi itu, Erwin Taufan, Ketua II Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) ketika dimintai komentar mengatakan, Kemendag harus meningkatkan kinerjanya. “Kalau remunerasi sudah dapat, maka kinerja Kemendag harus lebih baik dong,” ujarnya.

Satu tugas segera diselesaikan Kemendag kata dia adalah terganjalnya barang impor untuk Indonesia di negara asal.

“Yang kami rasakan sekarang adalah sulitnya para atase perdagangan di luar negeri mengurus dokumen di negara asal. padahal dokumen rekan- rekan importir sudah lengkap. Dan sesuai Permendag. Tapi kok katanya di sana masih sulit. Katanya sih peraturan kita dengan di negara asal tidak sama. Begitu kata atase,” tambahnya.

 Karir:

Arlinda menambahkan, mengenai menentukan posisi pejabat eselon 1-2-3 hingga fungsional, Kemendag menjalankan birokrasi sebagaimana ketentuan yang berlaku.

“Kemendag memiliki ‘Baperjakat’. Yaitu semacam track record pegawai selama karirnya di Kemendag. Dari Baperjakat, dengan jelas prestasi kerja seorang pegawai dapat dilihat, kemudian apa pengalaman, latar belakang pendidikan ataupun skill khusus yang dimilikinya. Melalui Baperjakat ini lah seorang pegawai dapat dipercaya untuk menjabat jabatan tertentu di Kemendag. Intinya, sama sekali tidak ada tekanan dari luar dalam menentukan kelayakan seorang pegawai untuk menjadi pejabat. Kalau tidak layak, berdasarkan track recordnya, maka tentu saja tidak akan dipromosikan jabatannya,” tegasnya. (friz/olo)


Tags
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Cari Konten

image003

Desainbagus.com - jasa pembuatan website dan toko online terbaik