Search
Sunday 21 December 2014
  • :
  • :

SNI Mainan Anak Sangat Diperlukan

Produk abal- abal hasil temuan Direktorat Pengawasan Kementerian Perdagangan.

Produk abal- abal hasil temuan Direktorat Pengawasan Kementerian Perdagangan. (foto.dok)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Pudjianto mendukung Peraturan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 24/M-IND/PER/4/2013 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Mainan Anak, yang rencananya akan dikeluarkan pemerintah.

Menurutnya, pemberlakuan SNI untuk mainan anak sangat diperlukan. Karena itu, pihaknya mendukung pemberlakukan aturan tersebut.

“Asosiasi ritel akan selalu mengikuti peraturan itu, yang perlu atuaran SNI ini harus ada dulu.” Kata Pudjianto di Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Dia mengatakan, langkah awal harus mengajak para importir untuk melakukan sosialisasi aturan SNI mainan anak.

“Pemerintah harus melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terutama importirnya diundang, bahwa ini (mainan anak) harus ada SNI-nya. Tidak bisa seperti dulu lagi,” tandasnya.

Dia mengungkapkan, saat ini yang terpenting  bukan hanya peraturan SNI mainan anak tersebut yang perlu disosialisasikan. Namun, pelaksanaan peraturan tersebut dipandangnya juga harus siap terlebih dahulu.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menyatakan pentingnya tentang Penerapan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 24/M-IND/PER/4/2013 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Mainan Anak. (eka/*)