Home Breaking News Sidang Ke-15, Hadirkan 4 Saksi Ringankan Ahok

Sidang Ke-15, Hadirkan 4 Saksi Ringankan Ahok

353
Ahok (membelakangi kamera) diadili dalam kasus penistaan agama di PN Jakarta Utara, Selasa (13/12/2016). Photo Adam Samudra/citraindonesia.com).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Usai sidang ke empat belas dugaan penistaan Agama oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hari ini, Tim kuasa Ahok sampaikan pekan depan akan ada 4 saksi ahli untuk meringankan kliennya yang akan dihadirkan di persidangan ke-15.

“Selasa depan ada 4 ahli dari berbagi bidang, namanya akan kami susulkan kemudian dan dalam koordinasi dengan JPU,” ujar anggota tim kuasa hukum Ahok di Kementan, Jaksel, Selasa (14/3/2017).

Di sisi lain, Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarso meminta tim kuasa hukum Ahok untuk memberitahukan nama keempat saksi tersebut ke JPU secepatnya agar JPU mengetahu rekam jejak saksi ahli yang akan dihadirkan nanti.

“Diinformasikan supaya ada keseimbangan, agar ada kesempatan bagi penuntut umum untuk menyusun pertanyaan,” tutur hakim sambil menunda sidang untuk dilanjutkan pada Selasa, 21 Maret 2017 mendatang.

Usai sidang, terdakwa Ahok pun sempat memberikan keterangan ke awak media. Dia menjelaskan alasannya menghadirkan saksi ahli pidana dari UGM Yogyakarta, Edward Omar Sharif Hiariej ke persidangan. Dia pun mengklaim kalau sebelum menghadirkan saksi Edward, sudah mendapatkan persetujuan dari JPU.

“Pada waktu itu (sidang sebelumnya) JPU mengatakan tak perlu hadirkan beliau dan akhirnya kuasa hukum kami menanyakan, apakah boleh kuasa hukum mendatangkan saksi dari BAP. Saat itu, JPU mempersilakan dan hakim pun mempersilakan,” tukasnya. (isr)

Komentar

Komentar