Home Breaking News Sekjen Kementan Ingin PNS-nya Generasi Penerus Pertanian

Sekjen Kementan Ingin PNS-nya Generasi Penerus Pertanian

156
Hari Priyono, Sekjen Kementerian Pertanian saat membuka Leadership Training 2017 Mempersiapkan Generasi Muda Pertanian Wujudkan Indonesia LUMBUNG PANGAN DUNIA 2045 di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017). Photo Ningsih, citraindonesia.com.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Pertanian (Kementan), terus bergegas untuk mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045. Salah satunya mengadakan Leadership Training tahun 2017 bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) muda di lingkup Kementan agar mereka kelak menjadi insan generasi muda pertanian kita.

“Kami mengajak generasi muda ahar menjadi penerus dan penggerak di sektor pertanian kita untuk ke depan. Karena persoalan pangan adalah permasalahan yang sangat krusial di dunia, apalagi dunia saat ini sedang menghadapi¬† tantangan perubahan iklim,” ungkap Hari Priyono Sekjen Kementan saat membuka Leadership Training 2017 Mempersiapkan Generasi Muda Pertanian Wujudkan Indonesia LUMBUNG PANGAN DUNIA 2045 di Auditorium Gedung F Kementan, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017).

Sekitar 500 peserta PNS muda Kementerian Pertanian hadir mengikuti training leadership singkat tersebut.

Dalam wejagangannya, Hari menyatakan bahwa ekonomi suatu negara, dapat tumbuh tinggi. Namun tidak mempunyai pondasi yang kuat, kalau barang-barang pokoknya berasal dari import, dalam arti bukan dari hasil produksi negara sendiri.

Nag, agar sektor pertanian dapat menjadi tumpuan perekonomian negara kita di masa mendatang lanjutnya, maka kita harus bergerak dan mempunyai keyakinan dalam mewujudkan hal tersebut.

“Perubahan iklim sangat membuat petani kebingungan. Apabila petani tidak bisa mengatasi permasalahan ini, maka akan menjadi permasalah sangat krusial.¬† Terlebih lagi untuk negara yang tropis. Bapak Menteri (Andi Amran Sulaiman) mencanangkan suatu mimpi dengan sumber daya yang kita miliki dan matahari yang bersinar terang, maka akan kita manfaatkan agar Indonesia dapat menjadi lumbung pangan dan pertanian selalu tumbuh positif,” tegas Hari berharap.

Hari juga mengilustrasi bahwa saat ini masih ada 100 juta jiwa rakyat yang berprofesi sebagai petani di desa masing- masing. Namun sayangnya, para petani kita ini lemah dan tidak bermodal, seperti yang diberitakan media bahwa pertanian Indonesia terpuruk.

Namun pada dasarnya kata Hari, bahwa petani kita itu kuat, meski mereka tidak sekolah, tidak punya modal. Tetapi mereka bisa memberikan bahan pangan untuk kita semua. Oleh sebab itu, ini adalah tantangan kita ke depan. Sebagai manusia bagaimana kita membuat negara yang dicintai ini dapat maju dan berkembang.

“Untuk itu pemerintah akan terus optimis bahwa Indonesia dapat menjadi Lumbung Pangan dunia pada tahun 2045, dengan sumber daya alam yang sudah kita miliki saat ini,” papar Hari mengakhiri. (Ning)

Komentar

Komentar