Home Pariwisata Transportasi Tentang Pesawat Kepresidenan RI

Tentang Pesawat Kepresidenan RI

151

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pesawat kepresidenan milik Indonesia akhirnya tiba di Bandara Halim Perdanakusumah, Jaktim. Pesawat itu mendarat dengan mulus di landasan.

Pesawat berjenis Boeing Boeing Business Jet (BBJ)-2 itu landing pukul 10.10 WIB, Kamis (10/4/2014). Warnanya biru dan putih. Bendera merah putih terlihat di bagian ekor pesawat.

Tulisan ‘Republik Indonesia’ tampak jelas di bodi pesawat. Lalu ada logo Garuda di bagian kepala pesawat, di kiri dan kanan. Gambar bintang yang dikelilingi padi dan kapas di bawah jendela pilot. Rencananya, acara penyambutan pesawat seharga US$ 91,2 juta itu digelar di Base ops Lanud Halim Perdanakusumah.

Presiden SBY pernah menjelaskan, keinginan penggunaan pesawat Kepresidenan ini sudah lama. Pertimbangannya bila menyewa pesawat Garuda, ongkosnya mahal. Belum lagi penyewaan itu bisa mengganggu jadwal Garuda.

“Untuk kepentingan efisien, jangka menengah dan panjang, agar digunakan setiap saat tanpa ganggu jadwal Garuda, maka adakan pesawat sendiri,” kata SBY awal tahun 2012 lalu.

BBJ-2 sempat dikabarkan akan tiba Agustus 2013 lalu. Selama ini pihak kepresidenan menyewa pesawat jenis 737-800 NG untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk jarak jauh atau internasional menggunakan pesawat pabrikan Airbus jenis A330. (eka)

Komentar

Komentar