Home Breaking News Saksi Kubu Ahok Dinilai Tidak Independen

Saksi Kubu Ahok Dinilai Tidak Independen

139
Ahok menjalani sidang perdana kasus penistaan agama di Pengadilan Perikanan dan Niaga Jakarta Utara di Jalan Gajahmada, Jakarta Pusat. (Foto: Viva)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman menyebutkan, keterangan saksi fakta yang dihadirkan terdakwa dugaan kasus penistaan agama Basuki T Purnama (Ahok) itu tak independen karena menurutnya, saksi fakta itu memberikan kesaksiannya dengan tak netral.

“Saksi yang dihadirkan oleh Ahok cenderung tak independen, padahal mereka dihadirkan sebagai saksi fakta. Namun, mereka lebih banyak ungkapan pribadinya,” ujar Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman di Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017).

Menurutnya, tak independennya saksi fakta karena mereka orang dekat Ahok sebagai terdakwa. Saksi Juhri, selaku mantan Ketua Panwaslu Bangka Belitung tahun 2007 silam misalnya, seharusnya dia mengungkap fakta dengan netral.

Namun, Juhri malah memberikan kesaksian tentang selebaran larangan memilih pemimpin nonmuslim yang mana keterangannya seolah menyerang Ahok.

“Faktanya, tak ada di selebaran itu kata-kata Ahok sedikitpun, tak ada penyebutan nama orang atau paslon tertentu. Artinya, sebagai saksi tak independen, seperti sudah diarahkan,” tuturnya.

Dia menerangkan, kesaksiannya di sidang ke 14 ini dianggap tak berkualitas. Kedua, kesaksian sopir Ahok, Supriyanto yang mana dia juga tercatat sebagai anggota PDIP sehingga keterangannya diragukan independensinya.

Dia curiga, kalau sopir Ahok itu berafiliasi dengan parpol tertentu sehingga pasti mendukung Ahok.

“Maka itu, kesaksian mereka ini sudah afiliasi ke pendukung Ahok,” katanya. (Isr)

Komentar

Komentar