Search
Friday 19 December 2014
  • :
  • :

Rupiah Menguat 10 Point

rupiah

CIN-  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Jumat (17/5/2013) bergerak menguat sebesar 10 poin seiring dengan penjagaan yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI).

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi (17/5) bergerak menguat sebesar 10 poin menjadi Rp9.745 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.755 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsi mengatakan, BI menjaga nilai tukar rupiah paska pengumuman Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang defisit pada kuartal pertama 2013.

“Kemungkinan nilai tukar rupiah akan dijaga oleh Bank Indonesia di kisaran Rp9.740-Rp9.750 per dolar AS,” katanya seperti dikutif melalui Antara.

Lana menambahkan pergerakan rupiah juga masih dibayangi pelemahan mata uang yen yang telah melemah sebesar 15% sepanjang tahun ini, namun rupiah masih menguat 0,39% pada periode yang sama.

“Pelemahan yen tidak hanya membawa sentimen pelemahan untuk nilai tukar dalam negeri, tetapi juga melemahkan mata uang Asia lainnya terutama mata uang negara-negara pesaing eksportirnya seperti won Korea, dolar Taiwan, dolar Singapura, dolar Hong Kong,” ujarnya.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada, mengatakan nilai tukar rupiah yang cenderung melemah pada pekan ini diperkirakan akan kembali bergerak menguat pada pekan depan seiring dengan penjagaan BI.

“Namun, perlu diperhatikan juga data neraca berjalan dalam negeri yang hingga kuartal pertama 2013 mengalami defisit 5,3 miliar dolar AS atau 2,4% dari PDB meski masih lebih baik dari sebelumnya yang defisitnya mencapai 3,5% dari PDB,” katanya. (adamson)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by sweet Captcha