Home Breaking News Rudal Balistik di Kota Wisata Hawaii

Rudal Balistik di Kota Wisata Hawaii

79
Info rudal meresahkan kota Hawaii - foto bbc

HAWAII, CITRAINDONESIA.COM- Pengumuman ledakan Rudal Balistik melalui tv- radio dan pesan singkat di kota Hawaii surganya wisatawan di negara bagian AS, spontan membuat panik warga negara bagian AS itu, terlebih Pemimpin Korea Utara sempat mengancam akan menghancurkan dengan rudal balistik.

Jutaan pengguna ponsel yang sedang di luar rumahnya menerima pesan : ‘Rudal Balistik masuk mengancam Hawaii. Carilah tempat berlindung’.

Siaran televisi dan radio di seluruh negara itu juga ikut mengganggu warga dengan pesan darurat secara live: ‘(Anda) Tinggal di dalam ruangan!’, kata penyiar.

‘Jika Anda di luar ruangan, cari perlindungan dalam sebuah bangunan. Tetap dalam ruangan, jauh dari jendela. Jika Anda mengemudi parkir ke sisi jalan dan mencari perlindungan di sebuah bangunan sambil berbaring di lantai. Kami akan mengumumkan kapan ancaman telah berakhir. ini bukan bor (hoax)!’ kata penyiar kemudian.

Matt LoPresti, anggota DPR dari Hawaii, di rumahnya kaget ketika menerima pesan darurat di telepon genggamnya. ‘Kami masukkan anak- anak di kamar mandi’, katanya kepada GMB penyiar lokal. ‘Kami berdoa sambil mencari tahu apa yang terjadi karena kita tidak mendengar sirene Neraka’, ujarnya mengisahkan.

Gubernur David Ige lantas meminta maaf kepada warga Hawaii, kata dia seorang karyawan telah salah menekan tombol. Pemerintah AS akan menyelidiki kasus ini.

Menurut kantor berita Associated Press, peringatan dikirim ke ponsel orang. Pesan telepon, semua dalam huruf kapital. Perintah pergi keluar rumah pada 08:07 (18:07 GMT).

Dalam tweet, Badan Manajemen Darurat negara (EMA) mengatakan: ‘NO ancaman rudal ke Hawaii’.

Eh, ternyata peringatan yang masuk dari Hawaii yang sudah membuat panik pada Sabtu itu kemungkinan adakah palsu. (bbc/oca)

 

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar