Weather United States Of America, Seattle United States Of America, Seattle +21°C

Citra Indonesia

Ribuan PHL di Pemprov DKI Kehilangan Pekerjaan

Ribuan PHL di Pemprov DKI Kehilangan Pekerjaan

February 04
13:55 2014

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM – Sedikitnya 4.080 pegawai harian lepas (PHL) yang bertugas di 364 kelurahan dan 44 kecamatan di DKI Jakarta, terpaksa menganggur karena anggaran honorarium mereka tidak memiliki kode rekening sebagai tempat penampungan anggaran dari APBD 2014.

“Karena tidak memiliki kode rekening, maka otomatis anggaran honorarium mereka dari APBD tidak dapat ditransfer, meski anggaran itu tercantum dalam RKPD (Rancangan Kerja Perangkat Daerah),” jelas Direktur Eksekutif INFRA (Indonesia for Transparancy and Accountability) Agus Chaeruddin kepada pers di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2014).

Agus menjelaskan, apa yang terjadi kepada para PHL tersebut merupakan imbas dari penerapan sistem e-budgeting oleh Pemprov DKI, sehingga setiap SKPD harus memiliki kode rekening sebagai dasar pelaksanaan anggaran APBD, dan pembuatan kode rekening ini harus disesuaikan dengan kode rekening di Kementerian Keuangan.

Agus menillai, dengan adanya kejadian ini, mengindikasikan kalau Pemprov DKI sebenarnya belum siap menerapkan e-budgeting, sehingga seharusnya pelaksanaan sistem canggih ini dilakukan bertahap, tidak sekaligus.

“Dan seharusnya BPKD (Badan Pengelola Keuangan Daerah) dan Asisten Perekonomian punya solusi, tapi ini tidak, sehingga para PHL tersebut terpaksa menganggur,” imbuh Agus. (Rhm)

Tags
dki
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *