Home Breaking News Ribuan e-KTP Palsu “Mampus” Beredar di Bengkulu

Ribuan e-KTP Palsu “Mampus” Beredar di Bengkulu

261
e-KTP resmi masa berlakunya seumur hidup, (Foto: istimewa)

BENGKULU, CITRAINDONESIA.COM- Kepolisian Daerah Bengkulu berhasil mengungkap kasus pemalsuan e-KTP di provinsi ini. Bahkan, aparat berhasil mengamankan 2 orang pelaku, yakni SG (35) warga Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma yang bertindak sebagai pencari konsumen dan Ro (28), warga Tanah Patah Kota Bengkulu yang bertugas cetak pesanan KTP dan KK.

“Kalau kasus RO dan RG ini, banyak yang sudah pesan. Pengakuan tersangka sudah 1000 lebih selama 3 bulan,” kata Kapolres Bengkulu AKBP Ardian Indra Nurinta melalui Kapolsek Selebar Kompol Amsaludin, Rabu (15/3/2017).

Dia menambahkan, pihaknya masih terus mengembangkan kasus ini. Terutama mengejar 2 pelaku yang saat ini masih buron. Untuk tersangka yang sudah ditangkap akan dijerat dengan pasal 266 dan 263 KUHP Tentang Memalsukan Keterangan ancamannya 7 tahun penjara.

“Kasus ini masih dikembangkan. Yang jelas tersangka dua itu sudah terancam 7 tahun penjara, ada pasal pidananya,” ungkap Amsal.

Untuk diketahui, biaya pencetakan 1 e-KTP palsu ini dibandrol senilai Rp300 ribu. Uang tersebut dibagikan kepada pencetak Rp 35 ribu dan sisanya diambil oleh calo.

“Rata-rata yang mau nyetak KK dan KTP itu mau mengajukan kredit ke leasing. Lebih mudah kami kerjasama dengan petugas percetakan. Cepat selesainya, data masuk malam dan besok sudah dapat KTP,” jelasnya.

Menurut pengakuan tersangka, kata Amsal, pencetakan itu sudah berlangsung selama 3 bulan belakang. Proses pencetakan tersebut dihentikan lantaran terendus kepolisian.

“Sejak Desember sudah berhenti operasi,” pungkasnya. (ica)

Komentar

Komentar