Weather United States Of America, Ashburn United States Of America, Ashburn +26°C

Citra Indonesia

RI “Pembuangan Akhir” Produk Abal-abal

RI “Pembuangan Akhir” Produk Abal-abal

May 05
14:21 2012
Wamendag amati besi abal-abal di Surabaya

Wamendag amati besi abal-abal di Surabaya

CitraIndonesia.Com: Negara ini dipastikan selamanya menjadi lokasi “pembuangan akhir” produk abal- abal negara lain bila hukum tidak ditegakkan, seperti UU No.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

“Itu sudah pasti. Kapansih pelaku usaha dihukum. Padahal dari tahun ke tahun, dai bulan ke bulan, dari hari ke hari, barang impor abala- abal tidak sesuai SNI diamankan di pasar kita. Nah dari ribuan kasus yang ditangani Kementerian Perdagangan dan BPOM, mana ada pelaku usaha yang dihukum berat? Tunjukkan sama saya,” ungkap Yuddy Prihantono, seorang pengusaha, Sabtu (5/5/2012) kepada CitraIndonesia.Com di Jakarta.

“Artinya apa? pemerintah tidak peduli kepada pengusaha. Ya…konsumen kita tidak terlindungi pemerintah. Walau UU nya ada. Dan kita patut bertanya. Kenapa para pelaku yang melanggar tidak ditindak. Jangan- jangan di sini ada pemburu rente,” tegas Yuddy curiga.

Karena itu, kata dia, setelah pemerintah mensahkan adanya hari konsumen cerdas, selayaknya ke depan, pengusaha tak lagi menyodorkan produk abal- abal kepada masyarakat. Dan barang jelek itu harus ditolak konsumen pula.

“Yang paling penting adalah, pemerintah dalam hal ini Ditjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerin Perdagangan sebagai garda terdepan bertindak tegas. Tanpa pandang buluh, ketika unsur pelanggarannya sudah terpenuhi sehingga institusi ini tidak dicurigai masyarakat,” pungkasnya.

Sekedar diketahui bahwa Ditjen tersebut di Padang, Sumatra Barat, Kamis (19/4)/2012, menemukan sejumlah produk seperti Semen Putih tanpa SNI dan Besi Baja untuk bangunan rumah.

Menurut Dirjen SPK Padang Nus Nuzulia Ishak mengakui barang- barang itu disita karena tak standar SNI.  (linda)

Tags
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *