Weather United States Of America, Ashburn United States Of America, Ashburn +27°C

Citra Indonesia

Rektor UII Apresiasi LIPK

Rektor UII Apresiasi LIPK

May 13
15:51 2012
Rektor UII Profesor Edy Suandi Hamid

Rektor UII Profesor Edy Suandi Hamid

CitraIndonesia.Com: Pada peresmian sarana Layanan Informasi Perlindungan Konsumen (LIPK) di Universitas Islam Indonesia (UII) di Kaliurang, Yogyakarta, kemarin, Rektor UII Profesor Edy Suandi Hamid menyambut adanya fasilitas tersebut di kampusnya.

“Kami sambut baik adanya kerjasama dengan Kementerian Perdagangan mendirikan pelayanan  di sini. Karena kami punya catur darma,” ungkap Edy Suandi Hamid, saat peresmian layanan tersebut oleh Mendag Gita Wirjawan, di kampus itu.

Intinya kata dia, pelayanan itu akan sangat bermampaat bagi mahasiswa dan masyarakat sekitarnya.

“Intinya kita selama ini seakan-akan di menara gading. Sibuk dengan urusan sendiri- sendiri. Sehingga terjadi pelecehan hak-hak konsumen. Mereka (pengusaha) menafikan hak- ahak konsumen”.

“Maka itu kita sadarkan konsumen. Itu bagian tugas kami sebagai pendidik mengedukasi konsumen,” pungkasnya.

Sementara itu Mendag Gita Wirjawan, juga mengucapkan terimakasih atas kesediaan UII menjadi salah satu pioneer Kampus untun mengedukasi konsumen tersebut.

“Sarana ini harus dimampaat kan para mahasiswa dan pendidik. Sehingga ke depan konsumen kita semakin cerdas,” sambut Gita.

Sekedar diketahui, Layanan Informasi Perlindungan dilakukan melalui 1 website. Jaid konsumen bisa menyampaikan keluhan apa saja secara onlie. Kemudian pengaduan itu akan ditindak lanjuti oleh Ditjen SPK.

Dan layanan pengaduan konsumen  di UUI itu adalah 1 dari 8 pusat layanan informasi di perguruan tinggi Indonesia tahun 2012 ini.

Sementara itu Direktur Pemberdayan Konsumen, Srie Agustina, menyatakan peresmian layanan itu, karena mahasiswa bermampaat jadi agen komunikasi jika dilihat dari eksistensi, daya kritis, dan pengaruhnya terhadap lingkungan sekitarnya.

Maka melalui pola pikir kritis dan kreatif serta pemahaman ilmu bisa menjadi landasan wawasan, serta pola prilaku sosialnya.

“Mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan) dan mampu memahami secara efektif, mengimplementasikan serta mengetuk telurkan perlindungan konsumen,”.

Sebagai masyarakat konsumen yang  well aducated (pendidikan yang baik), maka mahasiswa diharapkan menjadi jembatan dan memotivasi lingkungannya agar menjadi konsumen cerdas yang well informed (info-info yang baik),” kata direktur wanita berdarah kota Mpek-mpek Palembang ini. (olo)

Tags
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *