Home EKUIN Pertanian Program Tanam Padi Rawa Lebak Terbentur SDM

Program Tanam Padi Rawa Lebak Terbentur SDM

84
Pertanian di lahan pasang surut waduk. Foto kompas.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Rawa- rawa di sejumlah Kabupaten di Sumatera Selatan itu bisa menjadi model pengembangan lahan rawa lebak pada tahun 2018 ini. Namun sayang, program tanam Padi di rawa lebak itu terbentur kesiapan SDM.

‘Melalui upaya pembuatan kanal-kanal dan penyediaan pompa air kapasitas 3000 – 3500 M3 atau 1000 liter perdetik, diharapkan lahan bisa ditanami. Sehingga IP dan provitas bisa ditingkatkan’, terang Pending Dadih Permana,¬†Direktur Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Pengembangan lahan rawa lebak seluas 51.250 hektar kata dia ada di enam provinsi. Untuk itu Dadih berpesan kepada masing-masing provinsi sudah harus menyiapkan sasaran dan CPCL- nya. Juga agar diinformasikan agrosistem serta hidrologinya.

‘Kesulitan lainnya adalah masalah sumber daya manusia. Ke depan perlu penyiapan atau pemahaman SDM. Direncanakan pengelolaan lahan sistem cluster, satu manajemen dengan mengelola 100 hektar’, paparnya tentang pola kerja di lapangan nantinya.

Dadih juga menyinggung rencana tahun 2018 serta evaluasi tahun 2017. Dia berharap adanya komitmen bersama dalam melaksanakan program yang akan diejawantahkan oleh direktoratnya.

‘Segera eksekusi program yang telah disepakati agar dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan produksi’, tambahnya.

Pending juga berpesan agar realisasi yang sudah dicapai tahun 2017 yaitu sebesar 91,95 persen dapat ditingkatkan lagi di tahun 2018. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar