Home Breaking News Presiden Spanyol Teken Dokumen Kemerdekaan Catalonia

Presiden Spanyol Teken Dokumen Kemerdekaan Catalonia

376
Presiden Spanyol Carles Puigdemont.

JAKARTA, CITRAINDOENSIA.COM- Presiden Spanyol, Carles Puigdemont dan pemimpin regional lainnya telah menandatangani sebuah deklarasi kemerdekaan Catalonia atau Catakan dari Spanyol, setelah referendum yang disengketakan tersebut.

Namun, mereka mengatakan langkah tersebut tidak akan dilaksanakan selama beberapa minggu untuk memungkinkan pembicaraan dengan pemerintah di Madrid.

Dokumen tersebut meminta agar Catalonia dikenali sebagai “negara merdeka dan berdaulat” alias lepas dari dominasi Spanyol. Catalan kota kecil, tapi bisnisnya besar termasuk Klub Barcelona.

Langkah tersebut segera diberhentikan oleh pemerintah pusat Spanyol di Madrid. Sebelumnya Raja Spanyol, Felipe VI mengecam proses kekerasan dalam proses referendum itu sehingga di tegas menyatakan illegal dan di luar hukum yang berlaku negeri itu.

Referendum 1 Oktober di provinsi timur laut – yang oleh para pemimpin Catalan menghasilkan suara Ya untuk kemerdekaan – dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol.

Sebelumnya pada Selasa, Puigdemont mengatakan kepada parlemen Catalan di Barcelona bahwa wilayah tersebut telah memenangkan hak untuk merdeka dari hasil pemungutan suara yang chaos memakan korban hamour 1000 orang itu.

Referendum menghasilkan hampir 90% pemilih mendukung kemerdekaan, kata pejabat Catalan.

Namun pemilih anti-kemerdekaan sebagian besar memboikot pemungutan suara – yang memiliki jumlah pemilih yang dilaporkan 43% – banyak laporan penyimpangan.

Polisi nasional terlibat dalam adegan kekerasan saat menangani pemilih sementara dan menerapkan keputusan hukum yang melarang referendum. (oca)

Komentar

Komentar