Home Breaking News Presiden Korsel Siap Bertemu Kim Jong Un

Presiden Korsel Siap Bertemu Kim Jong Un

63
Politisi Moon Jae-in maju sebagai calon presiden Korea Selatan.

KOREA SELATAN, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan dia terbuka untuk bertemu Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, termasuk pertemuan puncak.

‘Jika itu membantu meningkatkan hubungan antar-Korea dan menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara, kami sangat terbuka untuk bertemu’, ujarnya Rabu (10/1/2018) pada konferensi pers.

Dia sebut pertemuan tingkat menteri antar-Korea Selasa (9/1/2018), di mana kedua belah pihak menyepakati partisipasi Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang bulan depan.

Moon mengatakan dialog antar-Korea sempat terhenti kembali. Dia juga bilang, Presiden AS Donald Trump menyambut upaya menumbuhkan suasana damai melalui perundingan antar-Korea dan Olimpiade musim dingin.

Dia mencatat Trump telah setuju untuk menunda latihan militer bersama AS-Korea Selatan hingga usai Olimpiade.

Moon mengatakan itu tujuannya untuk menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara selama masa jabatannya.

Dia menyarankan bahwa pemerintahnya akan memiliki lebih banyak pembicaraan dengan Korea Utara saat bekerja sama dengan negara-negara lain.

Dalam pertemuan Selasa, Korea Utara memberikan pandangan negatif ketika Korea Selatan menyerukan pembicaraan ke arah denuklirisasi. Utara juga mengulangi permintaan untuk membatalkan latihan militer AS-Korea Selatan. (oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar