Home Breaking News Presiden Korsel Bertemu Pemimpin Korea Utara

Presiden Korsel Bertemu Pemimpin Korea Utara

71
ilustrasi

REPUBLIK KOREA, CITRAINDONESIA.COM- Repulik Korea atau Korea Selatan menawarkan perundingan tingkat tinggi dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, 9 Januari 2018 membahas Olimpiade Musim Dingin 2018.

Tawaran ini menyusul stetmen Kim Jong-un kemarin yang berniat mengirim timnya ke Olimpiade musim dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, Februari 2018.

Menteri Unifikasi Korea Selatan, Cho Myoung-gyon mengatakan kedua belah pihak harus ‘segera bertemu untuk membahas kemungkinan itu’, katanya seperti dilansir dari bbc, Selasa (2/1/2018) .

Presiden Korsel, Moon Jae-in, mengatakan sebelumnya dia melihat tawaran itu sebagai kesempatan untuk memperbaiki hubungan yang sangat menegangkan.

Cho Myoung-gyon juga mengusulkan perwakilan dapat bertemu di Panmunjom, yang disebut ‘desa gencatan senjata’.

Desa tersebut, di zona demiliterisasi yang dijaga ketat (toll zone) di perbatasan, adalah tempat yang secara historis terpenuhi oleh Korea.

‘Kami berharap Korea Selatan dan Korea Utara dapat saling bertatap muka dan mendiskusikan partisipasi delegasi Korea Utara di Olimpiade Pyeongchang serta isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama untuk memperbaiki hubungan antar-Korea’, jelas Cho. (oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar