Home Breaking News Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Jombang-Mojokerto

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Jombang-Mojokerto

184
Presiden Jokowi.

MOJOKERTO, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi), langsung meresmikan pengoperasian jalan tol Jombang-Mojokerto, sepanjang 24,9KM,  Minggu (10/9/2017).

“Setelah ini akan ada tiga lagi yang diresmikan, bangun, selesai, buka, jangan diundur-undur lagi,” tegasnya saat meresmikan.

Sekeda tahu, jalan ton ini dikelola PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto).

Kepala Negara mengakui banyak hambatan dalam membangun jalan tol di Indonesia. Namun katanya sudah tahu apa saja kesulitannya dan juga jalan keluarnya.

“Permasalahan pembangunan jalan tol di beberapa tempat itu sama. Sudah tahu cara penyelesaiannya,” jelasnya meyakinkna.

Dia mengakui bahwa masih orang banyak bertanya kepadanya tentang progres pembangunan jalan tol termasuk membangun Bandara dan Pelabuhan di Indonesia.

“Bandara dan Pelabuhan itu untuk apa? Saya katakan kalau infrastruktur tidak dibangun dengan cepat semakin mundur semakin mahal pembebasan lahan konstruksinya,” bebernya ihwal tantangan dihadaipinya mempersiapkan saran infrastruktur untuk meningkatkan akses perekonomian rakyat itu.

Kepala negara mencontohkan pembangunan kereta bawah tanah di Jakarta. “Kalau dibangun 26 tahun lalu harga tanah Rp2 juta sampai dengan Rp5 juta per meter. Sekarang Rp80 juta- Rp200 juta. Sangat mahal jika terus diundur. Yang kedua, Indonesia bisa kalah bersaing dengan negara lain akibat biaya logistik satu tempat lainnya saat ini lebih mahal. Saat ini di Indonesia biaya logistik lebih besar 2,5 persen dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersyukur dengan peresmian jalan tol ini. “Kami mengucapkan syukur kepada Allah SWT.¬† Jatim masih memiliki tanggungan untuk menyediakan beberapa ruas jalan tol seperti Pandaan-Malang, Probolinggo-Banyuwangi, Gresik-Tuban,” kata Pakde. (sup)

Komentar

Komentar