Home Breaking News Presiden Jokowi Minta Stok Pangan Disiapkan Hadapi Musim Kemarau

Presiden Jokowi Minta Stok Pangan Disiapkan Hadapi Musim Kemarau

128
Tampak Presiden Joko Widodo tengah mendengarkan penjelasan dari Mentan Andi Amran Sulaiman di tangah padi siap panen. Foto Humas Kementan.

JAKARTA, CITRANYA ESIA.COM- Presiden Jokowi meminta para pembantunya menyiapkan stok pangan menghadapi musim kemarau panjang yang membuat lahan pertanian rakyat, sawah dan kebun yang mengalami kekeringan dan merusak tanamannya.

Saya minta semua menteri dan lembaga melihat kondisi di lapangan,” tegasnya, Selasa (12/9/2017) dalam rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta.

Seperti diketahui kemarau panjang ini telah merusak lahan pertanian rakyat di berbagai daerah. Terancam gagal panen. Mirisnya, air bersih untuk konsumsi rakyat juga semakin menipis seperti sumur air warga.

Jokowi lantas memerintahkan kementerian dan lembaga menyiapkan upaya pencegahan kekeringan terkait musim kemarau ekstrim dua bulan terakhir.

Presiden juga meminta suplay air ke area pertanian supaya petani tetap eksis memproduksi pangan. Selain itu juga harus diantisipasi ancaman kemabakaran hutan. “Saya titip. Tidak lengah mencegah kebakaran hutan,” tambahnya.

Data BNPB sekitar 2.726 Desa mengalami kekeringan. Terbanyak di Pulau Jawa dan NTT, berdampak kepada 3,9 juta jiwa.

Sementara Sekretaris BMKG, Widada Sulistya mengklaim sudah menginformasikan masalah kekeringan panjang ini sejak Maret tahun 2016 lalu.

“Kemarau tahun 2017 ini lebih parah dari tahun 2016, tapi lebih lembab dibanding tahun 2015,” ujar Widada. (friz)

Komentar

Komentar