Home Breaking News Presiden Iran : ‘Trump Musuh Bangsa Iran!’

Presiden Iran : ‘Trump Musuh Bangsa Iran!’

80
Presiden Iran, Hassan Rouhani.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Rakyat Iran bebas memprotes pemerintah, namun tidak boleh anarkis dan mengganggu ketertiban umum.

‘Boleh memprotes tetapi tidak membahayakan keamanan’, ujar Presiden Iran, Hassan Rouhani, saat mempimin sidang kabinet menanggapi aksi demonstrasi berlangsung empat hari.

Namun dia tegas menyatakan ada masalah perlu dipecahkan, namun aksi kekerasan tidak akan ditolerir.

Protes tersebut merupakan yang terbesar sejak demonstrasi besar di tahun 2009. Ada bentrokan di kota- kola lainnya, dan Iran telah membatasi penggunaan jejaring sosial yang digunakan untuk mengatur demonstrasi.

Pembatasan ‘sementara’ pada aplikasi Telegram dan Instagram dipaksakan untuk ‘menjaga ketenangan’, kantor berita Irib melaporkan.

Protes dimulai di timur akibat kesulitan ekonomi dan kenaikan harga pangan, namun berubah menjadi politis.

Mubcul slogan-slogan yang diucapkan melawan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, Rouhani dan kebijakan luar negeri intervensionis Iran di wilayah tersebut.

Dalam tweet terbarunya mengenai masalah ini, Presiden AS Donald Trump secara sepihak mengklaim orang Iran ‘akhirnya bijak bagaimana uang dan kekayaan mereka dicuri dan disia-siakan dalam terorisme’.

Namun stetmen Trump itu dibayar kontan Presiden Rouhani. ‘(Trump) Pria terhormat di Amerika, yang sekarang mencoba untuk bersimpati dengan negara kita, tampaknya telah lupa bahwa dia menyebut teroris negara Iran beberapa bulan yang lalu’, sindir Rouhani.

Dia melanjutkan ‘Orang ini (Trump), merupakan musuh bangsa Iran, dari atas kepalanya sampai ke jari kakinya, tidak memiliki hak untuk bersimpati dengan orang Iran’, kecam Rouhani.

Presiden Iran mengatakan bahwa warga Iran ‘Bebas mengekspresikan kritik mereka terhadap demonstrasi pemerintah atau panggung … dengan cara yang akan mengarah pada perbaikan kondisi negara-negara,’ tandasnya. (oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar